Sukses

Harga Bitcoin Tiba-Tiba Melonjak ke Rp 456 Juta, Apa Penyebabnya?

Bitcoin mencapai ketinggian USD 30.177 sebelum dengan cepat jatuh tepat di atas USD 29.800. Cryptocurrency ini sekarang diperdagangkan pada kisaran yang sama dalam beberapa pekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin secara singkat meroket melewati USD 30.000 atau setara Rp 456,4 juta (asumsi kurs Rp 15.214 per dolar AS) pada Rabu, 10 Agustus 2023. Kripto terbesar di dunia ini mendekati level tertinggi sepanjang 2023.

Bitcoin mencapai ketinggian USD 30.177 sebelum dengan cepat jatuh tepat di atas USD 29.800. Cryptocurrency ini sekarang diperdagangkan pada kisaran yang sama dalam beberapa pekan terakhir. Dalam seminggu terakhir, Bitcoin naik hampir 2 persen.

Sejak saat itu, Bitcoin belum melewati batas tertinggi itu, tetapi telah mencapai stabilitas yang mengejutkan untuk aset yang biasanya mudah berubah. Harga Kripto tidak sejalan dengan pasar saham yang lebih luas, karena S&P 500 turun hampir 2 persen dan Nasdaq hampir 3 persen dalam jangka waktu yang sama.

Pemimpin penelitian Bitcoin di CoinShares, Chris Bendiksen mengatakan kenaikan harga Bitcoin sejauh ini hanya sekitar 3 persen dari posisi terendah baru-baru ini. 

"Itu bagus dalam profil volatilitas harian historisnya, jadi seharusnya tidak terlalu menarik,” kata Bendiksen, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (10/8/2023). 

Bendiksen menambahkan, untuk menghidupkan kembali kegembiraan yang tepat di pasar investor perlu melihat penembusan harga yang meyakinkan untuk Bitcoin di atas USD 32.000 atau setara Rp 486,8 juta, diikuti dengan periode harga bertahan yang lama di atas level tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Studi Menguak Potensi Penambangan Bitcoin Pakai Sumber Energi Murah, Bisa Kurangi Jejak Karbon

Sebelumnya, hasil studi dari KPMG menjelaskan bagaimana penambang bitcoin (BTC), bisa menggunakan sumber energi terbarukan yang murah seperti matahari dan angin. Ini berpotensi mengurangi jejak karbon dari hasil penambangan Bitcoin.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (8/8/2023), praktik ini menghasilkan pendapatan tambahan untuk mendukung lebih banyak proyek energi terbarukan di daerah terpencil. 

Beban komputasi bitcoin yang fleksibel juga dapat membantu menyeimbangkan jaringan listrik dengan memotong permintaan selama periode puncak.

Peneliti KPMG merinci bagaimana penambang bitcoin menggunakan sistem respons permintaan untuk membantu Texas selama badai musim dingin pada 2021.

Studi tersebut menekankan bahwa beberapa penambang sekarang mendaur ulang panas yang intens yang dihasilkan oleh alat penambangan bitcoin khusus untuk menghangatkan rumah, bangunan, dan rumah kaca. 

Proses ini mengubah panas yang terbuang menjadi energi panas yang bermanfaat, menggantikan bahan bakar pemanas yang lebih intensif karbon. 

Selain itu, KPMG menyoroti usaha seperti Crusoe Energy, yang menangkap gas alam yang menyala dari ladang minyak untuk menggerakkan pusat data penambangan bitcoin modular. 

Praktik ini mengurangi emisi metana, gas rumah kaca yang sangat kuat. Startup lain sedang menambang bitcoin di tempat pembuangan sampah, mengubah metana yang dilepaskan menjadi listrik yang berharga.

KPMG memperkirakan bahwa emisi gas suar dari produksi minyak AS dan Kanada saja dapat menopang seluruh jaringan bitcoin.

3 dari 3 halaman

Limbah Metana

Dengan TPA menyumbang lebih dari 14 persen emisi metana AS, memanfaatkan limbah metana ini untuk pertambangan dapat secara signifikan mengurangi jejak karbon dunia.

Untuk memanfaatkan strategi pengurangan emisi ini, KPMG merekomendasikan agar perusahaan penambangan bitcoin secara aktif bekerja sama dengan pengembang energi terbarukan, operator jaringan, produsen gas, dan pengelola TPA. 

Bergabung dengan grup industri yang mempromosikan praktik pengelolaan energi dan material juga dapat membantu penambang dalam mengadopsi teknologi yang lebih bersih. 

Sementara konsumsi energi yang signifikan dari penambangan bitcoin sering memicu kekhawatiran lingkungan, KPMG berpendapat bahwa dengan hati-hati menempatkan fasilitas di dekat aliran limbah energi dan terlibat dalam manajemen jaringan partisipatif dapat mengimbangi emisi terkait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.