Sukses

NASA Luncurkan Satelit ke Pluto

Setelah sebelumnya mengalami kegagalan, dalam waktu dekat NASA akan kembali meluncurkan satelit penjelajah ke Planet Pluto. Penjelajahan dijadwalkan bakal memakan waktu hingga sembilan tahun.

Liputan6.com, Florida: Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dalam waktu dekat akan kembali meluncurkan satelit penjelajah ke Planet Pluto. Misi ini semula akan diluncurkan pada Selasa (17/1) waktu setempat atau Rabu dinihari waktu Indonesia. Namun, peluncuran ditunda akibat datangnya angin berkekuatan tinggi di lokasi peluncuran di kawasan Semenanjung Canaveral, Florida.

Peluncuran satelit ini akan melengkapi misi luar angkasa NASA sejak 1960 untuk menyelidiki keberadaan planet-planet yang ada di Tata Surya. Satelit yang disebut New Horizon ini diangkut oleh roket Atlas Lima yang berkecepatan 58 ribu kilometer per jam, tercepat di antara kendaraan luar angkasa yang pernah dibuat.

Pluto sendiri adalah planet terluar dalam susunan Tata Surya. Penelitian sejauh ini mengungkapkan bahwa planet ini terdiri dari komposisi batu-batuan dengan lapisan es pada permukaannya. Penjelajahan ke Pluto dijadwalkan memakan waktu hingga sembilan tahun.(ADO/Wir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.