Sukses

Rutin Makan Tomat Bikin Kanker Kulit Kabur

Mengonsumsi buah tomat dengan teratur mampu mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Liputan6.com, Jakarta Tomat merupakan makanan yang tak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari dan sering kita temukan di mana-mana. Buah yang mudah dicari ini ternyata memberikan banyak manfaat tak hanya sebagai penambah cita rasa pada makanan, tapi juga kesehatan kulit.

Dilansir dari laman hellomagazine.com,  Senin (18/12/2017), akademisi di Ohio State University telah melakukan penelitian tentang bagaimana nutrisi dalam sebuah tomat dapat mengubah risiko kanker kulit.

Penelitian tersebut menunjukkan penurunan sampai 50 persen risiko kanker kulit bagi objek penelitian yang mengonsumsi tomat setiap minggunya dibanding yang tidak. Study co-author Jessica Cooperstone juga mengatakan bahwa tomat dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan Likopen

Kandungan likopen di dalamnya telah terbukti menjadi antioksidan paling efektif untuk mencegah kemerahan akibat paparan sinar UV yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker kulit. Selain itu, tahukah Anda? Bahwa kandungan di dalam sebuah tomat terdiri dari vitamin C, vitamin A, potasium, vitamin K, serat, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, dan zat besi.

 

3 dari 3 halaman

Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Terbayang bagaimana manfaatnya jika Anda mengonsumsinya secara rutin? Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat tomat bagi kecantikan dan kesehatan kulit dengan menggunakannya sebagai masker tradisional sebelum tidur.

Hal ini bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas dari paparan sinar UV yang mengenai Anda seharian, yang jika dibiarkan akan mengakibatkan penuaan dini, keriput, dan munculnya flek hitam pada wajah.Tak heran kini berbagai merek baik losion, masker, maupun kapsul memilih tomat sebagai bahan dasar produk kecantikan yang bermanfaat melindungi dan mempercantik kulit dari efek buruk sinar UV. (Risqi Rosmalawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.