Sukses

Manfaat Serum Retinol Bagi Kulit untuk Hadapi Cuaca Panas

Liputan6.com, Jakarta Cuaca panas yang terjadi cukup ekstrem belakangan ini membuat kulit membutuhkan perhatian lebih. Akibat paparan cuaca panas, kulit menjadi lebih kering dan kusam. Hal ini dikarenakan kurangnya hidrasi kulit.

Meski merasa sudah minum banyak air, nyatanya kulit tetap kering. Anda membutuhkan bahan tambahan untuk membantu memenuhi kebutuhan air pada kulit sehingga kulit tetap sehat. Salah satunya dengan menggunakan serum retinol.

Dikutip dari Vogue pada Sabtu (17/6/2018) retinol sendiri memiliki manfaat yang sudah terbukti bagi para pecinta perawatan kulit di seluruh dunia. Terlebih cuaca panas yang belakangan ini terjadi, serum retinol dapat mengoptimalkan kinerja produk perawatan kulit guna menjaga kesehatan kulit itu sendiri.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat retinol bagi kulit

Menurut Dendy Engelman yang merupakan seorang dokter kulit dari New York, kandungan retinoid pada retinol berfungsi untuk menyeimbangkan dan menghidrasi kulit. Untuk itu, retinol sangat dibutuhkan untuk menghadapi bulan-bulan dengan cuaca panas seperti saat ini.

Engelman menganjurkan agar semua orang harus melakukan perubahan dalam perawatan kulitnya. Terlebih karena adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Engelman pun menyarankan agar Anda beralih ke pelembap yang lebih ringan di musim panas. Tentu pelembap ini mengandung SPF yang sedikit lebih tinggi untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV.

Selain pelembap, dianjurkan juga tetap melanjutkan penggunakan retinoid sepanjang tahun yang terkandung dalam serum retinol. Dengan penggunaan serum retinol secara rutin akan membantu kulit mengendalikan jerawat, mencerahkan warna kulit, dan mengurangi garis-garis halus.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat retinol bagi kulit

Namun di samping itu, serum retinol juga memiliki sifat menenangkan jika produk perawatan kulit yang Anda gunakan membuat kulit menjadi kemerahan dan iritasi akibat cuaca memanas. Anda bisa menambahkan serum retinol ini ke dalam bahan alami yang memang memiliki sifat menenangkan, seperti lidah buaya.

Selain digunakan pada siang hari, retinol juga bisa digunakan pada malam hari sebelum Anda menggunakan pelembap. Fungsi penerapan serum retinol pada malam hari adalah merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan kolagen. Sehingga kulit tetap sehat dan kenyal meski di cuaca yang panas.

Loading