Sukses

Bulan Kesadaran Tuli Internasional, Klinik Ini Ajak Penyandang Disabilitas Rungu Jaga Kesehatan Gigi

Kegiatan ini diikuti 40 orang dari Komunitas Teman Tuli yang mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Liputan6.com, Jakarta September adalah Bulan Kesadaran Tuli Internasional. Di bulan yang sama tepatnya pada tanggal 23, diperingati pula sebagai Hari Bahasa Isyarat Internasional.

Guna mengisi momen ini, OMDC Group mengadakan kegiatan sosial “OMDC Peduli Teman Tuli” bersama Komunitas Teman Tuli.

Kegiatan ini berkaitan dengan perawatan mulut dan gigi. Mengingat, 12 September adalah Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional.

Founder sekaligus COO OMDC Group, Oktri Manessa menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari bahwa masih banyak teman Tuli yang belum pernah mendapatkan perhatian dari klinik gigi secara khusus.

Dokter gigi itu pun menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 orang dari Komunitas Teman Tuli yang mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut. Serta pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di Mampang, Jakarta Selatan.

Untuk membantu komunikasi selama jalannya acara, pihak Oktri dibantu oleh tujuh orang juru bahasa isyarat yang dihadirkan secara khusus. Tidak hanya sebagai jembatan untuk komunikasi antar teman Tuli dengan dokter dan perawat, tapi juga memberi pengetahuan dasar bahasa isyarat kepada tim Oktri.

Menurut Oktri, ini adalah kegiatan yang berbeda dengan acara-acara sosial yang telah dilakukan sebelumnya.

“Kali ini kami mengundang langsung Komunitas Teman Tuli untuk merasakan manfaat dari fasilitas dan layanan kesehatan OMDC Dental,” katanya dalam keterangan pers dikutip Senin (18/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teman Tuli Punya Hak Kesehatan Gigi Mulut yang Sama

Dengan acara ini, pihak Oktri ingin memastikan semua orang, termasuk teman Tuli, memiliki hak yang sama dalam mendapatkan perawatan gigi dan mulut.

“Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para teman sejawat atas dukungannya sehingga acara dapat terselenggara dengan baik.”

Tak hanya satu kali pertemuan, teman Tuli yang hadir juga mendapatkan perawatan gratis lanjutan. Hal ini diberikan untuk memastikan bahwa peserta melakukan perawatan gigi secara berkala.

3 dari 4 halaman

Kamis Peduli Teman Tuli

Oktri percaya bahwa gigi dan mulut yang sehat, tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun juga akan menambah kepercayaan diri dalam memberikan senyuman terindah.

”Berangkat dari keprihatinan kami terhadap minimnya layanan kesehatan gigi dan mulut yang ramah dan mudah diakses khusus untuk teman Tuli. Serta tingginya antusiasme dari teman Tuli terhadap kegiatan ini, kami memperkenalkan program baru di OMDC Healthcare Mampang yaitu Kamis Peduli Teman Tuli.”

Setiap kamis, pihak Oktri akan menghadirkan juru bahasa isyarat yang akan membantu dokter gigi dalam melakukan perawatan kesehatan gigi pasien dengan keterbatasan Tuli.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Teman Tuli

Salah satu perwakilan komunitas Tuli, Putri Santoso mengatakan bahwa program ini sangat membantu.

“Kami mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh OMDC Group yang sangat membantu menjembatani keterbatasan kami untuk mendapatkan akses terhadap perawatan gigi yang berkualitas dan tentunya nyaman,” kata Putri.

“Respons dari teman-teman Tuli yang tersebar di seluruh Indonesia juga positif, mereka sangat terbantu dengan edukasi yang diberikan oleh tim dokter gigi yang dikemas secara menarik dan mudah kami pahami,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.