Sukses

4 Tips untuk Penyandang Disabilitas agar Selalu Berpikiran Positif dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Tidak selalu mudah untuk tetap bersikap positif saat Anda memiliki disabilitas. Keterbatasan fisik Anda terkadang dapat menguras emosi dan mental Anda. Simak beberapa tips untuk tetap positif dan mengalahkan segala rintangan untuk hidup yang positif dan sehat.

Selama hidup akan ada saat ketika Anda menghadapi serangkaian tantangan, terutama saat Anda memiliki disabilitas. Terkadang, Anda mungkin merasa sulit untuk mengatasi kesulitan tertentu. Akan tetapi lebih baik jika bisa melihat sisi positif dan mengalahkan rintangan tersebut sehingga Anda dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

Ada banyak kisah-kisah inspiratif yang mungkin dapat menginspirasi Anda dalam melanjutkan kehidupan. Salah satunya adalah Zeenath Sadar, pengguna kursi roda dari Kochi (sebuah kota di negara bagian Kerala pesisir barat daya India), yang terkena polio sejak masih belia.

Zeenath mengaku sering berkata pada dirinya sendiri bahwa menjadi difable bukanlah akhirnya. "Karena kehidupan selain membawa tantangan, juga membawa hal yang menyenangkan. Saya diberkati memiliki banyak orang positif di sekitar saya yang membuat hidup saya lebih cerah dan bahagia. Saya juga memastikan untuk makan sehat dan melakukan beberapa latihan dasar untuk menjaga diri saya tetap fit. Tubuh yang sehat juga penting untuk pikiran yang damai," katanya.

Selain tips dari Zeenath, berikut ini merupakan beberapa tips agar tetap positif meskipun dengan kondisi difabel, dilansir dari Newz Hook

1. Fokus pada kemampuan Anda

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan. Pahami bahwa menjadi difabel, Anda masih mampu melakukan banyak hal dalam hidup. Teknologi juga telah maju pesat dan itu mempermudah pekerjaan Anda. Gunakan perangkat yang dapat membantu Anda melakukan yang terbaik dalam mengerjakan tugas dan mencapai tujuan.

2. Minta bantuan jika perlu

Ada banyak penyandang disabilitas di sekitar Anda. Menjadi bagian dari kelompok ini membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Anda. Jika terlalu malu memintanya, mintalah bantuan dari keluarga atau teman dan jangan ragu untuk memintanya. Simpan kontak tenaga profesional jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan mereka. Pahami, bahwa dengan Anda meminta bantuan bukan berarti Anda lemah. Penting juga untuk menjaga hubungan dalam hidup Anda.

 

2 dari 4 halaman

3. Jadikan kesehatan sebagai prioritas utama Anda

Semua orang perlu menjaga kesehatan, baik mental maupun fisik. Caranya yaitu dengan berlatih, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Serta yang terpenting, pahami kebutuhan tubuh Anda. Karena fisik setiap orang berbeda-beda. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain.

4. Bersosialisasi dengan orang yang tepat

Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan dukungan orang lain. Itulah mengapa penting untuk memiliki orang yang tepat yang mencerahkan hidup Anda dengan kepositifan mereka. Orang yang tepat dapat memberi Anda tips, nasihat, dan saran yang akan membantu Anda dalam jangka panjang. Anda tidak perlu memiliki banyak teman. Beberapa orang yang tepat dapat membuat hidup Anda lebih baik.

"Temukan kemampuan dalam keterbatasan Anda. Ciptakan apa yang bisa Anda kerjakan untuk memperbaiki segalanya. Saya merasa bahwa cara berpikir dan cara pandang yang positif adalah aspek terpenting. Ketika saya depresi, saya bertemu banyak orang yang juga memiliki disabilitas dan saat itulah saya menyadari bahwa disabilitas tidak bisa menghentikan Anda untuk mengejar impian Anda. Anda dapat menemukan kegembiraan bahkan dalam hal-hal kecil seperti membersihkan kamar Anda. Menerima kondisi difable Anda dan bersyukur atas apa yang Anda miliki itu penting," kata Veena Venugopal, pengguna kursi roda dari Kerala (sebuah negara bagian di barat daya Pantai Malabar di India).

3 dari 4 halaman

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: