Sukses

NFT Lukisan Ridwan Kamil Terjual Seharga Rp 45,9 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Non Fungible Token (NFT) lukisan karya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terjual seharga Rp 45,9 juta di marketplace NFT OpenSea. Karya lukisan tersebut berjudul 'Pandemic Self Portrait'. 

Ini bukan kali pertamanya Ridwan Kamil berhasil menjual sebuah NFT dengan harga tinggi.  Sebelumnya Ridwan Kamil berhasil menjual lukisan karya seniman jalanan Braga, Bandung, Jawa Barat dengan harga 8 kali lipat dari biasanya. 

"Setelah eksperimen menjualkan lukisan jalanan Braga, kali ini saya eksperimen menjual karya kreatif sendiri berjudul “Pandemic Self Portrait". Terjual 1 ETH atau setara dengan 45,9 juta rupiah," tulis Ridwan Kamil melalui akun Twitter pribadinya, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (16/1/2022). 

Selain itu menurut dia, hasil penjualan NFT tersebut akan disumbangkan pada yayasan untuk membantu anak-anak yatim.

"Hasilnya akan disumbangkan untuk yayasan yang membantu kepada anak-anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal oleh pandemi Covid di Jawa Barat," lanjutnya. 

Adapun dalam pernyataannya yang lain, melihat potensi dari perkembangan digital semakin besar, Gubernur Jawa Barat itu mengatakan Pemprov memiliki rencana untuk membuka akun di platform marketplace NFT. 

"Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 membuka akun khusus di platform digital ini untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya,” ujarnya.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ridwal Kamil Jual Lukisan di Market NFT, Harganya Naik 8 Kali Lipat

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjual sebuah lukisan di marketplace Non Fungible Token (NFT) dan berhasil terjual dengan harga delapan kali lipat dari harga aslinya.

"LUKISAN JALANAN BANDUNG INI TERJUAL 8 KALI LIPAT DI BURSA DIGITAL @NFT,” kata Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil melalui akun Instagram miliknya, seperti dikutip Liputan6.com, . Jumat, 14 Januari 2022.

Lukisan yang dijual oleh Kang Emil merupakan salah satu karya seorang pelukis jalanan di Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut penjelasan dalam postingan itu, lukisan tersebut biasa dihargai Rp 500.000. Namun, harganya naik hingga 8 kali lipat ketika dijual melalui platform OpenSea dan berhasil terjual sebesar 0,09 ETH atau Rp 4,2 juta.

"Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea,” tuturnya. 

Selain itu, Ridwan Kamil menuturkan, Pemprov Jawa Barat pada 2022 ini berencana  untuk membuka akun khusus di platform digital untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif.

"Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 membuka akun khusus di platform digital ini untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya,” ujar dia.