Sukses

Special, Kisah Penyandang Cerebral Palsy Berbalut Komedi

Liputan6.com, Jakarta Special adalah sebuah serial Netflix yang menceritakan tentang kehidupan seorang penyandang disabilitas bernama Ryan Keyes. Pria ini memiliki cerebral palsy dan bertekad memulai kehidupan baru serta menjauh dari bayang-bayang sang ibu yang overprotective.

Dilansir dari imdb.com, dalam serial bergenre komedi ini Ryan mulai menantang dirinya untuk hidup secara mandiri. Kemandirian dimulai dengan menjalani pekerjaan pertama, petualangan pertama dalam percintaan, dan pindah ke apartemen pertamanya.

Walaupun seorang penyandang cerebral palsy, namun pria berusia 20 tahun ini tidak menggunakan kursi roda. Pergerakannya memang terbatas namun masih mampu berjalan sendiri.

Karakter Ryan Keyes dibintangi oleh Ryan O'Connel yang juga menjadi Executive Producer dalam serial ini. Sedang sang ibu, Karen Kayes diperankan oleh Jessica Hecht.

2 dari 2 halaman

Untuk Penonton Dewasa

Special tayang pada 12 April 2019 di Amerika. Serial ini diperuntukkan tontonan orang dewasa karena ada beberapa adegan dewasa.

Walau demikian, tayangan ini menyampaikan beberapa pesan moral. Contoh, penyandang disabilitas seperti Ryan pun memiliki hak untuk menjalani kehidupannya secara mandiri. Ia tidak selalu harus hidup di bawah bayang-bayang ibunya yang mengawasi dengan ketat.

Pada akhirnya, Ryan bisa membuktikan bahwa ia mampu menjalani hidup sesuai keinginannya.

Seorang penonton bernama Jesseraeo berkomentar tentang serial ini. Ia menyukai konsep dari tayangan ini.

"Seperti yang saya sebutkan, BANYAK yang dibutuhkan dan representasi yang diinginkan dari para penyandang disabilitas. Tayangannya cukup bagus namun banyak karakter yang hambar. Sangat berharap mereka lebih mendalami. Mungkin itu adalah gambaran akurat kehidupan di LA tetapi fokus pada omong kosong tidak berguna bagi saya,” tulisnya di imdb.com.

Loading
Artikel Selanjutnya
Aktor X-Men Beri Dukungan untuk Korban Bullying dengan Dwarfisme
Artikel Selanjutnya
Rancang Buku Audio, Difabel ini Berhasil Gapai Mimpi Lewat Tulisan