Sukses

Ternyata, Ini yang Terjadi Pada Kulit Saat Anda Memencet Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda juga merasakannya, ada daya tarik tersendiri untuk memencet jerawat ketika ia muncul dan tumbuh, benar? Banyak orang mulai mendapatkan kulit mereka berjerawat sejak pubertas, hingga masa dewasa.

Sangat normal bagi orang dewasa untuk mengalami kulit berjerawat hingga usia 30, 40, bahkan 50. Jerawat dewasa biasanya muncul ketika Anda tidak mengalami kulit berjerawat saat remaja.

Selain itu, hormon lebih berfluktuasi pada kaum wanita daripada kaum pria, seperti dilansir dari sheknows.com, Senin (16/7/2018). Jerawat yang Anda lihat baru saja tumbuh sebenarnya telah ada di bawah permukaan kulit setidaknya selama dua bulan.

 

 

2 dari 3 halaman

Yang terjadi pada kulit saat Anda memencet jerawat

Hal yang kurang diketahui oleh banyak orang adalah bahwa dibutuhkan waktu sekitar 8 minggu sejak pori-pori tersumbat hingga berubah menjadi jerawat. Para ahli menyarankan Anda untuk segera menggunakan 10% benzoil peroksida ketika mengetahui kulit berjerawat.

Aplikasikan 2 sampai 3 kali dalam sehari. Tidak ada produk lain yang dapat mengalahkan efek pengeringan, pengelupasan, dan antibakteri ampuh, selain bahan aktif ini.

Jika Anda memaksa memencet jerawat, kulit akan menjadi basah, karena trauma dan peradangan. Pada dasarnya, Anda merobek lapisan atas kulit untuk mengeluarkan jerawat yang terperangkap di bawah kulit.

Jika Anda benar-benar tidak dapat menahan keinginan untuk memencet jerawat, lakukan dengan ekstraktor yang bisa didapatkan di semua apotek. Untuk memulainya, ekstraktornya harus dibersihkan menggunakan alkohol.

3 dari 3 halaman

Yang terjadi pada kulit saat Anda memencet jerawat

Setelah selesai, cepat-cepat tutup pori-pori Anda dengan es batu. Cukup tekankan es batu pada jerawat selama satu menit penuh untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Es batu seharusnya tidak menyentuh langsung kulit Anda, jadi pastikan untuk membungkusnya dengan handuk atau kain terlebih dahulu. Es batu dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori dan menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit.

Ingatlah untuk tidak memencet jerawat langsung menggunakan tangan Anda dan segera mengaplikasikan krim antibiotik. Apa Anda masih sering memencet jerawat sendiri di rumah saat ini?

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Bekas Jerawat dengan Perawatan Daun Mint
Artikel Selanjutnya
Lima Langkah Perawatan Kulit Berjerawat agar Tidak Berbekas