Sukses

Laju Pasar Kripto Lesu, Investor Kembali Tak Bergairah

Liputan6.com, Jakarta - Laju pasar kripto pada Jumat (2/12/2022) kembali terpantau melemah. Padahal Bitcoin dan kripto lainnya telah mengalami kenaikan beruntun tiga hari terakhir. 

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, investor kripto harus gigit jari melihat market pagi ini. Mereka harus terima Bitcoin kembali gagal menembus level resistensi terdekatnya USD 17.100 (Rp 262,2 juta). 

"Sebelumnya, BTC berhasil mencapai level USD 17.000 setelah ketua The Fed, Jerome Powell menyampaikan proyeksi kebijakan bank sentral ke depan dengan sikap dovish,” kata Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Jumat (2/12/2022).

Powell menegaskan kenaikan suku bunga acuannya dapat melambat pada bulan Desember ini, setelah menaikkannya secara agresif empat kali berturut-turut untuk menjinakkan inflasi.

"Pasar kripto secara keseluruhan menyambut positif pidato Powell. Pasar diharapkan berada di sisi yang lebih hijau minggu ini karena suku bunga kemungkinan akan turun. Namun, Jumat pagi ini kembali melemah,” jelas Afid

Afid menuturkan, pelemahan ini salah satu utamanya disebabkan oleh investor kripto yang kembali berhati-hati dalam memasuki market, karena potensi tentang nasib industri dan situasi makroekonomi yang lebih luas ke depannya.

"Investor sedang wait and see untuk menanti laporan data November Jobs Report yang akan rilis pada hari Jumat ini," tutur Afid.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kekhawatiran Investor

Laporan ketenagakerjaan AS untuk November diharapkan menunjukkan perlambatan yang cukup besar, sehingga menguatkan potensi kenaikan suku bunga yang lebih kecil dari biasanya pada Desember, tidak berubah seperti pidato Powell.

Kemudian dari sisi industri, investor masih mengkhawatirkan prospek peningkatan efek buruk terkait dengan runtuhnya FTX. 

Kemungkinan besar sentimen negatif masih terlihat dari dampak kehancuran FTX yang terus meluas. Kita belum tahu akhir dari drama ini. Mungkin saja ke depan akan ada perusahaan kripto yang bermasalah karena terdampak kebangkrutan FTX.

Dilihat dari Fear and Greed Index di posisi level 27, dengan kategori Fear, masih sama dengan situasi pada Kamis. Artinya investor masih gamang untuk masuk ke market atau bertahan. Nilai Indeks dolar AS (DXY) pada Jumat pagi, juga menguat tipis 104.77 (+0,07 persen) yang membuat pasar kripto tertekan.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Jumat Pagi 2 Desember 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Jumat (2/12/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat, 2 Desember 2022 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 1,64 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 2,17 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 16.973 per koin atau setara Rp 261,1 juta (asumsi kurs Rp 15.389 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut melemah pagi ini. ETH turun 1,53 persen, tetapi masih menguat 6,38 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.278 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 2,36 persen dan 2,62 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 292,78 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali melemah. Dalam satu hari terakhir ADA turun 1,19 persen, tetapi masih menguat 0,03 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3157 per koin.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona merah dengan pelemahan selama satu hari terakhir sebesar 2,48 persen dan 7,27 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,54 per koin.

Sedangkan XRP juga turut melemah mengikuti deretan kripto lainnya. XRP turun 3,04 persen dalam 24 jam terakhir dan 0,85 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3975 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE anjlok 6,40 persen, tetapi masih menguat 25,40 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1019 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam berada di level USD 854,6 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.
    Bitcoin
  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.
    The Fed
  • FTX
  • Crypto