Sukses

12 Busana Motif Batik Ombak Promosikan Pariwisata Indonesia di Kanada

12 koleksi busana ready to wear di 'Indonesian Fashion in Ottawa 2018' rancangan desainer asal Indonesia Entin Gartini pukau warga Kanada

Liputan6.com, Jakarta Batik menjadi salah satu identitas Indonesia di mata dunia. Kali ini batik kembali dimodifikasi dengan tetap mempromosikan Indonesia terutama dari sisi pariwisata.

Adalah Entin Gartini, desainer asal Indonesia yang memiliki ide menampilkan Batik Ombak di Indonesian Fashion in Ottawa 2018 di Kanada. Sebanyak 12 koleksi busana ready to wear terbukti mencuri perhatian warga Kanada yang hadir di Horticulture Building, Lansdowne Park, Ottawa, Kanada. 

Awalnya, Batik Ombak hadir dalam sketsa dari gagasan Entin yang diaplikasikan dalam pola batik tulis. Dalam pengerjaannya, ia berkolaborasi dengan pengrajin batik asal Yogyakarta. Ia pun memilih pengrajin dari desa kecil yang belum komersial. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terinspirasi Keindahan Laut Nusantara

Sementara motif ombak terinspirasi dari kekaguman Entin pada keindahan laut nusantara. Ia pun ingin membagi keindahan laut Indonesia pada warga Kanada lewat busana. Apalagi sang desainer kini bermukim di Kanada dan selalu merindukan keindahan laut di kampung halamannya.

"Deburan ombak itu seperti energi dalam menuangkan ide-ide kreatif. Harapan saya, Batik Ombak bisa memprosmosikan pariwisata alam Indonesia ke masyarakat Kanada," ujar Entin Gartini, ketika memberikan keterangan lewat videocall.

Dilihat dari busana yang ditampilkan, sang desainer memilih palet vibrant dan tidak takut menabrakkan warna. Ternyata maksud pemilihan warna yang berani adalah gambaran budaya Indonesia.

3 dari 3 halaman

Warna Menampilkan Kemewahan

Meski tanpa detail manik, perhiasan, dan bunga, ia tetap menghadirkan kemewahan dalam tiap potongan busananya. Selain dari pemilihan warna, ia juga menerapkan cutting yang beraneka ragam.

"Karena tidak tertarik perhiasan, saya membuat desain yang mewah. Saya tuangkan permainan pola cutting dan detail pinggir kain yang hampir semuanya dilapisi. Sehingga warnanya lebih tegas dan membuatnya tampak mewah," ujar wanita asal Semarang ini.

Busana rancangannya yang terinspirasi tokoh anime Princess Warrior cocok untuk meningkatkan rasa percaya diri para wanita. Seperti kepercayaan diri sang desainer yang ingin meluaskan karyanya ke perhelatan mode New York Fashion Week 2019 untuk menyebarkan keindahan alam Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.