Sukses

Hanya Memiliki Satu Tangan, Pria Ini Tetap Jaga Kebugaran dan Menginspirasi Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta Hanya memiliki satu tangan tak menjadi alasan bagi Tinkesh Kaushik untuk malas berolahraga. Pria difabel yang sempat mengalami tiga kali amputasi ini memiliki cara tersendiri untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Saat berusia sembilan tahun, ia tersengat listrik 11.000 Volt saat menerbangkan layang-layang di teras rumahnya. Empat bulan dan sebelas operasi kemudian, setelah kehilangan tiga dari empat anggota tubuhnya, Tinkesh sekarang adalah juara olahraga multi-petualangan dan Pemegang Rekor Asia dalam bungee jumping.

Tidak hanya itu, ia adalah pelatih kebugaran, pengendara sepeda, dan perenang.

Tinkesh dijuluki 'Will' di Cross Strength Fitness Club, India, di mana ia bekerja sebagai pelatih kebugaran yang dikagumi murid-muridnya.

Selama masa karantina wilayah, dia bekerja dari rumah. Dan kali ini, bukan hanya anggota Cross Strength Fitness Club yang menuai manfaatnya, tapi semua yang duduk di rumah dapat menerapkan kiat kebugaran yang ia bagikan saat berolahraga di rumah.

"Gym menawarkan latihan beban, tapi saat gym ditutup, kami menggantinya dengan pelatihan berat badan," kata Tinkesh kepada Newz Hook.

2 dari 3 halaman

Latihan HIIT Hingga Kardio

“Ada begitu banyak jenis latihan yang menggunakan berat badan itu sendiri, Ada latihan HIIT, latihan kardio, latihan tabata, latihan kekuatan, pelatihan ketahanan, dan lain-lain.”

Menurutnya, HIIT adalah singkatan dari High Intensity Interval Training. Ini adalah latihan rutin yang cepat dan kuat yang ditujukan untuk membangun kekuatan badan.

“Ada begitu banyak variasi latihan beban tubuh yang berbeda. Masing-masing menyentuh kelompok otot tubuh yang berbeda, dan seluruh tubuh dapat dibentuk dengan sempurna. ”

“Motivasi harus datang dari dalam. Anda tidak berolahraga untuk orang lain, Anda melakukannya sendiri."

Bagi difabel sepertinya, melatih kebugaran adalah hal yang penting walau tanpa 2 kaki dan 1 tangan namun menurutnya "tidak ada yang tidak mungkin."

Ia juga membagikan beberapa video olahraga di saluran YouTube pribadinya (Tinkesh Kaushik).

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: