Sukses

Lebih dari Sekadar Drama, Serial Away Tunjukkan Sisi Lain Disabilitas di Tempat Kerja

Di bulan Kesadaran Pegawai Disabilitas (National Disability Employment Awareness Month), Netflix menayangkan film menyentuh tentang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Kesadaran Pegawai Disabilitas (National Disability Employment Awareness Month), Netflix menayangkan film menyentuh tentang disabilitas.

Seperti dimuat Forbes, drama fiksi ilmiah yang menjadi hangat diperbincangkan adalah Away. Sepanjang 10 episode di musim pertama, penonton akan memperoleh wawasan mengenai pengalaman disabilitas termasuk bagaimana orang menyesuaikan diri dengan disabilitas baru dan mengubah orientasi diri di tempat kerja.

"Ini mungkin film tentang luar angkasa, tapi ada beberapa karakter penting yang difabel dan tema disabilitas di sini disajikan dengan cara yang sangat halus dan non-stereotip," ujar Alice Wong, aktivis penyandang disabilitas dan editor Disability Visibility: First Person Stories from the Twenty-First Century.

"Saya pikir ini akan menjadi pertunjukan tentang eksplorasi ruang angkasa, tetapi akhirnya menjadi lebih dalam tentang saling ketergantungan dan adaptasi - dua tema yang dialami oleh orang-orang disabilitas setiap hari," katanya.

Dan salah satu pesan acara yang paling kuat adalah kelangsungan hidup dan kekuatan orang-orang difabel dalam bekerja dalam tim, melakukan pekerjaan yang sulit dan berisiko tinggi di bawah tekanan yang sangat besar.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karakter disabilitas

Matt Logan (Josh Charles), adalah suami dari Komandan pesawat ruang angkasa Atlas, Emma Green, dan penasihat teknis untuk ekspedisi Mars. Matt juga seorang astronot, tetapi dilarang melakukan perjalanan luar angkasa karena memiliki kondisi genetik yang berpotensi berbahaya. Dia mengalami stroke di episode pertama, mengakibatkan kelumpuhan. Dia menjalani rehabilitasi ekstensif dengan beberapa pemulihan untuk menunjukkannya, tetapi mungkin tidak pernah bisa berjalan, dan sekarang menggunakan kursi roda.

Misha Popov (Mark Ivanir), adalah Kosmonot Rusia, anggota kru Atlas. Dia mulai kehilangan penglihatannya karena efek luar angkasa selama perjalanan ke Mars, dan akhirnya kehilangan sebagian besar penglihatan efektifnya, membahayakan perannya dalam lima orang kru.

Alexis Logan (Talitha Eliana Bateman), adalah putri berusia 15 tahun dari Komandan Green dan Matt Logan. Alexis menunjukkan gejala trauma dan depresi karena ibunya tidak ada, ketakutannya bahwa dia tidak akan pernah kembali, dan ayahnya yang tiba-tiba mengalami stroke dan disabilitas.

Cassie Ramirez (Felecia Patti), putri Melissa Ramirez, Penghubung Keluarga Komandan Emma Green. Cassie mengidap Down Syndrome, dan usianya kira-kira sama dengan Alexis. Kedua gadis itu menjadi teman.

Travis Parker, (Jamie Nieto), adalah sesama pasien yang berhubungan dengan Matt di fasilitas rehabilitasi. Travis juga lumpuh, dan meminta Matt untuk membuat komitmen yang lebih dalam pada upaya rehabilitasi dan pemulihan fisik, alih-alih apa yang dia yakini sebagai "pindah" ke kehidupan adaptif di rumah secara prematur.

Fred Putney, (Michael Patrick Thornton), adalah psikiater yang mengawasi kesehatan mental dan emosional kru Atlas. Dia menggunakan kursi roda, yang tidak kita sadari sampai dia sudah berada di beberapa adegan. Dia mencoba menawarkan dukungan sebaya kepada Matt sebagai sesama pengguna kursi roda.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.