Sukses

Harga Kripto Melonjak, Sentimen Positif Semakin Kuat

Berita kebangkrutan bank-bank besar tersebut berdampak efek domino di pasar kripto pada pekan lalu

Liputan6.com, Jakarta Pasar aset kripto mengalami lonjakan kenaikan selama selama seminggu terakhir dengan persentase kenaikan sebesar 15,8 persen pada Jumat, 17 Maret 2023. 

Pada akhir pekan lalu, Bitcoin (BTC) ditutup dengan penurunan yang dalam diakibatkan berita kebangkrutan bank ternama di Amerika Serikat, seperti Silvergate, Silicon Valley Bank, dan Signature Bank.

Tim riset Tokocrypto mengungkapkan dalam analisis hariannya, berita kebangkrutan bank-bank besar tersebut berdampak efek domino di pasar kripto pada pekan lalu. Namun pada Jumat ini, pasar kripto mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada kripto di Top 10 Market Cap berdasarkan TradingView. 

“Bitcoin (BTC) misalnya naik sebesar 5,16 persen, Ethereum (ETH) naik 2,25 persen, Binance Coin (BNB) 9.91 persen dan Dogecoin (DOGE) naik 6,48 persen. Altcoin juga mengikuti jejak BTC yang mengalami penguatan,” kata tim riset, Jumat (17/3/2023).

Tim riset menambahkan, pekan ini diramaikan oleh beberapa kabar yang cukup kuat berdampak kepada market kripto. Pada tanggal 10 Maret 2023, Silicon Valley Bank (SVB) menutup operasional bank mereka diakibatkan bank run yang terjadi sehingga berefek pada harga stablecoin USDC terlepas dari 1:1 dengan USD. 

Hal ini bisa terjadi karena cadangan dana Circle disimpan di Silicon Valley Bank sebesar USD 3.3 miliar atau setara Rp 50,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.375 per dolar AS) dari USD 40 miliar atau setara Rp 615 triliun yang tidak dapat diproses oleh SVB. 

Total kapitalisasi pasar kripto juga mengalami penguatan sebesar 18,6 persen dengan titik terendah sebesar USD 932 miliar atau setara Rp 14.325 triliun pada 11 Maret 2023 dan USD 1,1 triliun atau setara Rp 16.907 triliun pada 17 Maret 2023. Serta dominasi kapitalisasi Bitcoin sebesar 44,7 persen.

Untuk sentimen pasar kripto saat ini berada pada posisi netral dengan kecenderungan Greed. Ini merupakan waktu yang tepat untuk memulai trading scalping atau swing trading dikarenakan pasar sedang dalam kondisi yang netral. 

“Namun, perlu diperhatikan sewaktu-waktu hal ini dapat berubah dan penting untuk melakukan riset sebelum mengambil keputusan investasi atau trading,” pungkas tim riset.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.