Sukses

Harga Kripto Hari Ini 7 Mei 2024: Bitcoin dan Ethereum Kembali Loyo

Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah. Keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,34 triliun atau setara Rp 37.521 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Selasa (7/5/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin turun 0,72 persen dalam 24 jam dan 0,97 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 63.401 atau setara Rp 1,01 miliar (asumsi kurs Rp 16.034 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut melemah. ETH turun 1,79 persen sehari terakhir dan 4,53 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 49,32 juta per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) menguat tipis. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,07 persen tetapi masih melemah 0,89 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,46 juta per koin.

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA melemah 0,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,40 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 7.305 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih menguat. SOL naik 5,70 persen dalam sehari dan 11,21 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,46 juta per koin.

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP tumbuh 2,24 persen dalam 24 jam dan 4,68 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.676 per koin.

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE merosot 2,14 persen, tetapi masih menguat 8,65 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 2.517per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,34 triliun atau setara Rp 37.521 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Studi: Kripto Ciptakan Efek Kekayaan Baru

Sebelumnya, sebuah anekdot tersebar di media sosial yakni mereka yang investasi awal di kripto telah menikmati kekayaan yang mengubah hidup.

Berdasarkan sebuah studi menemukan 16 persen rumah tangga yang dianalisis menaruh dana ke bursa kripto dalam dekade yang berakhir 2023.

Di sisi lain, mengutip Yahoo Finance, Senin (6/5/2024),  berapa banyak uang ekstra yang membuat investor percaya diri untuk membelanjakan lebih banyak, sebuah fenomena yang oleh ekonom disebut sebagai efek kekayaan, menjadi sebuah topik setiap kali harga kripto melonjak.

Sekelompok peneliti mencoba mengukur dan menetapkan kenaikan harga kripto di Amerika Serikat (AS) tidak dibelanjakan seperti rezeki nomplok dari memenangkan lotere.

Sejauh ini, dampaknya relatif kecil terhadap ekonomi AS senilai USD 28 triliun. Namun, jika kelas aset ini terus meningkat, studi memberikan informasi tentang potensi perubahan dalam pola konsumen.

Peneliti prediksi kekayaan baru ini meningkatkan konsumsi rumah tangga sebesar USD 30 miliar atau sekitar Rp 480,57 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.019) selama satu dekade.

 

3 dari 4 halaman

Pemenang Lotere

Angka itu meski hampir dua kali lipat kecenderungan konsumsi marjinal jika dikaitkan dengan imbal pasar saham, angka itu sekitar sepertiga dari pendapatan kemenangan lotere.

Terlepas dari semua hal yang dipamerkan di media sosial, tidak semua tertuju pada Lamborghini dan barang mewah. Ada juga membeli rumah, meningkatkan pasar properti seiring kripto sangat populer.

"Jika rumah tangga cenderung memperlakukan kripto seperti judi, kami berharap mereka membelanjakan keuntungannya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pemenang lotere,” ujar Asisten Profesor Keuangan Brigham Young University’s Marriott School of Business, Darren Aiello.

Namun, sebaliknya. Berdasarkan prediksi Aiello menunjukkan pengeluaran rumah tangga dari keuntungan kripto lebih mirip dengan pola yang dilihat dari investasi di saham.

4 dari 4 halaman

Jadi Perhatian Ekonom

Ini adalah topik yang kemungkinan akan mendapat lebih banyak perhatian dari ekonom setelah peluncuran dana bitcoin yang diperdagangkan di bursa atau spot-bitcoin exchange traded fund (ETF Bitcoin) pada 2024 yang memperluas jangkauan calon investor kripto.

Peneliti yang mempresentasikan makalahnya kepada the Federal Deposit Insurance Corp pada Maret juga berasal dari Northwestern University, Emory University dan Imperial College London.

Mereka memakai data dari 60 juta orang dari 2010-2023 yang mencakup jutaan transaksi bank, kartu kredit, dan debit untuk menganalisis bagaimana kekayaan kripto menyebar ke ekonomi AS yang sebenarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.