Sukses

Kebijakan Baru, Google Play Store Izinkan Game Berbasis NFT

Pengembang harus menyatakan dengan jelas apakah sebuah game memungkinkan pengguna untuk mendapatkan atau membeli NFT atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta Google Play telah memperbarui kebijakannya untuk mengizinkan konten digital berbasis blockchain, termasuk token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) dan aset digital token lainnya, di App Store.

Langkah ini disebut sebagai tanggapan atas meningkatnya minat terhadap NFT dan pengalaman penggunanya yang unik.

Google bekerja sama dengan pembuat game web3 seperti Mythical Games untuk menghadirkan identitas game blockchain kepada massa.

“Senang berbagi bahwa kami memperbarui kebijakan kami untuk membuka cara baru untuk bertransaksi konten digital berbasis blockchain dalam aplikasi dan game di Google Play. Termasuk meningkatkan loyalitas pengguna melalui hadiah NFT yang unik," ujar Manajer Produk Google Play, Joseph Mills, dikutip dari Cointelegraph, Kamis (12/7/2023).

Sebelumnya, perusahaan game blockchain kesulitan mendistribusikan game mereka, dan kerap mengandalkan web terbuka untuk distribusi. Sebagai bagian dari kebijakan baru, pengembang harus transparan dengan pengguna tentang aset digital yang diberi token.

Menurut postingan tersebut, pengembang harus menyatakan dengan jelas apakah sebuah game memungkinkan pengguna untuk mendapatkan atau membeli NFT atau mata uang kripto.

Selain itu, pengembang game tidak diizinkan untuk mengagungkan potensi penghasilan apa pun dari aktivitas bermain atau berdagang, juga tidak boleh menjual kotak jarahan atau mengizinkan pemain untuk berjudi.

Google Play sendiri sempat melarang aplikasi penambangan crypto pada 2018 dan menghapus video game Bitcoin Blast karena praktik penipuan pada 2020.

Melalui kebijakan baru ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan bermain yang setara bagi pengembang dan mempromosikan kepercayaan pengguna dan penggunaan teknologi blockchain yang bertanggung jawab.

Google Play akan menerapkan kebijakan untuk semua developer di platformnya akhir tahun ini. Google Play juga mengindikasikan bahwa mereka menetapkan pedoman ini bekerja sama dengan para pemimpin game Web3 dan akan terus terlibat dengan developer untuk memahami tantangan dan peluang ke depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Platform Ini Sediakan Fitur Pinjaman dengan Jaminan NFT dan Jam Tangan Mewah

Teknologi Blockchain telah banyak mengubah cara orang berinteraksi. Tetapi beberapa inovator berharap untuk mendorong batas teknologi ini lebih jauh lagi. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (12/7/2023), tren inovasi terbaru saat ini adalah blockchain dapat mengubah dunia menjadi satu pegadaian raksasa. Arcade.xyz, protokol DeFi untuk pinjaman NFT, telah mulai memfasilitasi pinjaman antara orang asing yang menggunakan jam tangan mewah sebagai jaminan, dan menggunakan NFT untuk menjamin persyaratan pinjaman tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir, pengguna Arkade telah meminjamkan tiga Rolex kepada pemberi pinjaman anonim untuk mendapatkan uang tunai. Mengaktifkan perdagangan aset fisik bernilai tinggi untuk uang tunai antara alamat online adalah lacak balak yang melibatkan pihak ketiga dan NFT. 

Peminjam mengirimkan jam tangan mereka ke 4K, protokol eskro on-chain, dan menerima NFT yang mewakili kepemilikan jam tangan sebagai gantinya. Peminjam kemudian mencantumkan NFT tersebut di Arkade, menunggu penawaran pinjaman terbaik.

Setelah peminjam dan pemberi pinjaman dicocokkan di Arkade, NFT yang mewakili jam tangan dikirim ke dompet escrow. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali arloji dari 4K adalah dengan membakar NFT pada akhir durasi pinjaman. 

Itu akan dikembalikan ke peminjam setelah pinjaman dilunasi, atau diserahkan kepada pemberi pinjaman jika peminjam menghilang.

Hebatnya, seluruh proses pinjaman dapat dilakukan tanpa salah satu pihak mengetahui identitas pihak lain manfaat yang menurut kepemimpinan Arcade dapat sangat meningkatkan kumpulan calon peminjam dan pemberi pinjaman global yang ingin memanfaatkan item fisik.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Google Play

Video Terkini