Sukses

Intip Kinerja Kripto ApeCoin Hari ini 30 Mei 2023, Melemah atau Menguat?

ApeCoin adalah proyek terdesentralisasi yang terinspirasi oleh proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Labs

Liputan6.com, Jakarta - ApeCoin adalah cryptocurrency asli dari ekosistem Bored Ape Yacht Club (BAYC). Kripto Ini dirancang untuk menjadi lapisan protokol terdesentralisasi ApeCoin untuk berbagai inisiatif yang seharusnya dipimpin oleh komunitas.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (30/5/2023), harga ApeCoin adalah Rp 48.090 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 602,9 miliar.

ApeCoin harus alami pelemahan 2,60 persen dalam 24 jam terakhir. ApeCoin memiliki kapitalisasi pasar Rp 17,7 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 306,8 juta ApeCoin dari maksimal 1 miliar ApeCoin.

ApeCoin dibangun di atas standar token ERC-20 Ethereum. Kripto ini diperdagangkan di beberapa bursa terbesar, seperti Binance, Huobi, KuCoin, Bybit, Kraken, dan sebagainya.

ApeCoin adalah proyek terdesentralisasi yang terinspirasi oleh proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Labs. ApeCoin didirikan untuk digunakan dalam Ekosistem APE yang sedang berkembang, yang didukung oleh APE Foundation. 

DAO ApeCoin bertujuan untuk membangun dan memelihara Ekosistem APE dengan cara yang adil dan inklusif, menyediakan infrastruktur bagi pemegang ApeCoin untuk berkolaborasi melalui proses tata kelola yang terbuka dan tanpa izin.

ApeCoin adalah token tata kelola Ekosistem APE, yang memungkinkan pemegang token untuk berpartisipasi dalam ApeCoin DAO dan memberi pesertanya mata uang bersama dan terbuka yang dapat digunakan tanpa perantara terpusat. 

Sebanyak 62 persen dari semua ApeCoin dialokasikan ke Dana Ekosistem, yang akan mendukung inisiatif berbasis komunitas yang dipilih oleh anggota DAO ApeCoin.

ApeCoin juga memberikan akses ke bagian tertentu dari Ekosistem yang tidak tersedia, seperti game dan layanan eksklusif. Untuk pengembang pihak ketiga, ApeCoin adalah alat untuk berpartisipasi dalam ekosistem dengan memasukkan ApeCoin ke dalam layanan, game, dan proyek lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menteri Keuangan Pakistan Enggan Legalkan Kripto

Sebelumnya, Pemerintah Pakistan tetap tegas menentang cryptocurrency, meskipun pengguna ritel beralih ke aset digital untuk mengurangi devaluasi rupee Pakistan di tengah kekacauan politik. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin  (30/5/2023). menteri Negara untuk Keuangan dan Pendapatan Pakistan, Aisha Ghaus Pasha menyatakan cryptocurrency “tidak akan pernah dilegalkan” di Pakistan, mengutip ketentuan yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) untuk menjaga negara.

Pasha menginstruksikan Bank Negara Pakistan dan Kementerian Teknologi Informasi untuk mulai bekerja melarang cryptocurrency. Bank-bank di Pakistan telah memperingatkan pelanggan untuk tidak terlibat dalam perdagangan cryptocurrency, meskipun aset digital semakin populer di negara tersebut.

Ketidakstabilan politik di Pakistan, termasuk penangkapan dan pembebasan mantan Perdana Menteri Imran Khan, telah berkontribusi pada lingkungan yang tegang. 

Di tengah kekhawatiran default berdaulat dan akses terbatas ke dolar AS fisik karena pembatasan impor, pengguna ritel Pakistan mengubah gaji mereka menjadi stablecoin untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas ekonomi lebih lanjut. 

Volume perdagangan tahunan untuk dompet yang berbasis di Pakistan telah meningkat menjadi USD 25 miliar atau setara Rp 373,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.951 per dolar AS), yang mencerminkan meningkatnya permintaan mata uang kripto.

Saat Pakistan menghadapi tantangan politik dan ekonomi, sikap pemerintah terhadap cryptocurrency bertentangan dengan minat negara tersebut terhadap aset digital dan akan membentuk masa depan adopsi mereka di negara tersebut.

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Kripto Berbasis AI Anjlok Rp 16,4 Triliun, Kenapa?

Sebelumnya, pada awal 2023 meningkatnya produk yang menggabungkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) melihat peningkatan signifikan dan ini masuk ke industri kripto. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (29/5/2023), tren AI meresap ke dalam lingkup cryptocurrency, menghasilkan hingga 74 token yang berpusat pada AI dengan total kapitalisasi pasar keseluruhan sebesar USD 4,03 miliar atau setara Rp 60,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.955 per dolar AS) pada akhir Februari 2023. 

Pada puncaknya, pasar kripto berbasis AI mencatat volume perdagangan 24 jam senilai USD 444,39 juta atau setara Rp 6,6 triliun pada 27 Februari 2023.

Saat ini, volume perdagangan dan valuasi pasar dalam sektor AI kripto telah menurun secara signifikan. Data dari cryptostate mengungkapkan total 89 aset ktipyo yang terkait dengan AI saat ini bernilai USD 2,93 miliar atau setara Rp 43,8 triliun.

Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar kripto berbasis AI telah kehilangan nilai sekitar USD 1,1 miliar atau setara Rp 16,4 triliun dalam 90 hari terakhir. 

Kripto AI terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, grafik (GRT Coin), kehilangan 12,27 persen. Singularitynet (AGIX), peringkat kedua dalam hal kapitalisasi pasar di antara AI kripto, kehilangan 8,25 persen terhadap dolar AS selama periode ini.

Selain itu, protokol OCEAN mengalami penurunan 3,66 persen terhadap dolar AS, sementara FET mengalami kerugian paling signifikan di antara lima mata uang AI teratas dalam sebulan terakhir, turun 22,84 persen. 

Adapun iexec rlc (RLC), koin AI terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami kerugian minimal hanya 0,05 persen dalam 30 hari terakhir.

4 dari 4 halaman

Apa Itu AOA Coin, Kripto Milik Jaringan Blokchain Aurora Chain

Sebelumnya, Aurora Chain (AOA) memegang misi untuk menciptakan dunia blockchain yang cerah dan penuh warna dengan kontrak kerja cepat yang memfasilitasi pengembangan AOA Coin. Aurora Chain juga mempermudah pengembangan aplikasi yang di blockchain. 

Dilansir dari situs Tokocrypto, Tim di balik Aurora Chain berusaha untuk mengizinkan bisnis dari industri yang berbeda untuk bekerja sama menggunakan distribusi pasokan tetap dari mata uang dasar AOA sebagai sarana untuk memastikan kecepatan dan fungsionalitas mekanisme konsensus. 

Aurora Chain memiliki kripto utilitasnya sendiri yaitu AOA Coin, AOA Coin adalah aset kripto P2P yang dikembangkan di Islandia. Banyak pegiat kripto yang tidak bisa membeli Bitcoin akhirnya beralih membeli aset kripto ini sebagai alternatif investasi. 

Pendiri AOA Coin

Aset kripto satu ini telah muncul sejak 2014 lalu dan diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran Baldur Friggjar Insson atau Odinson dan hadir sebagai alternatif di Islandia untuk Bitcoin. 

Melalui database di Islandia, tercatat sang pencipta aset kripto ini sudah mendistribusikan AOA Coin untuk 330.000 orang. Kemudian pada 2021 lalu, aset kripto ini berada di peringkat ke-738 sebagai salah satu aset kripto yang jumlahnya sudah mencapai ribuan.

Sama halnya dengan Bitcoin dan Ethereum, Aurora Chain juga menawarkan teknologi yang canggih dan pintar. Aurora Chain sendiri memiliki sebuah slogan dan misi untuk membangun dunia blockchain yang indah serta penuh warna layaknya aurora. 

Agar Aurora chain bisa meraih misi tersebut, mereka membuat rangkaian solusi untuk memecahkan masalah blockchain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini