Sukses

Bitcoin Diramal Menguat Jelang Halving, Kok Bisa?

Fundamental teknis dan penggunaan Bitcoin (BTC) telah meningkat secara signifikan pada 2023 lalu

Liputan6.com, Jakarta - Fundamental teknis dan penggunaan Bitcoin (BTC) telah meningkat secara signifikan pada 2023 lalu. Peningkatan tersebut memungkinkan nilai Bitcoin “lebih kuat” menjelang peristiwa halving yang secara historis bullish dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan olsh manajemen aset kripto, yakni Grayscale dalam sebuah catatan penelitian pekan lalu.

“Meskipun ada tantangan terhadap pendapatan penambang dalam jangka pendek, aktivitas fundamental on-chain dan pembaruan struktur pasar yang positif membuat halving ini berbeda pada tingkat fundamental,” kata peneliti di Grayscale, Michael Zhao, dikutip dari Coindesk, Selasa (13/2/2024).

“Meskipun telah lama digembar-gemborkan sebagai emas digital, perkembangan terkini menunjukkan bahwa bitcoin berkembang menjadi sesuatu yang lebih signifikan.” ungkapnys

Sebagai informasi, Halving adalah bagian dari kode jaringan Bitcoin untuk mengurangi tekanan inflasi pada mata uang kripto, dan akan memotong setengah imbalan jika berhasil menambang blok bitcoin.

Hal ini membuat perolehan atau penambangan bitcoin baru menjadi jauh lebih sulit, dan secara historis mendahului kenaikan harga.

Zhao menyebutkan bahwa munculnya prasasti ordinal dan token BRC-20 telah merevitalisasi aktivitas on-chain pada Bitcoin, menghasilkan biaya transaksi hingga USD 200 juta untuk para penambang pada Februari 2024.

“Tren ini diperkirakan akan bertahan, didukung oleh minat baru pengembang dan inovasi berkelanjutan pada blockchain Bitcoin,” katanya.

Standar BRC-20 (BRC adalah singkatan dari Bitcoin Request for Comment) diperkenalkan pada April 2023 untuk memungkinkan pengguna menerbitkan token yang dapat ditransfer secara langsung, melalui jaringan untuk pertama kalinya.

Token, yang disebut prasasti, berfungsi pada Protokol Ordinal.

Protokol ini memungkinkan pengguna untuk menanamkan data pada blockchain Bitcoin dengan menuliskan referensi seni digital ke dalam transaksi kecil berbasis Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Struktur Pasar

Di luar fundamental onchain yang secara umum positif, struktur pasar bitcoin terlihat bermanfaat terhadap harga pasca-separuh, menurut laporan Grayscale.

Imbalan yang lebih rendah diperkirakan memerlukan tekanan pembelian yang relatif lebih rendah untuk menjaga harga tetap bertahan, yang mana, dengan meningkatnya permintaan, dapat menyebabkan harga lebih tinggi.

“Secara historis, hadiah blok telah menimbulkan potensi tekanan jual ke pasar, dengan kemungkinan bahwa semua bitcoin yang baru ditambang dapat dijual, sehingga berdampak pada harga,” tulis Zhao.

“Saat ini, 6,25 bitcoin yang ditambang per blok setara dengan sekitar USD 14 miliar per tahun (dengan asumsi harga bitcoin adalah USD 43K),” ungkapnya.

Untuk mempertahankan harga saat ini, diperlukan tekanan pembelian sebesar USD 14 miliar per tahun, katanya, seraya menambahkan bahwa kenaikan ini akan turun menjadi USD 7 miliar per tahun setelah halving karena imbalannya turun menjadi 3,25 bitcoin per blok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Crypto

Video Terkini