Sukses

Sampoerna University Bakal Pakai Ijazah Berbasis Blockchain, Apa Manfaatnya?

Pemanfaatan teknologi blockchain kini merambah sektor pendidikan, salah satunya untuk ijazah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Wir Asia Tbk (WIR Group) melalui anak perusahaannya, Nusameta resmi berkolaborasi dengan Sampoerna University dalam memanfaatkan teknologi blockchain dalam sektor pendidikan

Salah satu kasus penggunaannya adalah dengan melakukan autentifikasi ijazah dengan teknologi blockchain. Lantas apa manfaat autentikasi ijazah berbasis blockchain dibandingkan ijazah biasa?

President of Sampoerna University, Marshall Scott menuturkan, tujuan penggunaan blockchain untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan penipuan kredensial atau pemalsuan ijazah, menyederhanakan proses verifikasi, dan memberikan kontrol yang lebih besar kepada mahasiswa atas catatan akademik mereka. 

Adapun Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus menuturkan adopsi teknologi blockchain yang semakin luas telah mengantarkan era baru inovasi dan efisiensi di berbagai sektor. 

Sifat blockchain yang terdesentralisasi tidak hanya menjamin transparansi tetapi juga meningkatkan keamanan, menjadikannya aset yang berharga dalam lanskap digital saat ini. 

"Penggunaan blockchain yang meluas mencerminkan kekuatan transformatifnya dan pengakuan yang semakin besar akan manfaatnya. Dengan memupuk kolaborasi, mengatasi tantangan, dan terus menyempurnakan teknologi, kita dapat memanfaatkan potensi penuh blockchain untuk membangun masa depan yang lebih aman, transparan, dan efisien,” kata Gupta dalam penandatanganan MoU WIR Group dan Sampoerna University, Rabu (24/1/2024). 

Gupta menambahkan, teknologi blockchain bukan hanya menjadi solusi untuk masalah autentikasi ijazah, tetapi juga mencerminkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih maju dan adaptif di era digital ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Teknologi Paling Aman

Pada kesempatan yang sama, Head of Blockchain Nusameta, Aldi Ardian Raharja mengungkapkan teknologi blockchain jadi salah satu sistem teraman dibandingkan sistem yang sudah ada saat ini. 

Blockchain itu seperti buku besar, jadi ketika satu orang mencatat ijazah seseorang, maka semuanya mencatat. Jadi jika tidak ada yang mencatat berarti ijazah tersebut tidak dikeluarkan lembaga terkait,” jelas Aldi.

Aldi menambahkan, teknologi blockchain bisa lebih aman karena adanya sistem enkripsi. Meskipun begitu, bukan berarti blockchain tidak bisa diserang melalui serangan siber. 

"Namun blockchain punya keunggulan lebih aman karena bisa memitigasi risiko penyerangan,” pungkas Aldi.

 

 

3 dari 4 halaman

WIR Group dan Sampoerna University Pelopori Autentikasi Ijazah Berbasis Blockchain

Sebelumnya diberitakan, PT WIR ASIA Tbk (WIR Group) perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Indonesia, melalui anak usahanya Nusameta telah menggandeng Sampoerna University untuk mengembangkan sistem autentikasi ijazah berbasis blockchain. 

Sistem ini, terkenal karena keamanan terdesentralisasi dan keandalannya, dirancang untuk menyimpan dan berbagi informasi pendidikan tinggi secara aman. 

Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus mengatakan, WIR Group mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Sampoerna University. 

Gupta percaya adopsi teknologi blockchain yang semakin luas telah mengantarkan era baru inovasi dan efisiensi di berbagai sektor. 

"Sifat blockchain yang terdesentralisasi tidak hanya menjamin transparansi tetapi juga meningkatkan keamanan, menjadikannya aset yang berharga dalam lanskap digital saat ini,”  kata Gupta dalam acara penandatanganan MoU, Rabu (24/1/2024).

Gupta menambahkan, penggunaan blockchain yang meluas mencerminkan kekuatan transformatifnya dan pengakuan yang semakin besar akan manfaatnya 

Dengan  kolaborasi ini Gupta berharap dapat  menyempurnakan memanfaatkan potensi penuh blockchain untuk membangun masa depan yang lebih aman.

 

4 dari 4 halaman

Langkah Inovatif

Menurut Gupta, teknologi blockchain bukan hanya menjadi solusi untuk masalah autentikasi ijazah, tetapi juga mencerminkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih maju dan adaptif di era digital ini. 

"Kami berharap  langkah-langkah inovatif seperti ini akan menginspirasi lembaga pendidikan lainnya untuk menjelajahi potensi teknologi terdepan demi memajukan sistem pendidikan Indonesia,” ujar Gupta. 

Pada kesempatan yang sama, President of Sampoerna University, Marshall Scott menuturkan, pendekatan Sampoerna University dalam mengintegrasikan teknologi blockchain untuk pendidikan dan autentikasi ijazah bukan hanya menjadi inovasi, tetapi juga menjadi contoh nyata bagaimana institusi pendidikan dapat berinovasi dan beradaptasi dengan tuntutan dunia saat ini. 

Langkah ini  diambil dengan tujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan penipuan kredensial atau pemalsuan ijazah, menyederhanakan proses verifikasi, dan memberikan kontrol yang lebih besar kepada mahasiswa atas catatan akademik mereka.

“Kami berharap kolaborasi yang dilakukan dapat membantu penerima ijazah untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat di era digital,” pungkas Scott.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini