Sukses

Kripto Timnas Argentina Anjlok Usai Dikalahkan Arab Saudi pada Piala Dunia 2022

Token ARG, salah satu dari beberapa aset kripto digital yang dibuat di blockchain Chiliz oleh Socios.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kekalahan Argentina dari Arab Saudi di ajang Piala Dunia 2022 pada Selasa, 22 November 2022 membuat pemain, penggemar, dan sekarang investor kripto terguncang, karena token yang disponsori oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina turun lebih dari 20 persen setelah pertandingan.

Setelah kekalahan mengejutkan 2-1 untuk tim nasional Argentina, dipimpin oleh superstar Lionel Messi, token $ARG anjlok sekitar 20 persen menjadi USD 5,44 (Rp 85.207) pada Selasa, menurut Coinmarketcap. Saat token dibuat pada Mei 2021, token tersebut dijual dengan harga sekitar USD 4,30.

Token ARG, salah satu dari beberapa aset kripto digital yang dibuat di blockchain Chiliz oleh Socios.com dalam kemitraan dengan tim sepak bola. Token ini memberi pembeli hak suara dalam beberapa keputusan yang dibuat oleh tim sponsor dan akses ke hadiah. Token dapat dibeli dan dijual seperti token kripto lainnya di bursa.

Selama setahun terakhir, beberapa klub terbesar dunia, seperti FC Barcelona, Paris Saint-Germain FC, dan Manchester City, serta beberapa tim nasional, telah bermitra dengan Socios.com untuk membuat token penggemar. 

Token dengan cepat menjadi sumber pendapatan baru bagi tim, beberapa di antaranya telah menghasilkan jutaan dolar. 

Meskipun token tidak mewakili kepemilikan dalam tim, tetapi ini adalah cara bagi investor untuk bertaruh pada kesuksesan tim favorit mereka. Nilai mereka dapat sangat berfluktuasi dan penggemar dapat kehilangan uang. 

Saat Piala Dunia 2022 FIFA dimulai minggu ini, harga beberapa token penggemar yang terkait dengan tim nasional anjlok. 

Token Penggemar Tim Sepak Bola Nasional Brasil, yang dibuat dalam kemitraan dengan Bitci, turun hampir 10 persen, sedangkan Token Penggemar Nasional Spanyol turun sekitar 7 persen. Harga token resmi blockchain Chiliz turun sekitar 4 persen.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelang Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Jajaki NFT

Sebelumnya, gelaran Piala Dunia FIFA 2022 semakin dekat, hal unik yang terjadi pada gelaran piala dunia tahun ini adalah kontribusi aset digital yang semakin memeriahkan pertandingan sepak bola antar negara ini. 

Belum lama ini, salah satu pesepak bola ternama di dunia, Cristiano Ronaldo, mengumumkan peluncuran koleksi Non Fungible Token (NFT) miliknya sendiri. Koleksi CR7 NFT akan dirilis pada 18 November, di platform Binance NFT. Binance pertama kali mengumumkan kemitraan dengan Cristiano Ronaldo pada Juni 2022.

Bintang sepak bola itu mengatakan peluncuran koleksi NFT untuk semakin dekat dengan para penggemarnya. 

"Hubungan saya dengan para penggemar sangat penting bagi saya, jadi gagasan untuk menghadirkan pengalaman dan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui platform NFT ini adalah sesuatu yang ingin saya ikuti. Saya tahu para penggemar akan menikmati koleksinya seperti saya,” kata Ronaldo, dikutip dari BeinCrypto, Jumat (18/11/2022).

Meskipun begitu, belum ada detail lebih lengkap banyak dari koleksi NFT Ronaldo. Namun, para penggemar dapat melihat koleksi NFT dalam waktu dekat. Beberapa penggemar sangat senang dengan peluncuran tersebut.

3 dari 4 halaman

Lionel Messi berinvestasi di Sorare

Legenda sepak bola Argentina, Lionel Messi, tidak berada di belakang saingannya Ronaldo dalam mendapatkan eksposur ke Web3 dan NFT. Menurut laporan CNBC, Lionel Messi bergabung dengan permainan kartu perdagangan NFT Prancis Sorare sebagai investor dan duta merek.

“Kami percaya Messi akan membantu kami menetapkan standar baru dalam cara kami melakukan ini, dan kami berharap dapat membagikan konten baru dan pengalaman penggemar yang telah kami kolaborasikan segera,” kata salah satu pendiri Sorare, Nicolas Julia.

Ini bukan kali pertama Messi terjun memasuki industri Web3. Tahun lalu, saat bergabung dengan Paris Saint Germain, dia menerima token PSG, token penggemar klub, sebagai bonus penandatanganan.

4 dari 4 halaman

Demi Kurangi Risiko, Inggris Bakal Atur NFT

Sebelumnya, anggota parlemen Inggris ingin mendengar pendapat publik tentang pengaturan Non Fungible Token (NFT) yang mereka khawatirkan sering dinilai terlalu tinggi dan berpotensi menjadi gelembung yang siap meletus suatu saat.

Komite Digital, Budaya, Media dan Olahraga (DCMS) yang terdiri dari anggota dari berbagai partai politik meluncurkan penyelidikan pada Kamis tentang operasi, risiko dan manfaat NFT, aset digital pada blockchain yang mewakili kepemilikan barang virtual atau fisik.

NFT telah mengumpulkan perhatian dari dukungan selebriti, sementara popularitas dunia maya yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual token ini, yang diduga hanya memompa nilainya. 

Pada akhir Maret 2021, penjualan NFT global mencapai USD 17 miliar atau sekitar Rp 267,5 triliun menurut sebuah laporan. Padahal, penjualan NFT mingguan telah turun lebih dari 90 persen dari Agustus 2021 hingga Maret 2022.

Sekarang anggota Parlemen Inggris khawatir spekulasi NFT mungkin menjadi "gelembung." Contoh yang diangkat oleh komite adalah NFT dari tweet pertama Jack Dorsey yang awalnya dijual seharga USD 2,9 juta tetapi ketika didaftar ulang di lelang, tawaran tertingginya hanya USD 280.

"Sekarang pasar berbelok liar, dan ada kekhawatiran gelembung mungkin pecah, kita perlu memahami risiko, manfaat, dan persyaratan peraturan dari teknologi inovatif ini," kata ketua Komite DCMS, Julian Knight, MP, dikutip dari CoinDesk, Senin (7/11/2022).

Inggris terus maju dengan rencananya untuk mengatur sektor kripto. Baru-baru ini menambahkan amandemen yang akan mengakui kripto sebagai aktivitas yang diatur dan akan memastikan iklan perusahaan yang tidak sepenuhnya berwenang untuk beroperasi di negara tersebut dapat dibatasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.