Sukses

Setop 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut Ini

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang sehat dan berkilau merupakan impian setiap wanita. Segala perawatan rambut dari mulai pengaplikasian vitamin rambut, hair mask, hair spa, dan lain-lain pun kerap Anda lakukan.

Namun, perawatan rambut yang mahal pun mungkin tidak akan mendapatkan hasil optimal bila ternyata Anda masih melakukan kesalahan yang tanpa disadari terjadi saat mencuci rambut. Berikut 5 kesalahan yang dikutip dari Boldsky, Senin (28/5/2018).

1. Tidak membasahi rambut dengan sempurna saat mengaplikasikan sampo

Sebelum memakai sampo, pastikan rambut Anda cukup basah. Rambut yang basah dapat membuat sampo lebih mudah mencapai kulit kepala dan membersihkan akar hingga helaian rambut lebih efektif.

2. Tidak melarutkan sampo sebelum diaplikasikan ke rambut

Sebelum dipakai, sampo harus dilarutkan terlebih dulu. Kebanyakan sampo mengandung konsentrasi bahan kimia yang cukup tinggi sehingga dapat merusak rambut. Dengan melarutkannya terlebih dulu, dampak ini tidak akan terlalu dirasakan.

2 dari 3 halaman

Setop 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut Ini

3. Menggunakan sampo yang salah

Pastikan kondisi rambut dan cocok dengan jenis sampo yang digunakan. Pilih juga jenis sampo dan conditioner yang saling melengkapi dan sesuai dengan jenis rambut. Karena penggunaan sampo yang salah berisiko merusak rambut. Misalnya Anda memiliki rambut kering, maka gunakan sampo yang didesain untuk rambut kering.

4. Mengaplikasikan conditioner di kulit kepala

Penggunaan conditioner di kulit kepala akan menyebabkan rambut lebih mudah lepek. Conditioner lebih mungkin menyebabkan kulit kepala berminyak dan berketombe.

3 dari 3 halaman

Setop 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut Ini

5. Mencuci rambut setiap hari

Hal ini akan merusak folikel rambut sehingga meningkatkan risiko rambut rontok. Mencuci rambut dua sampai tiga kali seminggu adalah jangka waktu terbaik untuk membersihkan rambut tanpa risiko merusaknya.