Sukses

Kinerja Pasar Kripto Kembali Cemerlang di Tengah Bangkrutnya FTX

Liputan6.com, Jakarta - Performa pasar kripto kembali terpantau cemerlang di tengah pekan ini. Sejak Selasa, 29 November 2022 Bitcoin dan Ethereum berhasil naik lebih tinggi dan mengakhiri penurunan beruntun selama lima hari imbas dari efek kesuraman FTX.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono menyebut, ada beberapa sentimen positif yang kuat untuk mendorong harga Bitcoin dan kripto lainnya melonjak belakangan ini. 

“Mulai dari perilisan US consumer confidence yang turun pada November karena inflasi dan ketidakpastian ekonomi terus membayangi,” ujar Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/11/2022).

Indeks kepercayaan konsumen AS untuk bulan ini adalah 100,2, lebih rendah dari 102,2 yang direvisi turun pada Oktober. Meskipun nilainya meleset dari prediksi analis yang diperkirakan bisa mencapai 100, tetapi ini termasuk hal positif untuk market berisiko khususnya kripto.

“Diharapkan dengan penilaian konsumen terhadap kondisi ekonomi jangka pendek terus menjadi lebih suram, The Fed akan mengerem kenaikan suku bunga acuannya yang lebih tinggi pada Desember mendatang,” jelas Afid.

Sementara itu, Afid memaparkan, sebagian besar pejabat The Fed pada pertemuan terakhir, menyatakan mereka lebih suka mengurangi ukuran kenaikan suku bunga mereka dengan segera. Hal ini membuat sedikit optimis investor untuk bisa mulai mengakumulasi aset kripto.

Selain itu, kabar positif lainnya datang dari Brasil yang anggota DPR-nya telah menyetujui RUU yang mengatur penggunaan Bitcoin sebagai pembayaran. 

“Kemudian, Fidelity Investments,salah satu broker terbesar di dunia, telah secara resmi meluncurkan produk perdagangan kripto bebas komisi untuk investor ritel, dimulai dengan perdagangan tanpa biaya untuk Bitcoin dan Ethereum,” tutur Afid

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Analisis Teknikal

Fear and Greed Index ditutup pada level 29, dengan kategori Fear, lebih rendah dari penutupan 29 November. Nilai Indeks dolar AS (DXY) pada Rabu pagi, juga melemah 106.62 (-0,14 persen) yang membuat pasar kripto mencoba kembali menguat.

Dari segi analisis teknikal, Afid menjelaskan, BTC tengah dalam tahap oversold secara historis.  Bitcoin sedang menghadapi tantangan yang sangat besar dalam beberapa waktu ini. Namun, secara umum pasar sedang masuk dalam sentimen bullish, meski saat ini terlihat bearish.

“Bitcoin menghentikan penurunan beruntun lima hari pada Selasa, karena harga bergerak menjauh dari titik support baru-baru ini. Menyusul level terendah USD 16.054 (Rp 252,5 juta), BTC melonjak untuk menembus ke level resistence terdekat harian USD 17.122,26,” jelas Afid

Meskipun harga telah melonjak, ini akan menjadi ujian untuk melihat apakah momentum ini dapat dipertahankan. Jika penguatan harga berlanjut ke arah atas, kita bisa melihat lebih banyak bulls memasuki pasar, membawa BTC mendekati USD 17.560.

Selain BTC, Ethereum juga bergerak lebih tinggi. ETH kembali di atas USD 1.200 pada Selasa dan sedang mencoba mencapai level resistance terdekat USD 1.306 di awal sesi hari ini.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Rabu Pagi 30 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Rabu (30/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, 30 November 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,59 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,89 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.476 per koin atau setara Rp 259,2 juta (asumsi kurs Rp 15.733 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut menguat pagi ini. ETH naik 4,36 persen dan 7,57 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.220 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 1,41 persen dan 11,30 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 296,80 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali pulih. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 1,51 persen, tetapi masih melemah 0,44 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3107 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 0,18 persen dan 8,25 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,41 per koin.

Sedangkan XRP juga turut menguat mengikuti deretan kripto lainnya. XRP meroket 2,25 persen dalam 24 jam terakhir dan 5,85 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3986 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali naik. Dalam satu hari terakhir DOGE menguat 7,60 persen dan 30,14 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1022 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami pelemahan ke level USD 820,3 miliar dari level USD 844,3 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS