Sukses

Cocok untuk Sate, Ini Trik Mudah Empukkan Daging Kambing Tanpa Direbus

Daging kambing bisa diempukkan tanpa direbus dan cocok untuk sate. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain ayam, sate kambing juga turut digemari karena memiliki ciri khas dan rasa yang lebih kuat dan gurih.

Hanya saja, kebanyakan orang memilih untuk membeli sate kambing di luar daripada harus mengolahnya sendiri di rumah. Hal itu disebabkan karena sate kambing dikenal cukup alot dan membutuhkan waktu lama untuk diempukkan.

Namun, lain hal dengan pemilik kanal YouTube Mamayuri Kitchen. Ia dapat mengempukkan daging kambing kurang dari empat puluh menit bahkan tanpa direbus. Berikut langkah-langkahnya yang dirangkum pada Minggu (16/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Aduk Daging dengan Asam Jawa

Pertama-tama, siapkan dua sendok makan asam jawa yang sudah direndam dalam air hangat sekitar 50 ml. Tuang rendaman asam jawa tersebut pada daging kambing. Aduk-aduk daging kambing agar tercampur rata dengan asam jawa lalu diamkan selama setengah jam.

3 dari 11 halaman

Marinasi dengan Nanas

Siapkan seratus gram nanas yang sudah dihaluskan, lalu tuangkan pada daging kambing. Aduk-aduk sampai nanas tersebar merata pada daging kambing. Diamkan sejenak selama lima menit saja. Nanas sendiri merupakan salah satu bahan marinasi yang cukup ampuh untuk mengempukkan daging.

4 dari 11 halaman

Cuci Bersih Daging

Usai dimarinasi dengan nanas, letakkan semua daging kambing pada wadah lalu isi wadah tersebut dengan air sampai penuh. Cuci bersih daging kambing dengan cara diaduk-aduk dengan tangan sampai air cucian berubah warna.

5 dari 11 halaman

Daging Kambing Siap untuk Diolah

Jika sudah dibersihkan, sekarang daging kambing sudah cukup empuk dan siap untuk dijadikan sate kambing. Metode ini sangat cocok digunakan bagi yang ingin sekedar masak maupun yang mau berjualan sate kambing.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Kambing

7 dari 11 halaman

Bagaimana Agar Daging Kambing Bisa Empuk?

Metode memasak daging kambing yang paling menyehatkan adalah dengan memanggang atau merebusnya. Usahakan untuk tidak menggoreng daging karena bisa meningkatkan kadar lemak. Selain itu, merebus daging kambing dengan api kecil selama lebih dari tiga jam bisa membuat daging menjadi lebih lunak.

8 dari 11 halaman

Apakah Sate Kambing Harus Dicuci Dulu?

Untuk menghindari bau pada sate kambing, jangan mencuci daging kambing dengan air. Sebagai gantinya, bersihkan kotoran pada daging menggunakan lap bersih atau tisu dapur. Mencuci daging dengan air dapat membuat aromanya menjadi lebih kuat saat dimasak menjadi sate.

9 dari 11 halaman

Apakah Garam Membuat Daging Cepat Empuk?

Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk mengetahui cara agar daging menjadi empuk dengan metode yang sederhana. Anda hanya memerlukan bahan-bahan alami seperti garam, larutan asam, daun pepaya, dan buah nanas. Bahan-bahan ini mempercepat proses pengempukan daging jika digunakan dengan tepat.

10 dari 11 halaman

Daging Kambing yang Empuk Bagian Apa?

Selain bagian rump atau punggung sapi bagian belakang, menurut detikFood, sebaiknya gunakan bagian paha belakang, punggung, atau has dalam atau tenderloin untuk membuat sate kambing. Bagian-bagian ini biasanya memiliki tekstur yang empuk.

11 dari 11 halaman

Habis Makan Sate Kambing Harus Minum Apa?

Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif setelah mengonsumsi daging kambing adalah dengan minum teh tawar panas yang kaya katekin atau teh hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini