Sukses

Grayscale Desak SEC untuk Setujui Permohonan ETF Bitcoin Spot

SEC mengatakan pekan lalu mereka sedang mempelajari keputusan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Grayscale Investments pada Selasa, 5 September 2023 mendesak Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk segera menyetujui pendaftaran ETF Bitcoin perusahaan, menyusul kemenangan pengadilan manajer aset kripto melawan agensi tersebut.

Panel yang terdiri dari tiga hakim di Pengadilan Banding Distrik Columbia di Washington pekan lalu memutuskan SEC salah karena menolak usulan ETF bitcoin Grayscale tanpa menjelaskan alasannya, dalam kasus yang telah diawasi dengan ketat oleh industri dan yang sempat meningkatkan tekanan, harga bitcoin turun hampir 7 persen pada saat itu.

Keputusan tersebut mengharuskan SEC untuk meninjau permohonan Grayscale, meskipun agensi tersebut masih memiliki waktu untuk mengajukan banding atas keputusan pengadilan tersebut. SEC mengatakan pekan lalu mereka sedang mempelajari keputusan tersebut.

“Kami harap Anda setuju bahwa penggunaan sumber daya terbaik saat ini adalah SEC mengeluarkan perintah yang menyetujui produk tersebut,” tulis firma hukum Grayscale, DavisPolk dalam sebuah surat yang diajukan ke SEC, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (7/9/2023). 

SEC Sempat Tolak Semua Permohonan ETF BItcoin

ETF bitcoin spot akan memberi investor eksposur terhadap mata uang kripto terbesar di dunia tanpa harus memilikinya. SEC telah menolak semua permohonan ETF bitcoin spot, dengan mengatakan pemohon belum menunjukkan bahwa mereka dapat melindungi investor dari manipulasi pasar.

Namun, mereka telah menyetujui ETF bitcoin berjangka berdasarkan pengaturan pengawasan pasar dengan Chicago Mercantile Exchange, tempat sebagian besar perdagangan berjangka bitcoin. Grayscale berpendapat bahwa pengaturan yang sama seharusnya memuaskan untuk ETF spotnya, karena kedua produk tersebut bergantung pada harga dasar bitcoin.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Sempat Tolak

Pengadilan banding memutuskan SEC secara sewenang-wenang menolak permohonan Grayscale karena tidak pernah menjelaskan mengapa kedua pengaturan tersebut berbeda secara material.

“Jika ada alasan lain yang bisa ditawarkan dalam upaya membedakan kedua jenis produk tersebut kami yakin hal itu akan muncul sekarang,” pungkas DavisPolk.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Jumlah Bitcoin yang Tersimpan di Bursa Kripto Turun ke Posisi Terendah Sejak 5 Tahun

Sebelumnya, jumlah bitcoin (BTC) yang disimpan di alamat yang terkait dengan bursa terpusat turun ke level terendah dalam lebih dari lima tahun, sebagian mencerminkan kecanggihan pasar yang berkembang.

Cadangan devisa turun 4 persen menjadi 2 juta BTC, senilai USD 54,5 miliar atau setara Rp 830,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.238 per dolar AS) bulan ini, paling sedikit sejak awal Januari 2018, menurut layanan analisis data on-chain CryptoQuant.

Penurunan ini mewakili perkembangan positif dan negatif, termasuk meningkatnya popularitas layanan seperti ClearLoop milik kustodian kripto Copper, yang memungkinkan pengguna untuk berdagang tanpa memindahkan dana ke bursa terpusat.

Kepala penelitian dan strategi di Matrixport, Markus Thielen mengatakan hal ini sebagian mencerminkan peningkatan permintaan untuk layanan seperti Copper Clearloop. 

“Seiring waktu, hal ini akan membuat pertukaran mata uang kripto menjadi kurang penting dan pertukaran mungkin harus menemukan model bisnis baru untuk menjaga profitabilitas tetap tinggi,” kata Thielen, dikutip dari CoinDesk, Selasa (5/9/2023).

Kurangnya Kepercayaan

Sejak bursa Sam Bankman-Fried, FTX, bangkrut pada November tahun lalu, investor semakin memilih untuk menyimpan koin di bursa terpusat. Dari apa yang kita ketahui sekarang, FTX, yang dulunya merupakan bursa terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume yang diperdagangkan, mencampurkan dana pengguna, sehingga mengurangi kepercayaan investor.

Laporan dana lindung nilai kripto global tahunan PricewaterhouseCoopers yang diterbitkan bulan lalu menunjukkan sebagian besar pelaku industri sekarang lebih memilih berbagai bentuk penyimpanan dengan hanya 9 persen responden meninggalkan koin secara eksklusif di bursa.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kepemilikan

Pembelian tersebut terjadi pada periode ketika harga Bitcoin merosot ke level terendah dalam dua bulan. Pemegang saham besar pertama kali melakukan investasi setelah 17 Agustus, ketika BTC anjlok lebih dari 10 persen hingga di bawah USD 26.000, harga terendah sejak Juni, menurut data IntoTheBlock.

Mereka juga meningkatkan kepemilikan awal pekan ini menyusul kemenangan pengadilan manajer aset Grayscale atas Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Pengadilan banding federal memerintahkan badan tersebut untuk mengosongkan dan meninjau penolakannya untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust senilai USD 14 miliar menjadi ETF bitcoin spot yang lebih diinginkan.

Para analis menafsirkan putusan pengadilan tersebut sebagai kemajuan penting menuju pencatatan ETF BTC pertama di AS, menjadikan mata uang kripto terbesar ini lebih mudah diakses oleh kelas investor baru. Namun, BTC telah menghapus semua keuntungan dari reli singkat yang dipicu oleh keputusan Grayscale dan turun kembali di bawah USD 26.000 pada Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini