Sukses

5 Fakta Unik Soal Lipstik, Pernah Dengar?

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal baru lagi jika lipstik menjadi kosmetik yang memiliki kekuatan super untuk membuat penampilan lebih sempurna. Bayangkan jika tidak ada lipstik di dunia ini. Mungkin Anda akan terlihat kusam, pucat, dan membosankan.

Tak hanya sekedar menunjang penampilan. Beberapa orang menggunakan lipstik untuk menggambarkan karakter dirinya dan menyatakan sebuah pernyataan. Ada wanita yang begitu identik dengan lipstik berwarna gelap. Namun ada juga wanita yang lebih suka dengan warna netral. Memperingati Hari Lipstik Nasional yang jatuh pada 29 Juli 2018, ada lima fakta tentang lipstik yang dilansir dari Fox News pada Senin (30/7/2018).

1. Ditemukan di Irak dan Kuwait

Lipstik telah begitu lama menunjang penampilan. Menurut BuzzFeed, penggunaan cat bibir pertama dalam sejarah terjadi pada 5000 SM di wilayah Irak dan Kuwait Modern.

2 dari 3 halaman

2. Lipstik disukai bangsawan

Sejak diciptakan pertama kalinya, lipstik menjadi favorit bagi kaum bangsawan. Cleopatra mungkin terkenal dengan eyeliner-nya, namun penguasa Mesir juga dikenal dengan warna bibir yang terbuat dari carmine dan henna. Ratu Elizabeth I pun menyukai warna bibir dan akhirnya menjadi bagian dari penampilan khasnya.

3. Lipstik merah jadi hitam di film

Film yang diproduksi di awal 1900-an masih menggunakan kamera film hitam putih. Hingga akhirnya membuat Anda melihat sang aktris menggunakan lipstik hitam. Padahal sebenarnya mereka menggunakan lipstik merah. Namun karena jenis film yanng digunakan belum begitu sensitif terhadap warna, membuatnya terlihat hitam di layar.

3 dari 3 halaman

4. Biaya lipstik yang dikeluarkan wanita

Saking eratnya wanita dengan lipstik, membuat lipstik jadi salah satu pengeluaran terbesar dalam hidup wanita. Menurut BuzzFeed, wanita Amerika bisa menghabiskn rata-rata 1.780 dollar US atau sekitar Rp26 juta.

5. Indeks lipstik

Fenomena lipstik memang tidak terlalu menggemparkan. Namun sesulit apapun keuangan seseorang, akan tetap mampu membeli lipstik. Menurut Leonard Lauder, penjualan lipstik sering meningkat ketika adanya kesulitan keuangan. Hal ini dikarenakan lipstik menjadi barang royal yang relatif terjangkau.

Loading