Sukses

Ini Cara Alami untuk Terhindar dari Serangan Nyamuk

Beberapa cara alami ini dapat membantu Anda terhindar dari serangan nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah yang penuh dengan nyamuk mungkin akan membuat Anda merasa risih dan tidak nyaman. Gigitan nyamuk dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit, bahkan menimbulkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Anda akan berusaha untuk mengusir nyamuk yang mengganggu dengan berbagai cara, seperti menggunakan obat nyamuk oles, semprot, bakar, dan elektrik. Mungkin sebenarnya Anda menyadari bahaya dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya, namun karena merasa tak punya pilihan lain untuk mengusirnya dari lingkungan sekitar, Anda tetap menggunakan hal-hal tersebut.

Dilansir dari situs Boldsky, Senin (9/2/2015), terdapat beberapa cara yang lebih alami untuk membuat diri Anda terhindar dari serangan nyamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Bawang
Minyak yang mengandung atau terkonsentrasi dengan bawang dapat menjadi salah satu pengusir nyamuk yang ampuh. Bau dan zat yang terkandung di dalamnya membuat nyamuk kabur dari pandangan Anda.


 

Minyak Kayu Putih dan Minyak Bunga Matahari
Campuran minyak kayu putih dan minyak bunga matahari merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Anda bisa menyemprotkannya atau menggosokkannya pada kulit tanpa menyebabkan iritasi dan gata-gatal.


3 dari 4 halaman

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Minyak Lavender
Lavender yang sering digunakan sebagai pengharum ruangan ini juga bisa dijadikan bahan pengusir nyamuk. Menggosokkan bunga atau minyak lavender pada kulit dapat menjadi cara ampuh yang alami.



Minyak Kedelai Organik

Dengan harganya yang murah dan mudah didapat, minyak kedelai ini bisa melembabkan kulit dan menolak kehadiran nyamuk di sekitar kita.


4 dari 4 halaman

Bahan Alami Pengusir Nyamuk

Pappermint dan Minyak Serai

Memberikan campuran pappermint dan minyak serai pada titik denyut nadi dapat memberikan wangi yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda juga bisa menambahkan 1/4 cangkir air atau cuka sari apel untuk disemprotkan ke beberapa pakaian dan kulit Anda.


 

Minyak Geranium

Minyak esensial untuk menyembuhkan luka ini juga baik untuk mengusir nyamuk. Anda bisa menyemprotkannya pada pakaian atau perabot rumah tangga lainnya tempat nyamuk berkumpul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.