Sukses

Taiwan Mengirimkan Fregat ke Wilayah Sengketa

Fregat Fengyang AL Taiwan dikirimkan ke gugus pulau yang dipersengketakan antara Taiwan dan Jepang. Pemerintah Jepang menilai pengiriman fregat sebagai misi yang tak patut untuk dijalankan.

Liputan6.com, Suao: Pemerintah Taiwan, Selasa (21/6), mengirim fregat Fengyang yang dilengkapi rudal ke gugus pulau yang disengketakan dengan Jepang. Kapal milik Angkatan Laut Taiwan itu berangkat dari Pelabuhan Suao, Taiwan timur. Menteri Pertahanan Taiwan Lee Jye, Ketua Parlemen Wang Jin-pyng dan 15 anggota parlemen Taiwan ikut berlayar bersama kapal perang berukuran sedang itu. Fregat itu akan menempuh perjalanan selama empat jam menuju wilayah yang disengketakan kedua negara. Kedua negara mengklaim gugus pulau itu sebagai bagian zona ekonomi eksklusif mereka.

Sehari sebelumnya, Wakil Pemerintah Jepang di Taipei, Taiwan, telah memperingatkan bahwa pengiriman fregat sebagai misi yang tak patut untuk dijalankan. Jepang menilai militer tak perlu campur tangan dalam persengketaan itu. Namun, Taiwan menegaskan, misi pengiriman fregat ini perlu dilaksanakan untuk memperjuangkan nasib sejumlah pelaut Taiwan yang ditahan Jepang. Jepang menahan para nelayan Taiwan dengan tuduhan melanggar wilayah teritorial.(MAK/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini