Sukses

Altcoin Perkasa di Tengah Harga Bitcoin Datar, Solana Bisa Dicermati Investor

Salah satu altcoin yang dapat dicermati investor dalam sepekan ke depan adalah Solana (SOL)

Liputan6.com, Jakarta Hampir satu bulan pergerakan harga Bitcoin, menariknya banyak Alternative Coin (Altcoin) atau kripto lain di luar Bitcoin mengalami kenaikan harga yang signifikan. 

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha mengatakan karena pergerakan Bitcoin sideways menyebabkan aliran transaksi mengarah ke altcoin. 

“Ini terbukti sebagian besar altcoin mengalami penguatan dalam tujuh hari terakhir seperti Apecoin (APE) naik 14,11 persen, Sushiswap (SUSHI) naik 9,86 persen menjadi hingga Solana yang naik sebesar 8,52 persen,” kata Panji, dalam diskusi Strategi Ketika Bitcoin Sideways, Selasa (15/8/2023).

Panji menuturkan ada rumus yang dapat digunakan investor dalam memprediksi kapan harga altcoin bisa menguat, yaitu dengan melihat Bitcoin Dominance atau dominasi Bitcoin dan pergerakan harga Bitcoin.

“Jika dominasi Bitcoin menurun dan harga Bitcoin stabil, maka harga Altcoin biasanya mengalami kenaikan, polanya umumnya seperti itu. Kondisi pasar saat ini dominasi Bitcoin menurun dan harga bitcoin stabil, maka banyak altcoin menguat,” tutur Panji. 

Salah satu altcoin yang dapat dicermati investor dalam sepekan ke depan adalah Solana (SOL). Panji mengungkapkan, SOL sedang bergerak up trend, secara proyek Solana jadi salah satu yang digadang-digadang sebagai pesaing Ethereum.

Secara use case atau kasus penggunaan, Solana juga sudah banyak digunakan, yang terbaru salah satunya dari google yang menjadi node validator di Solana,” ungkap Panji. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Bullish

Secara teknikal menurut Panji, harga SOL saat ini masih bisa dibeli karena masih berada peluang bullish selama bergerak di atas garis Moving Average 20 (MA 20). 

“Untuk stop loss berada di bawah MA 20, bisa disesuaikan dengan risk and reward dan level entry. Selama bergerak di atae MA 20 masih ada potensi bullish, level stop loss bisa dipasang di bawah MA 20,” ujar Panji.

Panji memperingatkan, trader harus mencermati jika harga turun di bawah level support maka ada kemungkinan harga akan turun menjadi lebih rendah lagi. 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Rabu, (16/8/2023). Mayoritas harga kripto hari ini jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu, 16 Agustus 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 0,85 persen dalam 24 jam dan 1,91 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 29.178 per koin atau setara Rp 446,9 juta (asumsi kurs Rp 15.317 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut melemah. ETH turun 0,97 persen sehari terakhir dan 1,62 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 27,96 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali memerah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 1,49 persen dan 3,52 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,62 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA merosot 3,11 persen dan 6,12 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 4.320 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali terpuruk. SOL ambles 5,31 persen dalam sehari dan 1,11 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 365.181 per koin.

XRP turut kembali anjlok mengikuti jejak kripto lainnya. XRP turun 3,88 persen dalam 24 jam dan 5,53 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.321 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Kripto Lainnya

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 5,25 persen, dan 5,59 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.085 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,16 triliun atau setara Rp 17.768 triliun. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini