Sukses

Kemenangan Grayscale Atas SEC Tingkatkan Perdagangan Pasar Kripto

Kemenangan Grayscale juga mendorong volume perdagangan Bitcoin meroket sebesar 44 persen

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan hukum Grayscale melawan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) terkait ETF Bitcoin meningkatkan perdagangan kripto, sentimen investor, dan pasar keuangan secara keseluruhan.

Kripto dan pasar saham terkait kripto yang lebih luas relatif menguat beberapa jam setelah kemenangan Grayscale melawan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) di Pengadilan Negeri Kolombia.

Pada 29 Agustus, hakim federal di Washington, secara efektif membatalkan keputusan SEC untuk memblokir peluncuran ETF Bitcoin olahraga Grayscale. Dengan kemenangan penting ini, komunitas kripto merasakan ETF Bitcoin pertama di AS akan segera terjadi, dan hal ini telah memicu dampak besar pada sentimen dan dinamika pasar.

Tak lama setelah pengumuman tersebut, volume perdagangan Bitcoin meroket sebesar 44 persen. Lebih dari 37,680 BTC ditarik dari bursa pada 29 Agustus, menunjukkan beberapa investor menguangkan keuntungan jangka pendek. Harga BTC juga sempat melonjak 5 persen tak lama setelah keputusan tersebut.

Kapan Bitcoin ETF Meluncur di AS?

Meskipun keputusan tersebut merupakan kemunduran bagi SEC, keputusan tersebut tidak secara otomatis memberi lampu hijau pada peluncuran ETF Bitcoin spot. Badan pengawas mengumumkan mereka sedang meninjau keputusan pengadilan, sementara Grayscale sedang memeriksa dengan cermat rincian pendapat tersebut.

CEO Grayscale Michael Sonnenshein menyatakan optimismenya tetapi mencatat perusahaan belum menerima komunikasi apa pun dari SEC. 

“Seharusnya tidak ada alasan lebih lanjut seperti yang diandalkan SEC untuk terus menolak produk jenis ini masuk ke pasar,” kata Sonnenshein dikutip dari Coinmarketcap, Jumat (1/9/2023). 

Momen penting dalam regulasi kripto ini bisa menjadi preseden, membuka pintu bagi instrumen keuangan serupa lainnya untuk mendapatkan penerimaan regulasi.

SEC belum memutuskan lima permohonan ETF lainnya yang tertunda, dan semuanya memiliki tenggat waktu sebelum Akhir Pekan Hari Buruh mendatang.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini