Sukses

Di tengah Krisis Perbankan, Anggota Parlemen Eropa Serukan Larangan Kripto

Pernyataan Overtveldt tentang cryptocurrency menyusul runtuhnya tiga bank AS.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Parlemen Eropa, Johan Van Overtveldt, bersikeras pemerintah harus melarang cryptocurrency seperti bitcoin. Seruannya datang di tengah krisis yang dipicu oleh kegagalan beberapa lembaga perbankan, termasuk dua bank ramah kripto di AS.

“Pelajaran lain yang bisa dipetik dari gejolak perbankan saat ini. Terapkan larangan ketat pada cryptocurrency,” kata Overtveldt, yang sebelumnya memuji teknologi blockchain, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (20/3/2023). 

Overtveldt menambahkan, kripto mengandung racun spekulatif dan tidak ada nilai tambah ekonomi atau sosial. 

“Jika pemerintah melarang narkoba, maka pemerintah juga harus melarang kripto,” lanjut Overtveldt.

Van Overtveldt adalah jurnalis dan politisi Belgia dari partai New Flemish Alliance , yang menjabat sebagai menteri keuangan negaranya antara 2014 dan 2018, di pemerintahan Perdana Menteri Charles Michel.

Dia terpilih menjadi anggota Parlemen Eropa pada 2019 di mana dia telah mengetuai Komite Anggaran dan mewakili kelompok Konservatif dan Reformis Eropa (ECR) di Komite Urusan Ekonomi dan Moneter (ECON).

Pernyataan Overtveldt tentang cryptocurrency menyusul runtuhnya tiga bank AS, dua di antaranya terlibat dalam industri kripto, Silvergate Bank dan Silicon Valley Bank. Konsekuensi dari kegagalan ini mencapai Eropa, memengaruhi Credit Suisse, bank investasi besar di Benua Lama.

Eropa sendiri belum secara komprehensif mengatur ekonomi kripto dengan memberlakukan paket regulasi yang disebut Markets in Crypto Assets (MiCA). Institusi UE dan negara anggota menyetujui proposal tersebut musim panas lalu. Ini memperkenalkan aturan untuk penyedia layanan kripto di seluruh blok beranggotakan 27 orang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kripto Berkembang di Vietnam, Investor Sentuh 16,6 Juta

Data terbaru mengungkapkan sekitar 17 persen populasi Vietnam telah ikut serta dalam tren cryptocurrency.

Melansir Cryptopotato, Minggu (19/3/2023), berdasarkan laporan pasar kripto Vietnam 2022, terdapat 16,6 juta orang memiliki mata uang digital Vietnam dengan bitcoin sebagai aset paling populer.

Riset lain yang dilakukan oleh Chainalysis menempatkan negara Asia tersebut sebagai pemimpin adopsi cryptocurrency dunia, dengan skor 1.000.

Studi tersebut, yang dilaporkan oleh outlet media lokal, memperkirakan 16,6 juta orang Vietnam telah membeli cryptocurrency (sekitar 17 persen dari populasi negara). Lalu, 31 persen dari mereka telah berinvestasi dalam bitcoin, menjadikannya aset digital yang paling disukai.

Penelitian tersebut menetapkan Thailand adalah satu-satunya negara dengan lebih banyak HODLers daripada Vietnam di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Selain memiliki banyak investor kripto, Vietnam juga merupakan rumah bagi beberapa proyek blockchain yang terutama berfokus pada GameFi (Game Finance), NFT, atau Web3.

Vietnam telah mendirikan tujuh dari 200 organisasi blockchain teratas secara global, dengan Axie Infinity, Coin98, dan Kyber Network menjadi beberapa contohnya.  

Selain itu, Axie Infinity adalah salah satu game berbasis blockchain paling populer, mencapai puncak hampir tiga juta pengguna pada awal 2022. Basis pengguna turun di bawah satu juta pada bulan-bulan berikutnya sebelum meningkat lagi pada awal 2023.

Game ini mengalami pukulan balik yang parah pada Maret tahun lalu setelah kolektif peretasan Korea Utara Grup Lazarus menguras mata uang digital senilai lebih dari USD 600 juta atau Rp 9,21 triliun (asumsi kurs Rp 15.363 per dolar AS) dari Ronin Network, terhubung dengan sidechain Ethereum yang menggerakkan Axie Infinity. Lalu, proyek pun meningkatkan kebijakan keamanannya dan memulai kembali operasinya tiga bulan kemudian.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.