Sukses

Pengadilan Korsel Rilis Surat Perintah Penangkapan CEO Terraform Labs Do Kwon

Do Kwon, juga pendiri platform blockchain Terraform Labs, telah dituduh melakukan penipuan oleh investor setelah Luna dan TerraUSD rontok.

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Pendiri dan Pengembang cryptocurrency Luna dan TerraUSD  Do Kwon. Adapun kripto besutan Do Kwon yang ambruk pada Mei mengguncang pasar crypto di seluruh dunia.

Kwon, juga pendiri platform blockchain Terraform Labs, telah dituduh melakukan penipuan oleh investor setelah Luna dan TerraUSD rontok.

"Surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk total enam orang, termasuk Do Kwon, yang saat ini tinggal di Singapura," kata juru bicara kejaksaan pada Rabu tanpa menjelaskan lebih lanjut,” ditulis Jumat (16/9/2022), dikutip dari CNN.

Kwon tidak segera membalas email Reuters untuk meminta komentar.

Perintah penangkapan datang setelah berbulan-bulan penyelidikan, termasuk operasi pencarian dan penyitaan di kantor terkait dan pertukaran mata uang kripto lokal.

TerraUSD, yang disebut stablecoin yang pernah berada di antara 10 cryptocurrency teratas secara global berdasarkan nilai pasar, mematahkan patokan 1: 1 terhadap dolar AS pada Mei, merosot nilainya dan mengirimkan token pasangan Luna yang jatuh bersamanya.

Menurut perusahaan analitik blockchain Elliptic, investor dalam dua koin tersebut kehilangan sekitar USD 42 miliar atau sekitar Rp 627,48 triliun (asumsi kurs 14.940 per dolar AS).

Gejolak pasar yang terjadi kemudian menyebabkan kegagalan beberapa perusahaan crypto besar termasuk pemberi pinjaman crypto AS Celsius dan manajer dana crypto yang berbasis di Singapura Three Arrows Capital.

Dalam wawancara video Agustus dengan platform media crypto Coinage, Kwon mengatakan telah pindah ke Singapura karena kekhawatiran tentang keselamatan keluarganya dan menolak saran relokasi itu karena kecelakaan atau upaya untuk menghindari penyelidik.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pakar Hukum Sebut CEO Terra, Do Kwon Tak Bakal Hadapi Tuntutan Pidana di AS

Sebelumnya, runtuhnya cryptocurrency terra (LUNA) dan algoritme stablecoin terra usd (UST) baru-baru ini telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah pencipta mereka, Do Kwon, dapat dimintai pertanggungjawaban.

Seorang dosen hukum profesor di Sekolah Hukum Universitas George Washington, Randall Eliason yang menghabiskan 12 tahun sebagai asisten pengacara AS untuk Distrik Columbia, menjelaskan Do Kwon tidak mungkin dituntut secara pidana.

Eliason menekankan jaksa harus membuktikan kesalahan kriminal tanpa keraguan, tak seperti kasus pembunuhan yang harus membawa saksi untuk bersaksi tentang siapa yang menarik pelatuknya. 

Seringkali, dalam kasus-kasus seperti ini, pemulihan yang tepat berakhir dengan hukuman perdata, peraturan, dan administratif dan sebenarnya bukan pidana.

Kasus perdata dapat mencakup tuntutan hukum dari investor kripto. Di Korea Selatan, gugatan class action telah diajukan terhadap Kwon, perusahaannya Terraform Labs, dan salah satu pendiri perusahaan.

Di AS, Kwon sudah bermasalah dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Dia menghindari beberapa panggilan pengadilan awal tahun ini dan mengajukan mosi menentang regulator.

3 dari 5 halaman

Bermasalah dengan SEC

“Ada banyak lembaga atau pemerintah potensial lain yang dapat melihat perilaku ini, selain individu pribadi yang dirugikan. Akan ada masalah dengan yurisdiksi, karena dia tidak berada di AS. Otoritas Korea Selatan mungkin memiliki sesuatu untuk dikatakan tentang kemungkinan sanksi,” ujar Eliason, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (8/6/2022). 

“Kami mencoba membuktikan apa yang ada dalam pikiran seseorang. Itu seringkali merupakan proses yang sangat melelahkan,” lanjut Eliason.

Dia menjelaskan prosesnya melibatkan peninjauan banyak dan banyak dokumen, dan berbicara dengan banyak, banyak orang dan berurusan dengan semua pengacara mereka melalui proses itu dan menjadwalkan waktu dewan juri dan penampilan pengadilan.

4 dari 5 halaman

Firma Hukum Korea Selatan Bakal Tuntut Do Kwon

Sebelumnya, LKB & Partners, salah satu firma hukum terkemuka di Korea Selatan, telah memutuskan untuk menuntut pendiri dan CEO Terraform Labs Do Kwon setelah tragedi tiba-tiba runtuhnya Terra USD (UST) minggu lalu. 

Menurut sebuah laporan di surat kabar Munhwa Ilbo, menjelaskan LKB akan mengajukan kasus terhadap Do Kwon atas nama warga negara Korea dan investor biasa ke Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, 

Beberapa karyawan LKB juga dapat bergabung dalam kasus ini karena mereka termasuk investor Luna dan UST dan kehilangan uang dalam runtuhnya UST, kata laporan itu.

"Ada investor terkait di dalam firma hukum, dan kami akan mengajukan keluhan terhadap Kwon di Unit Investigasi Keuangan Badan Kepolisian Metropolitan Seoul," ujar mitra di LKB, Kim Hyeon-Kwon, mengatakan kepada Munhwa Ilbo, dikutip dari The Block Crypto, Jumat, 20 Mei 2022. 

Selain mengajukan pengaduan polisi, LKB juga telah memutuskan untuk mengajukan perintah lampiran sementara dari properti Kwon untuk menyitanya di Kantor Kejaksaan Distrik Seoul Selatan, menurut laporan tersebut.

Sebuah laporan terpisah dari kantor berita lokal Yonhap mengatakan LKB juga mempertimbangkan untuk menuntut Daniel Shin, salah satu pendiri Terra lainnya. 

5 dari 5 halaman

Harapan Tim Terra

Stablecoin algoritmik UST turun tajam minggu lalu ke level di bawah 10 sen, jauh dari target harga USD 1,00. Token asli Terra, Luna, juga mogok dan saat ini diperdagangkan dengan harga sepersekian sen, kehilangan hampir semua nilainya.

Ledakan UST dan Luna telah menyebabkan kerugian puluhan miliar dolar bagi investor, baik ritel maupun institusional. Layanan Keuangan Korea Selatan (FSC) dan Layanan Pengawas Keuangan (FSS) dilaporkan telah meluncurkan "inspeksi darurat" ke bursa kripto lokal untuk meningkatkan perlindungan investor.

Politikus Korea, Yun Chang-Hyun juga dilaporkan menyerukan sidang parlemen di UST untuk memahami penyebab keruntuhan dan langkah-langkah untuk melindungi investor. Chang-Hyun ingin Kwon dan pertukaran kripto lokal menghadiri sidang.

Setelah kekacauan UST, tim hukum internal Terraform telah meninggalkan perusahaan. Perusahaan yang berbasis di Singapura telah beralih ke penasihat luar untuk membantu masalah hukum.

Sementara itu, Terraform berharap untuk mengubah situasi. Kwon telah mempromosikan rencana untuk melakukan fork Terra untuk membuat blockchain baru tetapi komunitas tampaknya menentang gagasan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.