Sukses

Yuga Labs, Magic Eden Bakal Luncurkan Pasar Ethereum NFT

Magic Eden Ethereum akan menjadi pasar NFT besar berbasis Ethereum pertama yang secara kontrak diwajibkan untuk menghormati royalti pencipta.

Liputan6.com, Jakarta - Yuga Labs, perusahaan di balik token non-fungible (NFT) Bored Ape Yacht Club (BAYC), telah bermitra dengan pasar NFT berbasis Solana, Magic Eden, untuk meluncurkan pasar baru berbasis Ethereum pada akhir tahun.

Melansir Yahoo Finance, Selasa (7/11/2023), Magic Eden Ethereum akan menjadi pasar NFT besar berbasis Ethereum pertama yang secara kontrak diwajibkan untuk menghormati royalti pencipta.

"Kami tetap berkomitmen terhadap perbaikan ekosistem pembuat Web3, teguh dalam keyakinan kami bahwa kami harus memperjuangkan para pembuat konten yang merupakan jantung dan jiwa industri ini,” kata salah satu pendiri dan CEO Magic Eden Jack Lu. 

Pasar bearish NFT saat ini melihat indeks Forkast 500 NFT turun lebih dari 54 persen tahun ini, sementara koleksi blue-chip seperti BAYC kehilangan lebih dari 59 persen harga dasar mereka pada periode yang sama.

OpenSea, yang sering diperingkat sebagai pasar NFT terbesar di dunia berdasarkan volume, pada Jumat mengumumkan di X (sebelumnya Twitter) bahwa mereka mengurangi jumlah karyawannya

Pada Agustus, OpenSea memotong royalti pembuat konten di platformnya, menjadikannya opsional.  Beberapa seniman mengatakan kepada Forkast bahwa keputusan OpenSea telah mendorong pencarian mereka terhadap platform alternatif.Meski demikian, OpenSea tidak menanggapi permintaan komentar Forkast.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan NFT Berhasil Kembali Meningkat 12,52% Usai Merosot dalam 2 Bulan

Sebelumnya diberitakan, menyusul penurunan penjualan mingguan yang terus-menerus selama dua bulan terakhir, minggu ini terjadi peningkatan penjualan NFT sebesar 12,52 persen. Transaksi NFT senilai sekitar USD 70,51 juta atau setara Rp 1,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.878 per dolar AS) dicatat di hampir dua lusin blockchain. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (23/10/2023), Ethereum berkuasa dalam volume perdagangan NFT minggu ini dengan USD 36,96 juta, menandai peningkatan 16,09 persen dari minggu sebelumnya.

Dengan volume perdagangan tersebut, penjualan NFT Ethereum menyumbang 52.41 persen dari agregat minggu ini. Statistik dicatat oleh situs agregasi NFT, Cryptoslam.

Lima Penjualan NFT Teratas

Bored Ape Yacht Club (BAYC) mencatatkan penjualan sebesar USD 4,31 juta atau setara Rp 68,4 miliar, diikuti oleh Winds of Yawana, yang meraup USD 3,57 juta atau setara Rp 56,6 miliar dari perdagangan NFT. Sorare menempati posisi kelima minggu ini, dengan total penjualan USD 2,3 juta atau setara Rp 36,5 miliar. 

Selama periode tujuh hari, sekitar 1.602.001 transaksi NFT terlacak, turun 2.34 persen dari minggu sebelumnya. Penjualan NFT terlaris minggu ini adalah Cryptopunk #9611, yang terjual USD 250.556 atau setara Rp 3,9 miliar dua hari lalu. 

Penjualan ini digantikan oleh Cardano NFT bernama Cardanians Loyalty, yang dibeli seharga USD 159.096 atau setara Rp 2,5 miliar. Salah satu NFT Halmonious Realms BNB dijual seharga USD 50.000 atau setara Rp 793,9 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Produksi NFT Berbasis Ethereum Turun ke Titik Terendah Sepanjang Masa

Sebelumnya diberitakan, produksi Non Fungible Token (NFT) di Ethereum, atau nilai penjualan utama yang dihasilkan dari pencetakan NFT, turun ke titik terendah sepanjang masa.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (16/10/2023), mencerminkan pasar penurunan NFT secara keseluruhan, Forkast ETH NFT Composite, sebuah indeks yang mengukur kinerja 250 NFT teratas di blockchain Ethereum, turun 48 persen year-to-date ke level terendah sepanjang masa di 715.22 poin yang tercatat pada September 2023.

Penurunan ini sebesar USD 17,55 juta atau setara Rp 275,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.700 per dolar AS) pada September, turun 12,4 persen dari USD 20,05 juta atau setara Rp 314,7 miliar pada Agustus, menurut Forkast Data laboratorium.

NFT adalah aset digital berbasis blockchain yang dapat memberikan informasi kepemilikan digital. Koleksi terkenal seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC) diperdagangkan dengan harga dasar 128 ETH atau sekitar USD 211.000, setara RP 3,3 miliar pada Mei 2022, sebelum turun lebih dari 60 persen bersama dengan koleksi NFT terkenal lainnya. 

Kemudian koleksi NFT CryptoPunks, juga turun 60,4 persen menjadi 45 ETH atau sekitar USD 72.727 setara Rp 1,1 miliar, dari level tertinggi sepanjang masa. 

Penurunan NFT Blockchain PolygonDi sisi lain, produksi NFT di blockchain Polygon turun ke level terendah dalam tujuh bulan sebesar USD 4,7 juta atau setara Rp 73,7 miliar pada September, turun dari level tertinggi tahunan sebesar USD 14,44 juta atau setara Rp 226,7 miliar pada Agustus. 

Produksi Polygon NFT naik 219 persen year-to-date, dari USD 1,47 juta pada Januari. Meskipun jumlahnya meningkat, Forkast POL NFT Composite turun lebih dari 46 persen year-to-date.

 

4 dari 4 halaman

Komite Inggris Serukan Aturan NFT Lebih Ketat

Sebelumnya diberitakan, sebuah komite Inggris yang terdiri dari anggota dari berbagai partai politik telah mendesak pemerintah untuk berkolaborasi dengan pasar Non Fungible Token (NFT) mengenai pelanggaran hak cipta dan praktik perlindungan konsumen.

"Kami merekomendasikan agar Pemerintah terlibat dengan pasar NFT untuk mengatasi skala pelanggaran dan memungkinkan pemegang hak cipta untuk menegakkan hak-hak mereka,” kata kelompok Komite tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (12/10/2023). 

Laporan tersebut juga merekomendasikan kode etik yang melindungi konsumen dan pencipta dari materi penipuan yang dijual di platform NFT. Komite lebih lanjut mendesak pemerintah untuk mengatasi prevalensi iklan yang menyesatkan dan menipu di bidang NFT. 

Komite menambahkan peraturan sepak bola di masa depan harus secara eksplisit mengecualikan penggunaan token penggemar, mengutip kekhawatiran tentang volatilitas harga dan sifat pendapatan kripto yang tidak berisiko untuk klub olahraga.

Indeks Forkast 500 NFT turun lebih dari 54 persen year-to-date di tengah pasar bearish yang sedang berlangsung, karena koleksi blue-chip Bored Ape Yacht Club kehilangan lebih dari 80 persen harga dasar dari harga puncaknya.

Penurunan Harga NFT

Penelitian terbaru mengungkap kenyataan yang mengejutkan. Sebagian besar NFT diperdagangkan dengan kapitalisasi pasar nol Ethereum (ETH), menjadikannya tidak berharga. 

Laporan terbaru dari spesialis dalam kripto dan blockchain, Vlad Hategan mengungkapkan yang terakhir menjadi fondasi teknologi NFT dibangun.Laporan tersebut, yang diperoleh dari analisis ekstensif terhadap lebih dari 73.000 koleksi NFT, mengungkap narasi serius yang sangat kontras dengan kisah kesepakatan jutaan dolar dan kesuksesan dalam semalam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini