Sukses

Mengenal Kripto NXT Coin dan Gerak Harganya

NXT coin adalah blockchain publik untuk membuat seluruh ekosistem fitur terdesentralisasi, yang semuanya membutuhkan mata uang Nxt.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya dunia kripto, semakin banyak bermunculan koin baru mengikuti jejak Bitcoin, yang sering disebut Alternative Coin (Altcoin), contohnya NXT coin. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (23/11/2023), NXT coin adalah blockchain publik untuk membuat seluruh ekosistem fitur terdesentralisasi, yang semuanya membutuhkan mata uang Nxt. 

Alih-alih memodifikasi kode sumber Bitcoin asli, seperti yang telah dilakukan banyak altcoin, pengembang Nxt menulis kode mereka sendiri di Java dari awal. Itulah yang membuat NXT coin unik dan berbeda dari altcoin lainnya. 

Meskipun Nxt adalah blockchain publik, tetapi lisensi untuk blockchain pribadi berdasarkan perangkat lunaknya juga tersedia untuk dibeli. Pengembang menyebut Nxt sebagai Blockchain 2.0, menyediakan banyak aplikasi lebih dari sekadar menyimpan buku besar transaksi publik.

Jelurida BV mengambil alih Nxt yang awalnya dikembangkan secara anonim dan sekarang memiliki hak kekayaan intelektual. Salah satu pendiri dan pakar hukum Jelurida, Kristina Kalcheva mengatakan, mereka fokus pada bagaimana menjelajahi berbagai model lisensi open source dan penerapannya dalam praktik.

Harga NXT coin

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga NXT coin berada di level Rp 20,33 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 68,5 juta

Nxt naik 4,85 persen dalam 24 jam terakhir, Sedangkan untuk peringkat di Coinmarketcap saat ini adalah 5339, dengan data kapitalisasi pasar tidak tersedia. Hingga saat ini, telah terjadi peredaran suplai sebanyak 998,9 juta NXT koin dengan maksimal suplai 1 miliar NXT koin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

JPMorgan Targetkan Transaksi Harian Kripto JPM Coin Capai Rp 156,6 Triliun

Sebelumnya diberitakan, salah satu bank investasi terbesar di dunia, JPMorgan, telah mulai menetapkan target ambisius untuk token kriptonya, JPM Coin yaitu transaksi harian senilai USD 10 miliar atau setara Rp 155,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.561 per dolar AS).

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (17/11/2023), kepala Global Pembayaran Lembaga Keuangan JPMorgan, Umar Farooq mengklaim target ini bisa dicapai setelah peluncuran sistem pembayaran otomatis dengan JPM Coin.

Farooq menyatakan JPM Coin saat ini memproses sekitar USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun transaksi harian, dia memperkirakan pertumbuhan signifikan antara lima hingga sepuluh kali lipat dalam satu hingga dua tahun ke depan. 

JPM Coin memfasilitasi pembayaran dalam dolar AS dan Euro untuk klien korporat melalui jaringan Blockchain pribadi. Meskipun ini adalah salah satu dari beberapa aplikasi operasional Blockchain oleh bank besar, ini masih mewakili porsi kecil dibandingkan dengan USD 10 triliun transaksi harian yang diproses oleh JPMorgan.

Pendukung teknologi Blockchain berpendapat bahwa dibandingkan dengan teknologi yang ada, Blockchain dapat menyediakan pembayaran instan dengan biaya lebih rendah. 

Namun, skalabilitas buku besar digital belum teruji pada skala yang sama dengan jaringan pembayaran tradisional. Oleh karena itu, kemungkinan prediksi ini tidak menjadi kenyataan juga ada. JPMorgan sudah mulai menggunakan JPM Coin secara efektif di berbagai aplikasi. 

Raksasa perbankan investasi ini baru-baru ini mengambil langkah lebih lanjut dalam bidang ini dengan memperkenalkan fitur pembayaran yang dapat diprogram untuk sistem pembayaran yang didukung Blockchain, Onyx dan JPM Coin. 

Perkembangan ini memungkinkan pelanggan untuk mengotomatiskan pembayaran mereka dan memprogram sistem untuk memenuhi kewajiban keuangan seperti pembayaran yang telah jatuh tempo dan margin call.

3 dari 4 halaman

Hong Kong Keluarkan Aturan untuk Tokenisasi Aset

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) telah mengeluarkan dua surat edaran untuk mengatur tokenisasi aset digital. Ini dilakukan SFC seiring dengan meningkatnya tokenisasi aset digital dan sebagai perlindungan.

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (17/11/2023), surat edaran tersebut memberikan instruksi kepada perantara yang berpartisipasi dalam aktivitas sekuritas yang diberi token dan menguraikan kriteria untuk melakukan tokenisasi produk investasi yang disahkan oleh SFC.

SFC menganggap sekuritas yang diberi token sebagai sekuritas tradisional dengan lapisan tokenisasi. Oleh karena itu, persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku pada pasar sekuritas konvensional juga berlaku pada sekuritas yang diberi token.

Regulator menetapkan penawaran sekuritas yang diberi token harus mematuhi Rezim Prospektus Ordonansi Perusahaan dan Ordonansi Sekuritas dan Kontrak Berjangka mengenai penawaran investasi. 

Selain itu, perantara yang memberikan saran mengenai sekuritas yang diberi token, mengelola dana yang diberi token, dan memfasilitasi perdagangan pasar sekunder pada platform perdagangan aset virtual dan kripto harus mematuhi persyaratan perilaku yang ada untuk aktivitas terkait sekuritas.

Panduan baru-baru ini dari regulator bertepatan dengan eksplorasi tokenisasi di Hong Kong. Pada Februari, Otoritas Moneter Hong Kong menerbitkan obligasi ramah lingkungan (green bond) yang diberi token dan mengumpulkan dana sekitar USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.646 per dolar AS).

Surat edaran tersebut juga menyatakan platform perdagangan yang memiliki lisensi harus menetapkan pengaturan kompensasi yang disetujui SFC untuk melindungi dari potensi kehilangan token keamanan. 

Sebagai ilustrasi, operator platform perdagangan mata uang kripto dapat menunjukkan penerapan tindakan perlindungan seperti pembatasan transfer atau memasukkan daftar putih untuk memastikan keamanan sekuritas yang diberi token.

4 dari 4 halaman

Usulkan Restrukturisasi, Kreditur Genesis Ingin Uang Kembali 80 Persen

Sebelumnya diberitakan, seorang kreditur Genesis telah mengungkapkan rencana restrukturisasi baru yang diusulkan antara Genesis, Digital Currency Group dan kreditur. Upaya itu akan membuat kreditur mendapatkan kembali setidaknya 80 persen dari dana mereka.

Pada 6 Februari, Genesis Global mengumumkan telah mencapai kesepakatan prinsip dengan Digital Currency Group (DCG) dan krediturnya. DCG akan menyumbangkan bagian ekuitasnya di Genesis Global Trading, bisnis anak perusahaan pialang Genesis, kepada Genesis Global Holdco yang merupakan entitas induk Genesis.

Transaksi tersebut akan membawa semua entitas terkait Genesis di bawah perusahaan induk yang sama. Persyaratan perjanjian akan melihat DCG menukar promissory note senilai USD 1,1 miliar yang ada jatuh tempo pada 2032 untuk saham preferen yang dapat dikonversi. Ini juga akan membiayai kembali pinjaman berjangka 2023 yang ada dengan nilai agregat USD 526 juta dan membuatnya dapat dibayarkan kepada kreditur.

Sambil menunggu penutupan transaksi yang membutuhkan persetujuan pengadilan, Genesis akan berusaha untuk menjual entitas Genesis Global Trading miliknya.

Melansir Cointelegraph, Selasa (7/2/2023), Genesis saat ini sedang melakukan restrukturisasi sebagai bagian dari proses kebangkrutan Bab 11 yang berasal dari krisis likuiditas pada bulan November yang disebabkan oleh kebangkrutan crypto exchange FTX.

Genesis Global Trading tidak termasuk dalam pengajuan Bab 11 perusahaan pada saat itu. Pada sidang kebangkrutan awal Januari, pengacara Genesis mengatakan bahwa firma sedang mencari penyelesaian cepat untuk perselisihan krediturnya dan menyatakan optimis bahwa perusahaan akan keluar dari proses Bab 11 pada akhir Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini