Sukses

Survei Binance: 73% Pengguna Eropa Optimistis tentang Masa Depan Kripto

CMO Binance, Rachel Conlan mengatakan pihaknya senang melihat tingkat optimisme yang tinggi di antara pengguna kripto Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran mata uang kripto Binance baru-baru ini mensurvei penggunanya di Eropa di Prancis, Spanyol, Italia, dan Swedia untuk memahami kebiasaan investasi kripto-nya. Survei tersebut dilakukan antara 14 Oktober-8 November 2023 dengan melibatkan 10.498 peserta. 

Berdasarkan hasil, 73% responden optimis terhadap masa depan mata uang kripto, dengan 55% secara eksklusif menggunakan mata uang kripto untuk pembelian sehari-hari dan 24% melakukan lebih dari separuh perdagangan mereka di mata uang kripto. 

Selain pengeluaran sehari-hari, survei tersebut mengungkapkan beragam penggunaan kripto yaitu 34% untuk perdagangan jangka panjang, 26% untuk tabungan, 13% untuk perdagangan harian, dan 9% untuk pembelian rutin.

CMO Binance, Rachel Conlan mengatakan pihaknya senang melihat tingkat optimisme yang tinggi di antara pengguna kripto Eropa, yang mencerminkan meningkatnya minat terhadap teknologi kripto dan blockchain.

“Meningkatnya penggunaan kripto dalam pembelian sehari-hari dan beragam penerapannya menyoroti integrasi aset digital ke dalam kehidupan kita,” kata Conlan, dikutip dari Bitcoin.com, ditulis Minggu (4/2/2024). 

Conlan menambahkan, dengan Eropa yang berada di garis depan dalam menerapkan kerangka peraturan yang aman dan harmonis untuk industri melalui MiCA, terbukti kawasan ini secara aktif membuka jalan bagi adopsi aset digital secara umum.

Di antara responden survei, 82% telah terlibat dalam kripto setidaknya selama satu tahun, dengan 73% dalam rentang satu hingga lima tahun dan 5% memasuki dunia kripto dalam enam bulan terakhir. 

Selain itu, lebih dari separuh (53%) adalah pedagang aktif, menggunakan frekuensi yang beragam, dari bulanan (23%) hingga mingguan (17%) dan harian (12%).

Mengenai pendorong utama adopsi kripto, 20% responden menyebutkan potensi keuntungan yang tinggi sebagai pendorong utama, 18% menekankan cita-cita desentralisasi dan otonomi keuangan, dan 17% menyatakan mereka termotivasi oleh inovasi dan teknologi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kripto Hilang di Blockchain Binance Turun 85% pada 2023

Sebelumnya diberitakan, Jumlah kripto yang hilang pada blockchain Binance turun 85% pada 2023, menurut laporan terbaru oleh perusahaan keamanan CertiK, Hashdit, Ancilia dan Salus. 

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (24/1/2024). kerugian aset kripto dari jaringan turun dari USD 1,1 miliar atau setara Rp 17,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.687 per dolar AS) pada 2022 menjadi sekitar USD 161 juta atau setara Rp 2,5 triliun pada 2023.

Dalam laporan tersebut, perusahaan keamanan menyoroti kerugian yang terjadi pada BNB Chain terus meningkat sejak 2020, mencatat puncaknya pada 2022. 

Laporan tersebut juga mencatat peretasan dan penipuan yang dilakukan pada Rantai BNB mengalami penurunan dalam hal dana yang dicuri. Untuk peretasan, terjadi penurunan jumlah kerugian sebesar 91%, sedangkan penipuan mengalami penurunan sebesar 54% pada 2023.

Meskipun nilai yang dicuri turun, laporan tersebut menyoroti upaya peretasan dan penipuan meningkat pada 2023. Pada tahun tersebut terdapat 210 peretasan, peningkatan sebesar 96%, sementara terdapat upaya penipuan pada 2023, peningkatan sebesar 14% dibandingkan 2022.

Perwakilan dari Tim Pengembangan Inti Rantai BNB percaya pengurangan dana yang hilang di jaringan Rantai BNB dapat dikaitkan dengan peringatan cepat yang dihasilkan oleh organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) untuk memperingatkan komunitas akan potensi pelaku kejahatan.

Tim BNB Chain menjelaskan pada 2023, terdapat peningkatan jumlah “Alarm Merah”, yang menggunakan alat penyaringan risiko untuk memperingatkan anggota masyarakat tentang potensi risiko. 

Perwakilan tersebut menjelaskan perusahaan keamanan Hashdit mengirimkan sekitar 3.500 peringatan melalui alarm merah, dengan 330 peringatan diposting di X (sebelumnya Twitter) pada 2023.

 

 

3 dari 4 halaman

India Menindak Pertukaran Kripto Luar Negeri, Binance Terdampak

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Keuangan India mengumumkan pada Kamis, 28 Desember 2023 Unit Intelijen Keuangan India (FIU IND) telah mengeluarkan Pemberitahuan Kepatuhan kepada sembilan penyedia layanan kripto luar negeri. 

Pemerintah India memasukkan penyedia layanan kripto ke dalam kerangka kerja Anti Pencucian Uang/Pemberantasan Pendanaan Terorisme (AML-CFT) di negara tersebut pada Maret.

Sembilan penyedia layanan kripto yang menerima pemberitahuan adalah Binance, Kucoin, Huobi, Kraken, Gate.io, Bittrex, Bitstamp, MEXC Global, dan Bitfinex. 

“Direktur FIU IND telah menulis surat kepada Sekretaris Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi untuk memblokir URL entitas tersebut yang beroperasi secara ilegal tanpa mematuhi ketentuan Undang-Undang PML di India,” kata Kementerian Keuangan India, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (31/12/2023).

Semua penyedia layanan kripto yang beroperasi di India diharuskan mendaftar ke FIU IND sebagai entitas pelapor dan mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Undang-Undang Pencegahan Pencucian Uang tahun 2002. 

“Kewajiban ini berbasis aktivitas dan tidak bergantung pada kehadiran fisik di India,” tegas Kementerian Keuangan.

Kementerian Keuangan lebih lanjut menyampaikan 31 penyedia layanan kripto telah terdaftar di FIU IND hingga saat ini. Awal bulan ini, pemerintah India memberi Parlemen daftar 28 penyedia layanan kripto yang terdaftar di Unit Intelijen Keuangan, termasuk Coindcx, Unocoin, Giottus, Bitbns, Zebpay, Wazirx, Coinswitch, Mudrex, Buyucoin, Pyor, Valr, dan Byteks.

 

4 dari 4 halaman

Pangsa Pasar Binance Turun 30% pada Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, Binance, yang pernah menjadi kekuatan dominan di ruang pertukaran kripto, telah mengalami penurunan pangsa pasar secara signifikan selama setahun terakhir.

Keterlibatan perusahaan dalam berbagai penyelidikan peraturan, ditambah dengan kepergian CEO dan pendirinya, Changpeng Zhao (CZ), telah mengakibatkan penurunan dominasi pasar secara signifikan.

Menurut CCData, pangsa pasar Binance turun menjadi 30,1% pada Desember, penurunan yang signifikan dari 55% yang dimilikinya pada awal tahun. 

Volume spot bulanan di bursa juga turun dari USD 474 miliar atau setara Rp 7.280 triliun (asumsi kurs Rp 15.360 per dolar AS) menjadi USD 114 miliar atau setara Rp 1.751 triliun antara Januari dan September, turun lebih dari 70%.

Partisipasi Binance dalam berbagai investigasi regulasi menghasilkan serangkaian penyelesaian, termasuk perjanjian senilai USD 4,3 miliar atau setara Rp 66 triliun dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas Amerika Serikat (CFTC) pada November.

Kesepakatan serupa telah dicapai dengan Departemen Kehakiman dan Keuangan Amerika Serikat. Tantangan peraturan juga menyebabkan beberapa eksekutif tingkat tinggi meninggalkan organisasi, sehingga menambah tahun penuh gejolak perusahaan.

Meskipun kehilangan pangsa pasar, volume perdagangan bulanan Binance mulai pulih sejak September. Lintasan pertukaran pada akhir tahun ini dipengaruhi oleh perjanjian penyelesaian dan pergantian kepemimpinan. Meskipun pangsa pasar perdagangan spotnya jauh lebih rendah, Binance tetap menjadi bursa kripto terbesar.

Menurut CCData, OKX meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 8% pada Desember dari sekitar 4% pada awal tahun, mengamankan posisi kedua di belakang Binance. Ketika perdagangan spot dan berjangka digabungkan, pangsa pasar OKX naik menjadi 21%, sementara Binance turun menjadi 42%.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.