Sukses

Intip Kinerja Kripto AXS Coin Hari Ini 6 Desember 2022 Usai Menguat 17 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Axie Infinity adalah permainan perdagangan dan pertarungan berbasis blockchain yang sebagian dimiliki dan dioperasikan oleh para pemainnya. 

Axie Infinity terinspirasi oleh permainan populer seperti Pokemon dan Tamagotchi, Axie Infinity memungkinkan pemain untuk mengumpulkan, membiakkan, memelihara, bertarung, dan memperdagangkan makhluk berbasis token yang dikenal sebagai Axie.

Game Axie Infinity memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang disebut AXS Coin. AXS Coin menjadi salah satu kripto dengan kapitalisasi besar. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (6/12/2022) harga AXS Coin adalah Rp 130.903 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 10,2 triliun. AXS Coin berhasil menguat cukup besar yaitu 17,92 persen dalam 24 jam terakhir.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 48, naik dari sebelumnya di posisi 50. AXS Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 13,1 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 83 juta AXS Coin dari maksimal suplai 270 juta AXS Coin. 

AXS Coin Ini digunakan untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara tata kelola utama dan akan memberikan hak suara kepada pemegangnya tentang bagaimana dana di Perbendaharaan Komunitas Axie dibelanjakan.

Setiap Axie dalam game Play to Earn (P2E) Axie Infinity merupakan Non Fungible Token (NFT) dengan atribut dan kekuatan yang berbeda dan dapat dimasukkan ke dalam pertempuran 3v3, dengan tim pemenang mendapatkan lebih banyak poin pengalaman (exp) yang digunakan untuk meningkatkan statistik Axie atau mengembangkan bagian tubuh mereka. 

Axie ini dapat dibiakkan bersama untuk menghasilkan keturunan baru dan unik, yang dapat digunakan atau dijual di lokapasar Axie.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Harga Kripto pada Selasa Pagi 6 Desember 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa (6/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, 6 Desember 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,87 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat tipis 4,54 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 16.962 per koin atau setara Rp 263,2 juta (asumsi kurs Rp 15.520 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut melemah pagi ini. ETH turun 1,29 persen, tetapi masih menguat 7,51 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.259 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 1,13 persen dan 1,65 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 288,21 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali melemah. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 0,87 persen, tetapi masih naik 4,34 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3169 per koin.

 

3 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) masih bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 1,34 persen dan 3,38 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,83 per koin.

Sedangkan XRP juga turut melemah. XRP turun 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat tipis 0,02 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3897 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 2,64 persen, tetapi masih menguat 6,53 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1011 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penurunan ke level USD 852 miliar dari sebelumnya di level USD 858,3 miliar.

 

4 dari 5 halaman

Sam Bankman-Fried Buka Suara Terkait Dana Pelanggan FTX dan Alameda Research

Sebelumnya, Sam Bankman-Fried, pendiri dan mantan CEO pertukaran kripto FTX yang sekarang bangkrut tampil secara publik pertama kalinya sejak keruntuhan perusahaannya.

Berbicara di KTT Dealbook New York Times dengan Andrew Ross Sorkin tentang apa yang dia katakan bertentangan dengan nasihat pengacaranya, Bankman-Fried mengatakan dia tidak sengaja mencampurkan dana pelanggan di FTX dengan dana di perusahaan perdagangan miliknya, Alameda Research.

Krisis likuiditas di FTX terjadi setelah Bankman-Fried diam-diam memindahkan USD 10 miliar  (Rp 153,9 triliun) dana pelanggan FTX ke Alameda Research, Reuters melaporkan, mengutip dua orang yang mengetahui masalah tersebut. Sedikitnya USD 1 miliar dana nasabah telah lenyap.

Bankman-Fried mengatakan, kepada Reuters perusahaan tidak secara diam-diam mentransfer dana ke Alameda Research, melainkan salah membaca "pelabelan internal yang membingungkan".

FTX mengajukan kebangkrutan dan Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif pada 11 November, setelah para investor menarik USD 6 miliar dari platform tersebut dalam tiga hari dan saingan pertukaran kripto Binance meninggalkan kesepakatan penyelamatan.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Bantahan Sam Bankman-Fried

"Pada akhir 6 November kami mengumpulkan semua data yang jelas seharusnya menjadi bagian dari dasbor yang selalu saya lihat dan ketika kami melihatnya, ada masalah serius di sana," kata Bankman-Fried, dikutip dari CNBC, Jumat (2/12/2022).

Bankman-Fried menambahkan dia tidak pernah mencoba melakukan penipuan dan secara pribadi tidak berpikir memiliki tanggung jawab pidana. 

"Jawaban sebenarnya adalah bukan itu yang saya fokuskan. Akan ada waktu dan tempat bagi saya untuk memikirkan diri sendiri dan masa depan saya sendiri," katanya.

Ledakan FTX menandai kejatuhan yang menakjubkan dari anugerah bagi pengusaha berusia 30 tahun yang mengalami ledakan cryptocurrency ke kekayaan bersih yang dipatok Forbes tahun lalu sebesar USD 26,5 miliar. 

Setelah meluncurkan FTX pada 2019, dia menjadi donor politik yang berpengaruh dan berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar penghasilannya untuk amal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS