Sukses

Panen Perdana, Udang Busmetik Pacitan Capai 5 Ton

Citizen6, Pacitan: Panen perdana udang Busmetik (Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik) yang digelar Selasa 24 Desember 2013 dipastikan berjalan sukses dengan capaian hasil yang maksimal. Walaupaun panen dipercepat, udang busmetik periode pertama tersebut sukses mencapai hasil panen 5 Ton.

"Dari 3 kolam yang ada, hasil panen mencapai sekitar 5 Ton, dengan nilai jual per kilogram antara Rp 70-80 ribu, sehingga mencapai nilai untung sekitar Rp 70 juta per kolam,"Kata Kepala Desa Sidomulyo, Anggono Suryo.

Lebih lanjut Anggono juga menyampaikan proses panen udang yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi ini. Dikatakannya, sejak mulai tabur benih sampai panen hari ini hanya membutuhkan waktu 72 hari dengan rata-rata ukuran mencapai 80.

"Sebenarnya waktu normal untuk panen adalah usia 104 hari, akan tetapi karena berbagai pertimbangan, seperti curah hujan yang tinggi, akhirnya dilakukan panen lebih awal di akhir tahun ini," tandasnya.

Sementara itu, Haryono Suyono menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa senang atas panen perdana udang busmetik di Pacitan ini.

"Ini adalah tambak udang busmetik pertama milik rakyat di Indonesia yang bibitnya disebar langsung oleh Presiden dan pejabat negara," jelas Ketua yayasan Damandiri ini.

Pria yang saat ini aktif menjadi Pembina Posdaya ini juga menginstruksikan untuk terus mengembangkan Busmetik ini di kecamatan lain di Pacitan, agar perkembangannya menjadi solusi ekonomi bagi warga sekitar.

Seperti diketahui, Udang Busmetik yang dikelola oleh Posdaya Mulyosari, Desa Sidomulyo, Ngadirojo tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa bulan yang lalu ini dikelola oleh Posdaya Mulyosari dengan dana hibah dari yayasan Damandiri. Udang busmetik ini juga percontohan dari STP Serang Banten.


Dalam panen tersebut turut dihadiri oleh beberapa tokoh setempat, seperti Kades, Camat, dan juga Bupati Pacitan, Indartato. (mar)

Penulis
Dwi Purnawan, Twitter @dwi_itudua
Pacitan, dwipacitanixxx@gmail.com

Baca juga:
Peringati 9 Tahun Tsunami, Banda Aceh Gelar Kolaborasi Kreatif
Kawasan Wisata Danau Colo Butuh Perhatian
Organic farming di Srigading, Sanden

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.