Sukses

Rifat Sungkar Siap Berlaga di Seri Terakhir Reli Amerika 2013

Citizen6, Jakarta: Pereli kebanggan Indonesia, Rifat Sungkar, Senin dini hari tadi, bersama dengan Manajer Fastron World Rally Team, M Indra Prasetyo, telah kembali bertolak menuju Amerika Serikat untuk berlaga dalam seri terakhir Rally America 2013, Lake Superior Performance Rally (LSPR).

LSPR akan berlangsung pada tanggal 18-19 Oktober 2013, bertempat di Houghton, negara bagian Michigan, sebuah kota kecil yang berpenduduk hanya sekitar 7000 jiwa. Rifat dan juga 58 pereli pesaingnya, akan dihadapkan dengan 16 Special Stage dengan jarak total sekitar 193 km.

Akibat dari adanya Government Shutdown di Amerika Serikat, mengakibatkan panitia harus merubah jalur LSPR dari yang sebelumnya sudah direncanakan. Sebelumnya, The Lake Superior Region Car Club sebagai penyelenggara LSPR memiliki ijin untuk menggunakan lintasan di Ottawa Forest dekat Kenton, tetapi Pemerintah Daerah  Kenton baru-baru ini menyatakan ijin tersebut terpaksa dicabut selama Government Shutdown masih berjalan. Akibatnya jarak total Special Stage LSPR berkurang sekitar 32 km.

Tetapi lintasan yang digunakan akan tetap menantang, karena terdiri dari lintasan yang naik ke bukit, turun dan berpasir, serta dengan permukaan keras. Masih ada celah kemungkinan untuk terjadi perubahan kembali, tetapi panitia pelaksana akan menentukan jalur lintasan resmi yang akan digunakan pada Rabu, 16 Oktober 2013, waktu setempat.

"Kami dari Fastron World Rally Team, berangkat pada hari ini supaya masih bisa mempunyai waktu istirahat dan adaptasi di Amerika. Perjalanan kami cukup panjang dan lama, sekitar 30 jam lebih," tutur Indra Prasetyo, manajer Fastron World Rally Team.

"Diharapkan dengan istirahat yang cukup, dapat membantu usaha untuk mencapai hasil yang terbaik. Sebagai informasi, survey lintasan dan pemeriksaan kendaraan berserta kelengkapannya akan dilakukan pada hari Kamis waktu setempat. Pada hari Jumat pagi akan dilakukan latihan resmi, dan relinya sendiri akan dimulai pada Jumat sore. Kami sangat berharap dukungan dari masyarakat Indonesia, agar perjuangan membawa 'Indonesia Keren' dapat berhasil," tambah Indra.

Sesaat sebelum berangkat, Rifat yang akan kembali ditemani oleh navigator senior, Steve Lancaster, menyatakan ia siap untuk bertanding di LSPR. Tetapi Rifat juga menyatakan beberapa alasan yang membuat LSPR akan menjadi reli terberat yang harus dihadapinya selama mengikuti Rally America tahun ini.

"LSPR terkenal sebagai suatu seri yang tertua, terberat, dan terkejam di Rally America," kata Rifat.

"Seri ini akan menjadi seri terberat yang harus saya hadapi di tahun ini. Salah satu alasannya adalah faktor cuaca. Kondisi cuaca di bulan Oktober ini bisa sangat bervariasi. Bisa saja suhu dalam keadaan hangat dan bercuaca cerah, tetapi dalam waktu singkat bisa berubah turun hujan deras, bahkan turun salju. Setiap pembalap harus siap untuk menghadapi hal-hal semacam ini," tambah Rifat.

Selain itu, di hari pertama, beberapa Special Stage juga harus dilakukan pada malam hari. Hal ini tentu menambah tantangan yang harus dihadapi oleh para peserta.

Di tahun 2013 ini, Rifat bersama Fastron World Rally Team dan tunggangan andalannya, Mitsubishi Evolution X, sudah menjalani 4 seri di Rally America, dan berhasil naik podium sebagai juara 3 umum di dua seri, yaitu Oregon Trail Rally dan New England Forest Rally. Berbekal dengan hasil yang sudah pernah diraihnya, Rifat cukup optimis untuk bisa masuk 5 besar di seri LSPR ini.

"Kali ini, saya bertekad untuk bisa meraih posisi 5 besar. Memang perjuangannya tidak akan ringan, tetapi saya bersama Steve dan seluruh anggota Fastron World Rally Team akan berusaha maksimal untuk mencapainya," kata Rifat.(Anky Tomasouw/Mar)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Rifat Sungkar di Rally America dan update-update lainnya dari Rifat, silahkan follow akun Twitter resmi Rifat Sungkar di @rifato dan fan page Facebook resmi Rifat Sungkar di www.facebook.com/rifatsungkar236.

Anky Tomasouw adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat email: anky@karyaku.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS