Sukses

Penambangan Bitcoin Sedot hingga 2,3% dari Konsumsi Listrik di Amerika Serikat

Administrasi Informasi Energi (Energy Information Administration/EIA) AS merilis laporan yang merinci jumlah listrik yang dikonsumsi oleh industri pertambangan Bitcoin di Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menelusuri konsumsi listrik dari aktivitas penambangan Bitcoin Amerika Serikat, dilaporkan industri tersebut mengambil sebanyak 0,6 persen hingga 2,3 persen dari seluruh konsumsi listrik di negara tersebut pada 2023.

Administrasi Informasi Energi (Energy Information Administration/EIA) AS merilis laporan yang merinci jumlah listrik yang dikonsumsi oleh industri pertambangan Bitcoin di negara tersebut. Berdasarkan laporan, permintaan listrik fasilitas penambangan bitcoin di Amerika Serikat setiap tahunnya berkisar antara 0,6 persen dan 2,3 persen.

Menurut statistik ini, penambang Bitcoin AS mengkonsumsi listrik yang cukup untuk seluruh negara bagian Utah. Sebagaimana dinyatakan dalam laporan EIA, konsumsi listrik dari aktivitas penambangan Bitcoin kira-kira memenuhi kebutuhan tahunan sekitar tiga hingga enam juta rumah.

Ini merupakan indikasi jelas aktivitas pertambangan di AS telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tepatnya, sejumlah besar pertumbuhan ini disebabkan oleh relokasi operasi penambangan kripto dari Tiongkok ke Amerika Serikat menyusul larangan yang diberlakukan pada sektor ini di negara Asia.

Selain itu, dalam tiga tahun terakhir, beberapa perusahaan pertambangan Bitcoin berskala besar telah go public di AS, mendirikan fasilitas mereka di wilayah kaya energi seperti Texas dan New York.

Melansir Coingape, Jumat (2/2/2024), lonjakan konsumsi listrik telah menarik minat para pembuat kebijakan dan perencana jaringan listrik terhadap ekosistem yang sedang berkembang ini. Para pelaku industri jelas khawatir akan dampak pertumbuhan ini serta dampaknya terhadap biaya, keandalan, dan emisi.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatnya Kekhawatiran Pembuat Kebijakan

"Kekhawatiran yang diungkapkan kepada EIA mencakup gangguan pada jaringan listrik selama periode puncak permintaan, potensi kenaikan harga listrik, serta dampak terhadap emisi karbon dioksida (CO2) terkait energi," kata laporan tersebut.

Meningkatnya kekhawatiran para pembuat kebijakan dan perencana jaringan listrik berupaya mendukung mitos penambangan Bitcoin menghabiskan terlalu banyak energi. Pertambangan dianggap sebagai industri yang menggunakan listrik paling bersih karena hemat energi.

Halving Bitcoin hanya tinggal beberapa bulan lagi dan seperti acara serupa lainnya yang diadakan di masa lalu, hadiah penambangan Bitcoin akan dipotong setengahnya untuk mengurangi jumlah koin baru yang memasuki jaringan.

Setelah hadiah blok dikurangi setengahnya, penambang dapat melakukan lebih banyak aktivitas penambangan untuk mendapatkan Bitcoin baru. Operasi ini dapat memicu peningkatan jumlah listrik yang digunakan untuk aktivitas penambangan Bitcoin.

 

3 dari 4 halaman

Coinbase Genggam Hampir 1 Juta Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto Coinbase (Nasdaq: COIN) hampir mendekati angka 1 juta kepemilikan bitcoin. Coinbase saat ini memiliki 994.981 BTC senilai USD 42,17 miliar atau setara Rp 666,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.817 per dolar AS). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (1/2/2024), jumlah ini hanya tertinggal sedikit di belakang Satoshi Nakamoto, Coinbase berdiri sebagai pemegang bitcoin paling besar di industri. Selama dua minggu terakhir, bursa mengamati deposit 16.404 bitcoin, senilai USD 694 juta atau setara Rp 10,9 triliun. 

Sementara itu, Coinbase Pro, platform perdagangan perusahaan, mencatat penarikan 4.624 BTC, seperti yang ditunjukkan oleh data arus keluar 30 hari.

Ada kesibukan aktivitas yang signifikan di antara sepuluh dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) spot baru yang berbasis di AS. 

Sejak 12 Januari 2024, cadangan GBTC Grayscale berkurang sebesar 114.367 BTC, sementara sembilan ETF lainnya secara kolektif mengumpulkan 132.170 BTC sejak awal berdirinya. 

Khususnya, setiap ETF, kecuali Vaneck dan Fidelity, bergantung pada Coinbase untuk layanan kustodian. Ketergantungan ini kemungkinan berkontribusi pada peningkatan kecil sebesar 16.404 bitcoin dalam cadangan BTC Coinbase sejak 13 Januari.

Delapan ETF yang menggunakan layanan kustodian Coinbase mungkin telah memfasilitasi pertukaran offchain, dengan Coinbase bertindak sebagai satu-satunya perantara. 

Jika tren setoran BTC di Coinbase terus berlanjut, platform tersebut siap untuk segera mencapai tonggak sejarah 1 juta bitcoin, hanya membutuhkan tambahan 5.019 bitcoin. 

Kepemilikan Coinbase saat ini mewakili 5,07% dari total pasokan 19.611.049 bitcoin yang beredar dan merupakan 4,73% dari keseluruhan batas pasokan bitcoin sebesar 21 juta.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Perusahaan Jasa Keuangan Kripto Swan Luncurkan Penambangan Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Swan Bitcoin, sebuah perusahaan jasa keuangan yang berfokus pada bitcoin, telah mengungkapkan peluncuran usaha penambangan Bitcoinnya, Swan Mining, yang telah beroperasi sejak musim panas lalu. 

Perusahaan bertujuan untuk memperluas penawaran institusionalnya dan secara aktif melakukan pencatatan saham publik dalam 12 bulan ke depan. Keputusan Swan untuk mendirikan unit penambangan berasal dari visinya untuk menjadi perusahaan Bitcoin yang komprehensif. 

Swan Bitcoin menekankan bisnis pertambangannya beroperasi secara independen, menggunakan model pendanaan bebas utang dan menjaga pemisahan hukum dari cabang bisnis lainnya. Perusahaan bermaksud untuk mengalokasikan pendanaan Seri C berikutnya secara merata untuk usaha jasa keuangan, pertambangan, dan akuisisi.

Swan Mining telah mencapai kesuksesan penting, setelah menambang 750 Bitcoin (BTC) dengan kapasitas tingkat hash saat ini sebesar 4,5 exahash per detik (EH/s). Perusahaan mengantisipasi melampaui 8 EH/s pada Maret setelah penerapan peralatan pertambangan baru.

CEO Swan, Cory Klippsten, secara aktif berupaya mencapai pencatatan publik dalam 12 bulan ke depan. Menurut Klippsten Swan Mining adalah contoh bagus dari penyelesaian tesis perusahaan. 

“Dengan fokus eksklusif kami pada adopsi Bitcoin dan membantu industri ini berkembang, kami terus menarik talenta, peluang, dan modal yang dibutuhkan untuk meluncurkan lini bisnis baru dan mengembangkannya dengan cepat,” kata Klippsten dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (30/1/2024).

Meski fokus pada usaha pertambangan, Swan memastikan unit jasa keuangannya tetap sehat dan terus berkembang. Perusahaan mengklaim telah menghasilkan pendapatan USD 125 juta atau setara Rp 1,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.775 per dolar AS) selama 12 bulan terakhir dan menggandakan jumlah stafnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini