Sukses

Kenangan Cak Imin hingga Ahmad Sahroni tentang Tjahjo Kumolo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo pada Jumat, (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB.

Tjahjo Kumolo sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit Abdi Waluyo sebelum meninggal dunia. 

Beberapa tokoh tanah air turut menyampaikan rasa duka dan mengenang sosok Tjahjo Kumolo melalui berbagai lini media. Adapun deretan tokohnya sebagai berikut. 

Ahmad Sahroni

Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni mengungkapkan rasa dukanya melalui wartawan hari ini Jumat (1/7/2022).

"Innalillahi, turut berduka cita semoga yang bersangkutan diterima di sisi Tuhan," kata kepada wartawan, dikutip dari kanal News Liputan6.com. 

Dimata Sahroni, Tjahjo Kumolo merupakan orang yang baik. "Sedih ya. Beliau orang yang baik, orang yang santun, dengan junior dan senior friendly orangnya, sedih juga," ujarnya.

Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengaku akan ke rumah duka sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

"Insya Allah ke sana (ke rumah duka) karena saya mau Haji juga, persiapan," tutupnya.

Muhaimin Iskandar

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, juga menyatakan duka cita mendalam atas berpulangnya Tjahjo Kumolo. 

“Innalillahy wa Innalillahi rojiuun,” tulis cak imin di akun twitter resminya @cakiminNOW pada Jumat (1/7/2022).

Cak Imin menyebut Tjahjo adalah sosok politikus panutan, senior dan sahabat baiknya. Meski berbeda partai, Cak Imin menyebut mereka berteman baik.

“Senior dan sahabat baikku. Innalillahi wa Innalillahy rojiuun,” tulis Cak Imin.

 

2 dari 3 halaman

JK Turut Sampaikan Duka Cita

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla atau JK turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya Tjahjo melalui akun Instagram pribadinya. JK juga mengungkapkan bagaimana sosok Tjahjo di matanya. 

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Menyampaikan duka cita sedalam dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bpk Tjahjo Kumolo. Semoga almarhum husnul khotimah,” tulis JK dalam caption postingan instagram, Jumat (1/7/2022).

Menurut JK, Tjahjo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik. JK kemudian mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tersebut.

Sebelumnya, pada Senin, 27 Juni 2022, JK juga sempat mengajak masyarakat untuk mendoakan Tjahjo karena saat itu sedang dalam perawatan intensif di rumah sakit. 

Pada saat itu, JK mengungkapkan Tjahjo merupakan sosok yang baik, secara pribadi maupun dalam pemerintahan. 

3 dari 3 halaman

Djarot Minta Doa

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo pada pukul 11.00 WIB.

Kabar tersebut dibenarkan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. “Benar (meninggal dunia) sekitar jam 11.00 di RS Abdi Waluyo,” kata Djarot pada Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Djarot mengaku belum mendapat detail informasi terkait penyebab kematian dan pemakaman rekan separtainya itu.

“Belum dapat informasi detail ya dari kelurga dan teman-teman,” tutur Djarot.

Djarot meminta doa agar Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah. “Mohon doanya ya, semoga Almarhum diterima di sisinya,” ujar dia.