Sukses

FTX Berusaha Jual Kepemilikan Kripto demi Bangkit dari Kebangkrutan

CEO FTX baru sedang mencoba untuk menjual, mempertaruhkan, dan melakukan lindung nilai terhadap kepemilikan kripto di bursa senilai USD 3 miliar

Liputan6.com, Jakarta - CEO baru pertukaran kripto yang bangkrut FTX, John J. Ray sedang mencoba menghidupkan kembali platform tersebut dengan menjual kepemilikan kripto-nya.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (4/9/2023), Ray sedang mencoba untuk menjual, mempertaruhkan, dan melakukan lindung nilai terhadap kepemilikan kripto di bursa senilai USD 3 miliar atau setara Rp 45,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.298 per dolar AS).

Pengacara FTX juga mengatakan dalam mosi yang diajukan pada Rabu mereka menjual aset tersebut dengan harapan memaksimalkan keuntungan bagi kreditor dan mempromosikan distribusi dana yang adil.

Dalam mosi terpisah, FTX meminta Galaxy Asset Management perusahaan aset digital yang dipimpin oleh bankir investasi Mike Novogratz  bertindak sebagai penasihat dalam proses tersebut. 

Galaxy mengungkapkan pada November mereka memiliki hampir USD 77 juta atau setara Rp 1,1 triliun uang tunai dan aset digital yang terikat di FTX. Seperti yang dilaporkan The Wall Street Journal pada akhir Juni perusahaan kripto yang gagal itu sekarang sedang mempertimbangkan untuk bangkit kembali.

Pengacara Sam Bankman-Fried Dapat Kunjungan Tak Terbatas

Pengacara Sam Bankman-Fried kini dapat mengunjunginya di penjara setiap hari, demikian keputusan pengadilan distrik AS. Pendiri FTX akan diadili mulai 2 Oktober atas berbagai tuduhan penipuan terkait dengan runtuhnya bursa mata uang kripto pada November 2022.

Setelah mendapat izin melalui perintah pengadilan, pengacara Bankman-Fried sekarang dapat memanfaatkan jam kunjungan resmi tanpa batas di Pusat Penahanan Metropolitan di New York tempat dia ditahan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Akses Dokumen Tertentu

Perintah pengadilan lainnya mengatakan pemerintah AS akan mengizinkan Bankman-Fried mengakses dokumen-dokumen tertentu terkait persidangannya yang akan datang. Dia juga sekarang diizinkan mengakses komputer yang mendukung internet.

Bankman-Fried dipenjara pada 11 Agustus karena marah-marah sebagai saksi. Hal ini menyusul penangkapan pertamanya di Bahama pada Desember 2022 atas tuduhan penipuan bernilai miliaran dolar terkait kegagalan bursa FTX. 

Dia menyatakan dirinya tidak bersalah dan mengaku tidak bersalah atas seluruh 13 dakwaan yang diajukan terhadapnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Robinhood Buyback Saham Pendiri FTX Sam Bankman-Fried yang Disita Senilai USD 606 Juta

Sebelumnya, Robinhood menyelesaikan pembelian kembali (buyback) USD 606 juta saham yang disita yang pernah berada di tangan pendiri FTX Sam Bankman-Fried.

Saham tersebut bernilai USD 450 juta ketika Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengambil alih pada Januari. Sebulan sebelumnya, Bankman-Fried ditangkap dan didakwa melakukan lebih dari selusin kejahatan terkait dengan runtuhnya pertukaran kripto FTX pada November lalu. Pendirinya telah mengaku tidak bersalah dan menunggu jadwal persidangan pada Oktober.

Robinhood mengatakan dalam pengajuan Kamis kalau mereka telah menggunakan uang tunai perusahaan di neracanya untuk buyback saham pendiri FTX.

Hakim Distrik Lewis Kaplan, yang memerintahkan kesepakatan dapat dilakukan dan mengawasi kasus penipuan kriminal Bankman-Fried, memutuskan bahwa DOJ dapat menolak tawaran Robinhood jika hal itu menguntungkan orang-orang yang terkait dengan dugaan kejahatan maestro kripto yang dipermalukan tersebut.

"Marshal Amerika Serikat, atau pihak yang ditunjuknya diberi wewenang untuk melakukan penjualan pribadi atas Saham Robinhood. Langkah tersebut adalah demi kepentingan terbaik para pemangku kepentingan terkai," kata Lewis Kaplan, dikutip dari laman Decrypt, Sabtu (2/9/2023).

Harga saham Robinhood naik sekitar 3 persen hari itu, saat tulisan ini dibuat, dan kapitalisasi pasarnya lebih dari USD 10 miliar. Chief Financial Officer Robinhood Jason Warnick mengatakan pada hari Jumat Robinhood senang telah menyelesaikan pembelian 7,6 persen saham Bankman-Fried.

Saham Robinhood sebelumnya melonjak setelah CEO perusahaan Vlad Tenev mengatakan dewan direksi telah menyetujui pembelian kembali pada Februari, naik sekitar 5 persen dalam perdagangan setelah jam kerja.

 

4 dari 4 halaman

Blockfi Ajukan Gugatan

Bankman-Fried dan salah satu pendiri FTX Gary Wang, yang telah mengaku bersalah atas kejahatan sehubungan dengan keruntuhan FTX, membeli saham Robinhood melalui perusahaan induk yang dijuluki Emergent Fidelity Technologies beberapa bulan sebelum bursa kripto tersebut runtuh.

Wang dan Bank-Fried meminta perusahaan saudara FTX, Alameda, untuk mendapatkan pinjaman USD 546 juta untuk akhirnya melakukan pembelian, menurut pengajuan pengadilan dari Desember lalu. Bankman-Fried dan kroninya dalam FTX telah dituduh memberikan pinjaman selangit dengan dana nasabah, di antara pelanggaran lainnya.

Tidak lama setelah FTX bangkrut, pemberi pinjaman kripto yang sudah tidak beroperasi, BlockFi, mengajukan gugatan terhadap Bankman-Fried dan mengatakan saham Robinhood dijaminkan berdasarkan ketentuan perjanjian yang dibuat November lalu.

Perintah Kaplan pada Rabu mencantumkan BlockFi sebagai perusahaan yang harus diberitahu jika kesepakatan dengan Robinhood gagal.

Pada Januari, pengacara Bankman-Fried mengajukan permintaan kepadanya untuk mempertahankan saham tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka diminta untuk membantu membiayai pembelaan pidananya. Perintah Kaplan untuk menyetujui penjualan menetapkan bahwa hasil bersih akan disimpan dalam dana simpanan aset yang disita DOJ.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini