Sukses

Hillary Clinton Desak Joe Biden Menekan Pertukaran Kripto untuk Blokir Pengguna Rusia

Hillary Clinton juga mengomentari beberapa pertukaran cryptocurrency utama yang menolak untuk memblokir akun semua pengguna Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Hillary Clinton, mantan ibu negara dan kandidat presiden dari Partai Demokrat 2016, mengkritik keras pemerintahan Biden, Departemen Keuangan, dan pemerintah Eropa di MSNBC karena mengizinkan Rusia menggunakan cryptocurrency sebagai rute pelarian.

Clinton juga mengomentari beberapa pertukaran cryptocurrency utama yang menolak untuk memblokir akun semua pengguna Rusia.

"Saya kecewa melihat bahwa beberapa yang disebut pertukaran kripto, tidak semuanya tetapi beberapa dari mereka, menolak untuk mengakhiri transaksi dengan Rusia untuk beberapa, saya tidak tahu, filosofi libertarianisme atau apa pun,” ujar Clinton, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (9/3/2022).

"Jika harus ada tekanan hukum atau peraturan, semua orang harus melakukan sebanyak mungkin untuk mengisolasi aktivitas ekonomi Rusia sekarang,” lanjutnya.

Sebelumnya, pada Minggu pekan lalu, Mykhailo Fedorov, wakil perdana menteri Ukraina, membuat cuitan. meminta semua pertukaran cryptocurrency utama untuk memblokir alamat semua pengguna Rusia, termasuk pengguna biasa. 

“Sangat penting untuk membekukan tidak hanya alamat yang terkait dengan politisi Rusia dan Belarusia, tetapi juga untuk menyabotase pengguna biasa,” tulis Fedorov dalam cuitannya. 

Namun, beberapa pertukaran mata uang kripto utama mengatakan mereka tidak akan mematuhi, menolak untuk membekukan akun semua pengguna Rusia. Mereka termasuk Binance, Coinbase, dan Kraken. Pertukaran akan mematuhi persyaratan sanksi, bagi mereka pengguna yang masuk ke daftar hitam.

Clinton percaya pemerintah harus lebih berupaya mencegah kripto digunakan untuk menghindari sanksi.

“Saya berharap seseorang di Departemen Keuangan mencoba mencari cara untuk mengendalikan kebocoran katup di pasar crypto yang memungkinkan Rusia lolos dari sanksi,” katanya. 

Pada November 2021, Clinton meminta pemerintahan Joe Biden untuk mengatur cryptocurrency, memperingatkan manipulasi oleh Rusia dan China. Dia juga memperingatkan cryptocurrency dapat mengacaukan negara dan melemahkan dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS Minta Binance dan FTX Pangkas Akses Rusia ke Kripto

Sebelumnya, dalam sebuah laporan  terungkap, Joe Biden dan pemerintahannya berusaha keras untuk memastikan Rusia menerima dampak invasi ke Ukraina.

Terlepas dari larangan SWIFT dan pemblokiran uang Rusia, mereka sekarang melihat ke kelas aset digital dan bagaimana AS dapat menggunakannya untuk menegakkan sanksi pada Rusia. Hal itu terungkap dari laporan Bloomberg, yang dikutip dari Yahoo Finance, Selasa, 8 Maret 2022.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dan Departemen Keuangan telah mengeluarkan perintah ke beberapa bursa kripto terbesar. Pertukaran ini telah diminta untuk memastikan Rusia tidak menggunakan kripto sebagai pelarian. 

Negara itu baru-baru ini memberlakukan sanksi berat terhadap Federasi Rusia dan ingin memastikan mereka merasakan hal yang sama.

"Cryptocurrency bukan pengganti dolar AS yang banyak digunakan di Rusia, tetapi otoritas Amerika secara agresif terus memerangi penyalahgunaan aset digital untuk menghindari sanksi,” kata seorang pejabat gedung putih.

Beberapa pertukaran kripto yang tampaknya sedang dalam pembicaraan dengan Gedung Putih adalah Binance, Coinbase, dan FTX.

Meskipun Binance dan Coinbase baru-baru ini menyatakan, mereka tidak akan memblokir akun kripto Rusia, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan perubahan. 

Sesuai laporan Bloomberg, kedua bursa hanya ingin mengambil tindakan pada akun yang terkena sanksi. Hanya alamat yang diidentifikasi oleh Kantor Perbendaharaan yang ditandai dan diblokir untuk melakukan transaksi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.