Sukses

Alat Bantu Dengar Picu Sakit Kepala? Coba Tips Ini dari Ahli

Jika menurut Anda alat bantu dengar menyebabkan sakit kepala, Anda mungkin benar — terutama jika Anda baru memiliki sepasang.

Liputan6.com, Jakarta Jika menurut Anda alat bantu dengar menyebabkan sakit kepala, Anda mungkin benar — terutama jika Anda baru memiliki sepasang.

Tetapi alih-alih menyimpannya di meja samping tempat tidur dan melupakannya, profesional kesehatan pendengaran mendorong Anda untuk berbicara dengan dokter untuk memecahkan solusi.

“Alat bantu dengar mungkin dapat menyebabkan sakit kepala,” kata Elizabeth Diamond dari Priority Hearing and Tinnitus di Arizona.

“Hal terbesar yang saya rekomendasikan adalah pasien berkomunikasi dengan dokter mereka tentang apa yang mereka alami.”

Dilansir dari Healthy Hearing, alat bantu dengar bekerja dengan telinga Anda untuk memperkuat suara, lalu mengirimkannya ke otak untuk interpretasi.

Jika Anda belum mendengar dengan baik untuk sementara waktu, masuknya kebisingan mungkin tidak nyaman pada awalnya, menyebabkan kelelahan yang dapat menyebabkan sakit kepala, tidak berbeda dengan apa yang mungkin Anda rasakan setelah mendengarkan pidato yang panjang selama berjam-jam.

Perlu diketahui, gangguan pendengaran juga dapat menyebabkan kelelahan mendengarkan, karena seberapa keras otak Anda bekerja untuk mendengar.

Diamond mengatakan bahwa efek samping paling umum yang dia dengar dari pasiennya adalah mereka menyadari terlalu banyak suara kecil di sekitar mereka, seperti AC yang menyala atau kicauan burung. Efek samping ini biasanya menghilang seiring waktu setelah otak mengingat cara menyaring suara.

“Mendengar suara-suara itu lagi bisa sangat luar biasa,” akunya. “Orang dengan pendengaran normal mendengar semua hal ini, tetapi otak kita efektif untuk mengetahui hal mana yang penting. Saat Anda kehilangan pendengaran, otak lupa dan tidak berlatih untuk menghilangkan sinyal yang salah.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Alat Bantu Dengar dapat Membuat Anda Sakit Kepala?

Penyebab sakit kepala biasanya berhubungan dengan alat bantu dengar ada dua hal, kata Dr. Diamond:

1. Perangkat mungkin mengirimkan terlalu banyak suara atau Anda menerima suara dengan volume yang terlalu tinggi.

2. Jika alat bantu dengar tidak terpasang dengan benar, ketidaknyamanan yang ditimbulkan dapat bermanifestasi sebagai sakit kepala.

Bagaimana pun, penting bagi Anda untuk berkomunikasi dengan penyedia perawatan pendengaran Anda tentang pengalaman Anda.

 

3 dari 4 halaman

Sakit Kepala Akibat Alat Bantu Dengar dapat Diobati

“Alat bantu dengar akhir-akhir ini sangat canggih secara teknologi sehingga kita dapat melakukan penyesuaian tanpa mengorbankan kualitas,” kata Dr. Diamond.

“Tergantung pada alat bantu dengar yang Anda beli, banyak kekhawatiran yang jauh lebih dapat ditangani sekarang daripada sebelumnya.”

Mau bagaimanapun, milikilah harapan yang realistis. Dengan kata lain, jangan berharap alat bantu dengar tingkat rendah berfungsi dengan cara yang sama seperti model premium, atau dapat mendengar sebaik yang Anda lakukan saat masih muda.

Dr. Diamond meminta pasiennya untuk menulis daftar tentang apa yang mereka sukai tentang pengalaman menggunakan alat bantu dengar —serta hal-hal yang tidak mereka sukai—sehingga dia dapat menentukan apakah akan memberikan konseling tentang ekspektasi atau membuat penyesuaian.

“Pengalamannya sangat bervariasi dari orang ke orang,” katanya. “Mengartikulasikan apa yang Anda sukai dan apa yang tidak Anda sukai dapat membantu kami menyempurnakannya.”

 

4 dari 4 halaman

Efek Samping Lain

Pengguna alat bantu dengar baru mungkin mengalami efek samping lain. Selain sakit kepala dan kelelahan, pengguna baru alat bantu dengar mungkin juga mengalami:

- Pusing

- Tinnitus (telinga berdenging. Ini juga merupakan gejala umum gangguan pendengaran .)

- Gatal dan iritasi kulit

- Tidak nyaman

- Feedback

Jika Anda mengalami salah satu dari ini, bicarakan dengan dokter Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.