Sukses

20 Manfaat Kesehatan Daun Kemangi, Efektif Melawan Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi biasanya digunakan untuk masakan, namun tahukah Anda kalau daun kemangi juga memiliki berbagai macam manfaat untuk merawat kesehatan tubuh?

Liputan6.com, Malang Daun kemangi sering digunakan sebagai pelengkap lalapan, biasanya disajikan bersama nasi hangat, ayam goreng, dan sambal pedas. Tetapi, tahukah Anda bahwa daun kemangi, yang termasuk dalam keluarga mint, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan?

Daun kemangi, atau Ocimum basilicum, sering digunakan dalam masakan Mediterania, terutama Italia, serta dalam masakan Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Selain memberi tambahan cita rasa, daun kemangi juga memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk ibu hamil dan janinnya.

Manfaat dari daun kemangi ini dapat dirasakan saat digunakan dalam masakan sebagai obat herbal atau sebagai minyak esensial. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun kemangi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber pada Sabtu (06/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 26 halaman

Menjaga Kesehatan Hati

Antioksidan yang terdapat dalam bubuk herbal yang mengandung daun kemangi memiliki dampak positif pada kesehatan hati.

3 dari 26 halaman

Mengurangi Stress Oksidatif

Daun kemangi mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan molekul radikal bebas yang memicu stres oksidatif.

4 dari 26 halaman

Dapat Melawan Kanker

Fitokimia dalam daun kemangi dapat mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Daun kemangi juga meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

5 dari 26 halaman

Menurunkan Kadar Gula Darah

Ekstrak daun kemangi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi dan mengobati efek jangka panjangnya.

6 dari 26 halaman

Mencegah Tanda-tanda Penuaan Dini

Daun kemangi melindungi kulit dari penuaan dengan meningkatkan hidrasi kulit serta mengurangi kekasaran dan kerutan.

7 dari 26 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak daun kemangi dapat mengurangi tekanan darah tinggi berkat kandungan eugenol yang memblokir saluran kalsium dalam tubuh.

8 dari 26 halaman

Menjaga Kesehatan Mental

Daun kemangi meredakan stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan kemampuan berpikir dan nalar.

9 dari 26 halaman

Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan

Minyak esensial dari daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat stres oksidatif.

10 dari 26 halaman

Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mengandung antioksidan alami yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas.

11 dari 26 halaman

Mengatasi Depresi

Daun kemangi merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon kebahagiaan dan energi, serta berperan sebagai adaptogen yang kuat dan agen anti-stres.

12 dari 26 halaman

Dapat Digunakan Perawatan Kulit Berminyak

Manfaat daun kemangi termasuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Campuran daun kemangi cocok untuk kulit berminyak karena efektif menghilangkan kotoran dan membersihkan pori-pori. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antimikroba kemangi dapat mencegah jerawat.

13 dari 26 halaman

Memiliki Kandungan Vitamin A

Manfaat kemangi bagi ibu hamil mencakup pentingnya kandungan vitamin A dalam daunnya untuk perkembangan janin, termasuk jantung, paru-paru, mata, dan sistem saraf pusat bayi.

14 dari 26 halaman

Dapat Meningkatkan Suplay Darah

Kandungan folat dalam daun kemangi meningkatkan suplai darah selama kehamilan dan mencegah cacat lahir pada bayi.

15 dari 26 halaman

Mengaktifkan Pembentukan Sel Tulang Pada Janin

Daun kemangi mengandung mangan, mineral penting untuk pembentukan tulang rawan dan tulang bayi serta sebagai antioksidan yang mengurangi stres oksidatif pada perempuan hamil, membantu mengurangi risiko kerusakan sel.

16 dari 26 halaman

Mengatasi Anemia

Daun kemangi mengandung zat besi penting untuk energi ibu hamil, meningkatkan hemoglobin dan RBC, serta mencegah anemia.

17 dari 26 halaman

Mengurangi Rasa Sakit dan Nyeri

Daun kemangi bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang efektif untuk meredakan sakit dan nyeri pada kehamilan.

18 dari 26 halaman

Meningkatkan Imun Tubuh

Daun kemangi kaya akan vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan kekebalan ibu hamil, serta melindungi mereka dari infeksi.

19 dari 26 halaman

Mencegah Infeksi

Praktisi pengobatan tradisional sering menggunakan daun kemangi sebagai agen antimikroba. Kabar baiknya, beberapa penelitian ilmiah mendukung hal tersebut. Salah satunya menunjukkan manfaat daun kemangi saat diolah menjadi minyak.

20 dari 26 halaman

Mencegah Deman Berdarah

Ekstrak daun kemangi ternyata dapat mencegah demam berdarah, menurut penelitian dari Journal of Agromedicine and Medical Science.

21 dari 26 halaman

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kemangi memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri yang membantu dalam penyembuhan luka dan pencegahan infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa daun ini efektif melawan infeksi pada sariawan dan keloid serta mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi.

22 dari 26 halaman

Daun Kemangi Bisa untuk Penyakit Apa Saja?

Senyawa tersebut efektif mengurangi peradangan dengan cara menghambat enzimnya. Selain itu, sifat anti-peradangan pada daun kemangi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, arthritis rheumatoid, dan radang usus.

 

23 dari 26 halaman

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kemangi?

Secara rutin mengonsumsi air rebusan daun kemangi dapat mendukung menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Minyak esensial yang ada di dalam daun kemangi memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau napas.

24 dari 26 halaman

Apakah Daun Kemangi Bisa Menurunkan Kolesterol?

Daun Kemangi mengandung flavonoid, vitamin A, vitamin C, antioksidan, serta arginin yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol.

25 dari 26 halaman

Apakah Daun Kemangi Bisa Menyembuhkan Asam Lambung?

Daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang tinggi.

26 dari 26 halaman

Apakah Daun Kemangi Baik untuk Ginjal?

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa jus kemangi dapat membantu menjaga fungsi ginjal, termasuk mengurangi pembentukan batu ginjal. Ini disebabkan oleh kandungan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat dalam kemangi. Untuk mencoba manfaatnya, Anda bisa mencampurkan kemangi menjadi jus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini