Sukses

Daftar Kripto Termasuk Sekuritas Masuk di Gugatan Binance

SEC menyebut para tergugat telah meminta investor AS untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan sekuritas aset kripto.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) telah mengklaim 12 token kripto adalah sekuritas dalam gugatannya yang diajukan Senin, 5 Juni 2023 terhadap pertukaran kripto Binance dan CEO-nya, Changpeng Zhao (CZ). 

Gugatan itu juga menyebut Bam Trading Services, yang mengoperasikan platform perdagangan kripto Binance US, dan perusahaan induknya Bam Management US Holdings sebagai tergugat. Menurut gugatan tersebut, Zhao memiliki 81 persen saham Bam Management.

SEC menyebut para tergugat telah secara tidak sah meminta investor AS untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan sekuritas aset kripto melalui platform perdagangan tidak terdaftar yang tersedia secara online di Binance.com dan Binance US.

Regulator menambahkan sejak platform Binance diluncurkan, para tergugat telah menyediakan untuk memperdagangkan aset kripto mereka yang ditawarkan dan dijual sebagai kontrak investasi, dan dengan demikian sebagai sekuritas.

“Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, BNB, BUSD, dan unit dari masing-masing sekuritas aset kripto yang dijelaskan lebih lanjut di  dengan simbol perdagangan SOL, ADA, MATIC, FIL, ATOM, SAND, MANA, ALGO, AXS, dan COTI,” kata gugatan SEC, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (10/6/2023).

Memperhatikan Binance.com mencantumkan lebih dari 350 token kripto, gugatan lebih lanjut menyatakan platform Binance telah menyediakan untuk memperdagangkan aset kripto yang telah menjadi subjek tindakan penegakan SEC sebelumnya berdasarkan status mereka sebagai sekuritas aset kripto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekuritas Masuk

SEC sebelumnya mengklaim bahwa beberapa token kripto lainnya adalah sekuritas, termasuk DASH, TKN, NGC, dan OMG, sebagaimana dinyatakan dalam gugatannya terhadap Bittrex. 

Selain itu, pengawas masih terlibat dalam gugatan yang sedang berlangsung dengan Ripple Labs atas XRP. 

Regulator lain juga mengklaim bahwa beberapa token kripto adalah sekuritas, termasuk Jaksa Agung New York Letitia James yang menyatakan dalam gugatan yang diajukan terhadap pertukaran kripto Coinex pada bulan Februari bahwa AMP, LUNA, LBC, dan RLY adalah sekuritas.

3 dari 4 halaman

Pengacara Binance Ungkap Ketua SEC Pernah Tawarkan Diri Jadi Penasihat di Binance

Ketua SEC Gary Gensler, yang berada di tengah-tengah tindakan keras besar-besaran terhadap perusahaan kripto belakangan ini, terungkap sempat menawarkan untuk menjadi penasihat perusahaan induk Binance pada 2019, menurut pengacara Binance dan pendiri Changpeng Zhao.

Dilansir dari CNBC, Jumat (9/6/2023), dokumen yang diajukan oleh SEC pada Rabu menunjukkan pengacara dari Gibson Dunn dan Latham dan Watkins, dua firma hukum Binance, menuduh Gensler menawarkan untuk menjadi penasihat pertukaran kripto.

Hal itu terjadi dalam beberapa percakapan pada Maret 2019 dengan eksekutif Binance dan Zhao. Dia akhirnya bertemu Zhao di Jepang untuk makan siang akhir bulan itu, klaim pengarsipan.

Pada saat itu, Gensler sedang mengajar di Sekolah Manajemen Sloan Massachusetts Institute of Technology. Dia ditunjuk sebagai kepala SEC pada 2021 oleh Presiden Biden, dan selama setahun terakhir telah menjatuhkan keras pada industri kripto, menggugat banyak perusahaan karena diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

 

 

4 dari 4 halaman

13 Dakwaan

Awal pekan ini, SEC mengajukan 13 dakwaan terhadap Binance dan Zhao, menuduh perusahaan gagal mendaftar sebagai bursa dan broker-dealer, mencampur dana secara tidak benar dan tidak memiliki kontrol internal yang kritis atas bisnisnya.

Menurut pengacaranya, sebelum Gensler mulai mengejar Binance, dia mencoba menyesuaikan diri dengan perusahaan, kata para pengacara.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan hubungan Gensler dan Binance, mengutip pesan internal Binance dan seseorang yang dekat dengan ketua SEC. Keduanya menyarankan agar Binance mendekati Gensler.

Dalam pengajuan terbaru, pengacara Gibson dan Latham mengatakan Zhao terus berhubungan dengan Gensler setelah pertemuan Maret. Atas permintaan ketua SEC di masa depan, Zhao duduk untuk wawancara dengan Gensler sebagai bagian dari kursus cryptocurrency yang diajarkan di MIT.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini