Sukses

Terbongkar, Robert Kennedy Jr Simpan Bitcoin Setara Rp 3,78 Miliar

Pernyataan Robert F.Kennedy Jr dalam pidato pada saat konferensi bitcoin terbesar di dunia bertentangan dengan pernyataan publik bukan seorang investor.

Liputan6.com, Jakarta - Robert F. Kennedy Jr., seorang kandidat presiden dari Partai Demokrat dikabarkan memiliki aset bitcoin senilai USD 250.000 atau sekitar Rp 3,78 miliar (asumsi kurs Rp 15.129 per dolar AS). 

Asal tahu saja, ia sempat berdiri di konferensi bitcoin terbesar dunia di Miami pada Mei dan mengatakan kepada orang banyak, ia bukan investor kripto. Namun, apa yang tidak diberitahukan Kennedy kepada orang banyak adalah bahwa keluarganya telah berinvestasi dalam bitcoin baru-baru ini, menurut formulir pengungkapan keuangan yang dia ajukan pada 30 Juni.

Melansir CNBC, Minggu (8/7/2023), Manajer kampanye Kennedy, Dennis Kucinich mengatakan pembelian bitcoin dilakukan setelah pidato di Miami dan sebelum batas waktu pengajuan 30 Juni. Hal itu bertentangan dengan pernyataan publiknya bahwa dia bukan seorang investor.

Pengungkapan baru-baru ini menambah lapisan kerumitan yang tidak terduga pada narasi Kennedy. Selama konferensi Bitcoin terkenal yang diadakan awal tahun ini di Miami, dia dengan tegas menyatakan, "Saya bukan investor, dan saya di sini bukan untuk memberikan saran investasi,".

Namun, catatan keuangan yang baru ditemukan ini memberikan gambaran yang berbeda sama sekali, membuat publik mempertanyakan sifat sebenarnya dari keterlibatan Robert F. Kennedy Jr  dengan mata uang digital paling terkenal di dunia.

Menyusul kabar tersebut, Tim kampanye Kennedy menyatakan, “investasi itu bukan miliknya, tetapi milik istrinya. Dia tidak terlibat dalam keputusan investasinya,”. Namun, seorang perwakilan kampanye mengirim pernyataan baru pada Jumat dan mengatakan bahwa investasi bitcoin memang milik Kennedy.

"Saya salah dalam komunikasi terakhir saya. Tuan Kennedy memang memegang investasi bitcoin, tetapi itu datang kemudian. Pada saat pidato bitcoin dia tidak memiliki kepemilikan cryptocurrency,” kata perwakilan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Janji Robert F.Kennedy Junior

Sebelum kampanye Kennedy berkomentar, CREW's Canter mengatakan kepemilikan tersebut pasti berlaku pada 30 Juni, ketika dia mengajukan pengungkapannya.

"Di bawah analisis konflik kepentingan tradisional, kepentingan keuangan Hines dikaitkan dengannya,” kata Canter.

“Saya sangat prihatin dia berbicara di konferensi ini, menggembar-gemborkan investasi ini kepada calon pemilih sementara keluarganya memiliki sejarah memiliki bitcoin. Sepertinya dia bisa melakukan hal yang sama untuk Procter and Gamble,” tambahnya.

“Tidak ada perbedaan dalam pikiran saya dari perspektif konflik.”

Sebelumnya, Robert F. Kennedy Jr berjanji akan melindungi hak masyarakat untuk berinvestasi bitcoin jika dia terpilih sebagai presiden. Pemerintahan Presiden Joe Biden sendiri telah melakukan perlawanan agresif terkait cryptocurrency. Ketua Komisi Sekuritas dan Pertukaran Gary Gensler mengatakan kepada CNBC pada Juni/

“Kami tidak membutuhkan lebih banyak mata uang digital” setelah SEC menggugat pertukaran crypto Coinbase karena diduga bertindak sebagai broker dan pertukaran yang tidak terdaftar,".

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Bitcoin Sentuh Level Tertinggi 13 Bulan di Tengah Permintaan Investor Institusional

Sebelumnya, Bitcoin menyentuh level tertinggi 13 bulan pada Kamis, 6 Juli 2023 karena besarnya permintaan bitcoin institusional semakin besar menyusul komentar dari CEO BlackRock Larry Fink.

Dilansir dari CNBC, Jumat (7/7/2023), cryptocurrency terbesar itu sempat naik menjadi sekitar USD 31.450 atau setara Rp 477,9 juta (asumsi kurs Rp 15.196 per dolar AS), mencapai level tertinggi sejak Juni 2022. Setelah data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan meningkatkan kekhawatiran investor tentang jalur suku bunga.

Pergerakan sebelumnya berbeda dengan harga saham yang lebih lemah dan hasil yang meningkat  hasil pada catatan Treasury AS 10 tahun kemudian naik di atas 4 persen ke level tertinggi 16 tahun. 

Selain itu, risalah pertemuan Juni Federal Reserve, yang dirilis Rabu, menunjukkan sebagian besar pejabat akan mendukung lebih banyak kenaikan suku bunga ke depan. Likuiditas cryptocurrency telah rendah selama beberapa bulan, terus melebih-lebihkan pergerakan naik dan turun.

Sentimen Komentar CEO BlackRock

CEO BlackRock, Larry Fink memberi bitcoin dukungan terbesarnya dari pemain institusional utama. Berbicara di Fox Business News pada Rabu, Fink menyebut bitcoin sebagai aset internasional dan mengatakan itu tidak didasarkan pada satu mata uang apapun sehingga dapat mewakili aset yang dapat dimainkan orang sebagai alternatif.

Bitcoin terus naik sejak 15 Juni, ketika BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, pertama kali mengajukan peluncuran ETF bitcoin spot. 

Jumlah koin yang dipegang oleh institusi melalui perwalian, ETF, dan dana telah melonjak sejak saat itu, mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun, menurut CryptoQuant, dan minat terbuka bitcoin kembali ke level sebelum runtuhnya FTX.

 

4 dari 5 halaman

Harga Bitcoin Sentuh Level Tertinggi Sejak Juni 2022

Bitcoin membukukan harga tertinggi dalam lebih dari setahun pada Selasa, 4 Juli 2023 di tengah berita BlackRock mengajukan ulang aplikasinya untuk ETF Bitcoin spot.

Dilansir dari Decrypt, Rabu (5/7/2023), koin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar diperdagangkan pada USD 31.250 atau setara Rp 469,1 juta (asumsi kurs Rp 15.013 per dolar AS), menurut data CoinGecko. Ini mewakili keuntungan sebesar 2,4 persen selama beberapa hari terakhir dan harga tertinggi Bitcoin sejak Juni tahun lalu.

Selama setahun terakhir, Bitcoin telah meningkat 62 persen, melewati banyak krisis seperti runtuhnya pertukaran cryptocurrency FTX dan ledakan bersejarah beberapa bank regional, yang akhirnya berakhir di zona hijau.

Juni tahun lalu adalah salah satu bulan terburuk Bitcoin sejak 2011, turun hingga USD 19.000 atau setara Rp 285,2 juta dari sekitar USD 30.000 atau setara Rp 450,3 juta. 

Pada saat itu, inflasi di AS memuncak pada level tertinggi empat dekade sebesar 9,1 persen, dan Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin, kenaikan terbesar dalam 28 tahun.

 

 

5 dari 5 halaman

BlackRock Bangun ETF Bitcoin

Sekarang, para ahli mengatakan langkah awal BlackRock untuk membangun ETF Bitcoin tempat pertama di Amerika dipandang sebagai ciri khas adopsi institusional untuk kripto. Selain memperkuat reputasi Bitcoin sebagai aset baru, ETF spot dari BlackRock akan memudahkan institusi untuk mendapatkan eksposur ke koin tertua kripto.

Sementara itu, Ethereum naik 2,9 persen selama beberapa hari terakhir di USD 1.969 atau setar Rp 29,5 juta pada waktu yang sama. Meskipun ini bukan harga tertinggi Ethereum selama lebih dari setahun koin tersebut sempat naik di atas USD 2.100 atau setara Rp 31,5 juta pada April. Ethereum telah melonjak lebih dari 85 persen dalam 12 bulan terakhir.

Bitcoin dan Ethereum membentuk lebih dari 65 persen dari total pasar kripto, dan beberapa altcoin menghadapi tekanan setelah tindakan penegakan hukum dari Securities and Exchange Commission (SEC).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini