Sukses

Capres AS Robert Kennedy Jr Sebut Bitcoin Aset Lindung Nilai Terbaik Terhadap Inflasi

Kennedy telah lama mendukung bitcoin dan mata uang kripto, memegang BTC sendiri dan membelikannya untuk anak-anaknya pada tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Kandidat presiden AS Robert F. Kennedy Jr mengatakan cryptocurrency adalah lindung nilai terbaik terhadap inflasi. Dia menekankan kripto dapat mengambil kendali dari pemerintah dan dari sistem perbankan monopolistik yang menggunakan pencetakan uang. 

“Cryptocurrency adalah jalan keluar dari kecanduan kita terhadap Federal Reserve. Jika Anda setuju kripto sama dengan kebebasan, bantu saya memajukan visi tersebut sebagai Presiden,” kata Kennedy dalam cuitan di media sosial X nya, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (27/3/2024).

Kennedy telah lama mendukung bitcoin dan mata uang kripto, memegang BTC sendiri dan membelikannya untuk anak-anaknya pada tahun sebelumnya. Dia baru-baru ini menekankan bitcoin berfungsi sebagai jalan keluar dari mesin pencetak uang bank sentral, yang menyoroti statusnya sebagai mata uang keras. 

Dia juga menekankan pentingnya kebebasan transaksional, menyamakannya dengan kebebasan berbicara, yang menurutnya disediakan secara unik oleh bitcoin.

Pada Oktober tahun lalu, calon presiden berjanji jika terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, dia akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi bitcoin. Terlebih lagi, pada Juli tahun lalu, dia mengungkapkan proposal untuk mendukung dolar AS dengan BTC.

“Saya akan memastikan bahwa bitcoin dilindungi, bahwa orang-orang dapat menyimpan dompet mereka sendiri, bahwa perang Gedung Putih terhadap bitcoin saat ini akan berakhir, bahwa transaksi akan dilindungi dan didorong,” katanya saat itu.

Kennedy juga menentang mata uang digital bank sentral (CBDC). Dia dan mantan Presiden AS Donald Trump sama-sama berjanji untuk mencegah Federal Reserve mengeluarkan dolar digital jika terpilih. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenalan dengan Kripto TRU Coin, Apa Itu?

Sebelumnya, TrueFi adalah protokol kredit pertama DeFi untuk meminjamkan, meminjam, dan mengelola modal. Dibangun di atas Ethereum dan Optimisme, pasar modal. TRU Coin adalah kripto yang digunakan di ekosistem TrueFi.

Dilansir dari situs Binance Academy, Selasa (26/3/2024), TrueFi menghubungkan investor, peminjam, dan manajer modal untuk pinjaman tanpa jaminan dalam peluang keuangan kripto  dan dunia nyata. 

Dengan membawa manajemen aset on-chain, TrueFi menghilangkan perantara dan dapat menawarkan hasil yang lebih baik kepada pemberi pinjaman atas modal yang dipinjamkan, serta berbagai peluang keuangan yang biasanya disediakan untuk orang yang sangat kaya.

TrueFi juga memberikan perlindungan kerugian berlapis berlapis-lapis, membantu manajer portofolio memanfaatkan likuiditas global, dan memungkinkan pinjaman yang lebih hemat modal bagi peminjam.

Saat ini, TrueFi menawarkan peluang keuangan yang beragam dan berkembang, termasuk investasi pasar yang sedang berkembang, pembiayaan tekfin, investasi real estate, dan pinjaman pekerja pertunjukan secara efektif menghadirkan pinjaman dan aset dunia nyata ke DeFi.

Bagaimana cara kerja TrueFi?

TrueFi adalah utilitas keuangan publik, menawarkan infrastruktur untuk meminjamkan, meminjam, dan mengelola aset. Keajaiban sebenarnya dari protokol, bagaimanapun, terjadi ketika kelompok pengguna ini berkumpul, menggunakan TrueFi sebagai pasar untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Karena TrueFi adalah protokol terdesentralisasi, ia juga bergantung pada pembuat token tata kelola TRU untuk memberikan perlindungan kerugian kepada pemberi pinjaman, mengatur masa depan protokol, dan memberikan kontribusi yang diperlukan agar TrueFi berhasil.

 

3 dari 3 halaman

Berhasil Pulih, Harga Bitcoin Kembali Tembus USD 70.000

Pasar kripto mencoba untuk pulih setelah penurunan terbaru, sementara volumenya tidak mendukung kenaikan. Pergerakan harga baru-baru ini menunjukkan beberapa sentimen masih ada di pasar, sehingga fase pemulihan belum dimulai dengan kekuatan yang diperlukan.

Bitcoin (BTC) sesuai target untuk mengakhiri minggu lalu di zona merah, namun tanda positif bagi para investor adalah bahwa harga telah pulih dari posisi terendah dalam seminggu terakhir di sekitar USD 61.000 atau setara Rp 963,4 juta (asumsi kurs Rp 15.795 per dolar AS) menjadi lebih dari USD 65.000 atau setara 1,02 miliar.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan, hal ini menunjukkan pelaku pasar tetap bullish dalam jangka panjang dan membeli saat terjadi penurunan.

“Diperkirakan arus masuk ke dana ETF Bitcoin akan meningkat, jika Bitcoin mendekati level dukungan. Tanda positif lain yang dapat mendukung harga Bitcoin adalah arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang melambat,” kata Fyqieh dalam analisis awal pekan, Senin (25/3/2024).

Fyqieh menambahkan, data Fairside Investors, arus keluar dari GBTC turun menjadi hanya USD 170 juta atau setara Rp 2,6 triliun pada 22 Maret. Hal ini menunjukkan tekanan jual bisa berkurang. Sentimen Crypto Fear & Greed Index pada awal pekan ini pun terpantau melemah.

Pada Senin, posisi sentimen Crypto Fear & Greed Index berada di 75 poin di posisi "Greed" turun dari minggu sebelumnya di 77 poin level "Extreme Greed".

Hal ini menunjukan meskipun masih ada tingkat keinginan yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan di pasar kripto, tetapi ada sedikit penurunan. Kemungkinan ada beberapa tanda-tanda investor mulai merasa sedikit waspada atau berhati-hati dalam menghadapi volatilitas pasar yang tinggi.

Meskipun demikian, pergerakan sentimen ini juga bisa mencerminkan adanya pergeseran dalam siklus pasar, di mana para investor mungkin sedang mencari peluang baru atau mengantisipasi koreksi harga setelah lonjakan sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini