Sukses

Bank di Rusia Sberbank Izinkan Pengguna Terbitkan NFT di Blockchain Perusahaan

Sberbank mengatakan ini adalah sesuatu yang baru bagi bank yang akan melakukan beberapa tes terlebih dahulu

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya permintaan untuk Non Fungible Token (NFT), membuat salah satu bank terbesar di Rusia, Sberbank, sekarang mengizinkan pengguna menerbitkan NFT di platform blockchain-nya. 

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Minggu (13/8/2023) Salah satu Eksekutif bank menyebut raksasa perbankan Rusia berencana untuk mulai bekerja sama dalam proyek dengan situs seni, galeri, dan organisasi olahraga yang berpotensi untuk rilis NFT yang terkait dengan permainan dan turnamen olahraga.

Berdasarkan laporan portal berita bisnis dan kripto terkemuka Rusia RBC, Sberbank mengatakan ini adalah sesuatu yang baru bagi bank yang akan melakukan beberapa tes terlebih dahulu. Pada tahap awal, layanan akan dibatasi karena kebutuhan untuk memoderasi konten.

Sberbank, bank Rusia terbesar berdasarkan aset, menciptakan platform blockchain setelah menerima otorisasi dari Bank Sentral Rusia untuk menerbitkan aset keuangan digital pada Maret tahun ini. 

Platform saat ini hanya terbuka untuk badan hukum, tetapi pada kuartal terakhir 2022, individu pribadi juga akan diberikan akses dan diizinkan untuk menerbitkan, membeli, dan menjual aset keuangan digital (DFA).

Sekitar sebulan kemudian, perusahaan diberi kesempatan untuk menerbitkan DFA yang mengesahkan klaim moneter, membeli aset yang diterbitkan di platform, dan juga melakukan transaksi lain dengan mereka, sebagaimana diizinkan oleh undang-undang Rusia saat ini. 

Undang-undang “Tentang Aset Keuangan Digital” mulai berlaku pada Januari 2021. Moscow Exchange sedang bersiap untuk mendaftarkan DFA pada akhir tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Regulasi Kripto

Meski terbatas, ada permintaan untuk NFT, mencatat Rusia telah berhasil menempatkan aset digital di platform asing. Dia juga menunjukkan peluncuran NFT menimbulkan banyak pertanyaan yang perlu dijawab, termasuk mengenai konten yang diwakili oleh token.

Regulasi Kripto di Rusia

Rusia belum mengatur cryptocurrency secara komprehensif karena undang-undang saat ini berlaku terutama untuk koin yang memiliki penerbit. Undang-undang baru "Tentang Mata Uang Digital" akan ditinjau di Duma Negara, majelis rendah parlemen, dalam beberapa bulan mendatang. 

Sementara sebagian besar lembaga pemerintah setuju rubel Rusia harus tetap menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah di negara itu, seruan telah meningkat untuk melegalkan penggunaan mata uang digital terdesentralisasi dalam perdagangan luar negeri.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 6 halaman

Pejabat Kemenkeu Rusia Minta Warganya Hindari Kripto: Cuma Cocok Buat Orang Kaya

Sebelumnya, Kepala Departemen Kebijakan Keuangan Kementerian Keuangan Rusia, Ivan Chebeskov, telah menyarankan warga Rusia untuk menghindari cryptocurrency di tengah minat terhadap mata uang asing menurun di negara tersebut. 

Aset berisiko tinggi ini tidak cocok untuk tabungan kebanyakan orang dan hanya masuk akal untuk investasi oleh orang kaya, menurut komentarnya.

“Kami pasti tidak ingin tabungan warga diarahkan ke mata uang digital,” kata Chebeskov dalam konferensi blockchain Keuangan Masa Depan Tantangan dan Peluang, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (27/7/2023).

Chebeskov yakin aset keuangan digital (DFA) yang diatur dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Ini biasanya token yang dikeluarkan pada platform blockchain yang dioperasikan oleh entitas berlisensi berdasarkan hukum Rusia. Bank of Russia berharap pasarnya tumbuh secara signifikan.

Perwakilan kementerian keuangan menambahkan aset seperti kripto masuk akal hanya untuk orang Rusia yang lebih kaya, bukan untuk orang dengan pendapatan dan tabungan rata-rata, dan kemudian hanya 10 hingga 15 persen dari modal yang tersedia untuk investasi.

Dari 13 juta orang di Rusia, ada sekitar 9 persen dari populasi, sekarang memegang cryptocurrency, menurut Anatoly Popov, wakil ketua Dewan Sberbank, bank terbesar Rusia. Popov, yang juga berbicara di konferensi tersebut, menyoroti setidaknya 1 juta dari mereka adalah pengguna aktif.

 

4 dari 6 halaman

Rusia Batalkan Rencana Dirikan Bursa Kripto Nasional

Sebelumnya, anggota parlemen Rusia telah memutuskan untuk mengakhiri rencana untuk menciptakan bursa cryptocurrency milik negara, sebagai gantinya merencanakan untuk menetapkan aturan dan peraturan untuk perusahaan yang sudah ada.

Colin Wu dari Wu Blockchain menyampaikan cerita di Twitter pada Senin, 29 Mei 2023. Dia menautkan terjemahan dari outlet berita Rusia yang menjelaskan fokus baru negara itu adalah mengizinkan perusahaan swasta membangun pertukaran kripto.

Menurut laporan berita media lokal, Direktur Departemen Kebijakan Keuangan Kementerian Keuangan untuk Federasi Rusia, Ivan Chebeskov mengatakan, Kementerian tidak mendukung pembentukan satu pertukaran kripto nasional. 

“Sebaliknya, idenya adalah untuk mengatur secara hukum kemungkinan pembuatan situs semacam itu oleh bisnis,” kata Chebeskov, dikutip dari Decrypt, Rabu (14/6/2023).

Kepala komite majelis rendah Rusia di pasar keuangan, Anatoly Aksakov menambahkan, alih-alih membuat satu pertukaran kripto nasional, Rusia direncanakan untuk menetapkan aturan untuk pendirian dan pengoperasian infrastruktur semacam itu.

Dia menambahkan pertukaran kripto akan diizinkan untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas, meskipun dia tidak menentukan yang mana, dan mengakui bahwa mereka mungkin akan menghadapi batasan baru.

Izvestia, media lokal Rusia yang menerbitkan cerita tersebut, melaporkan Bank Sentral mungkin akan mengatur pekerjaan platform ini, dan lembaga tersebut akan mengelola penyelesaian internasional dalam kerangka peraturan negara.

Otoritas Rusia telah menjalankan aturan yang belum jelas untuk aset digital selama bertahun-tahun. Awal tahun lalu, Bank Rusia mengusulkan larangan langsung pembayaran kripto, dan sebulan kemudian Kementerian Keuangan mengajukan proposal untuk peraturan Bitcoin. 

Belakangan, Presiden Rusia, Vladimir Putin menandatangani undang-undang untuk melarang pembayaran dalam aset digital, hanya agar negara tersebut menyelidiki stablecoin sebagai cara untuk menghindari sanksi.

 

5 dari 6 halaman

Uni Eropa Sebut Media Sosial Jadi Tempat Promosi Kripto Menyesatkan

Organisasi Konsumen Eropa (BEUC) dan sembilan organisasi anggotanya telah mengeluarkan peringatan keras kepada otoritas Eropa tentang promosi mata uang kripto yang menyesatkan di platform media sosial terkemuka.

Dalam laporan peringatan tersebut, Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok secara khusus disebut sebagai kombinasi jaringan media sosial, influencer, dan cryptocurrency sebagai "koktail beracun". 

Kelompok tersebut mengklaim kebijakan longgar jaringan itu "meragukan", dan penipu cenderung menargetkan remaja yang tidak menaruh curiga. Ini juga menekankan peran “influencer” yang membuat janji yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Dimulai dengan meme Dogecoin, laporan 20 halaman kelompok pengawas itu dengan tegas mengecam aset digital sebagai sangat berisiko dan rentan terhadap penipuan. 

Ini menguraikan efek aset digital terhadap konsumen, menawarkan data kuantitatif tentang penggunaannya di beberapa negara, serta bagaimana kripto influencer beroperasi.

BEUC adalah kelompok yang terdiri dari 45 organisasi konsumen independen yang tersebar di 31 negara. Menurut situs webnya, tujuannya adalah untuk mewakili lembaga-lembaga tersebut di Uni Eropa (UE) dan membela kepentingan konsumen. 

Di antara hal-hal yang menjadi perhatian grup adalah keberlanjutan, layanan keuangan, kesehatan, dan hubungan internasional.

 

 

6 dari 6 halaman

UU Dilanggar

Direktur Jenderal BEUC, Monique Goyens mengatakan dalam siaran pers sudah didokumentasikan dengan baik promosi kripto melibatkan penipuan dan praktik komersial yang tidak adil.

“Kripto akan segera diatur dengan Pasar baru dalam regulasi Aset Kripto, tetapi undang-undang ini tidak berlaku untuk perusahaan media sosial yang mendapat keuntungan dari iklan kripto dengan mengorbankan konsumen," kata Goyens, dikutip dari Decrypt, Senin (12/6/2023).

Menurut BEUC, undang-undang konsumen Uni Eropa telah dilanggar, dan meminta jaringan otoritas konsumen nasional Eropa (CPC-Network) untuk bertindak dan menegakkan kebijakan periklanan yang lebih ketat di platform ini.

Terlepas dari laporan pedas hari ini, pihak berwenang di Eropa telah bekerja untuk melawan penipuan kripto. Ironisnya, mereka menggunakan media sosial pada 2022 dengan kampanye pendidikan yang meningkatkan kesadaran investor tentang kelas aset.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.