Sukses

Haji Gratis Jalur Undangan Raja Salman, Berikut Fasilitas yang Diterima Wirda Mansur hingga Risty Tagor

Fasilitas yang diterima oleh Wirda Mansur dan Risty Tagor dalam pelaksanaan haji melalui undangan Raja Salman berbeda dengan fasilitas yang diterima oleh Raffi Ahmad dalam melaksanakan haji dengan jalur Furoda Luxury.

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun ini, beberapa artis Indonesia mendapat undangan haji dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. Di antara mereka yang diundang adalah Wirda Mansur dan Risty Tagor. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya karena seluruh kebutuhan mereka sudah ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi.

Fasilitas yang mereka terima pun sangatlah istimewa. Berbagai kemewahan disediakan secara cuma-cuma. Salah satu artis lain yang juga melaksanakan ibadah haji tahun ini adalah Raffi Ahmad dan keluarganya. Raffi dilaporkan berangkat dengan menggunakan paket haji Furoda Luxury dan menginap di hotel mewah.

Berikut adalah perbandingan fasilitas yang diterima oleh Wirda Mansur, Risty Tagor, dan Raffi Ahmad, dirangkum Kamis (13/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Haji Jalur Undangan Dapat Fasilitas Berupa Jemputan Mobil Mewah

Ketika tiba di Tanah Suci, Wirda dan rombongan haji lainnya disambut oleh Chevrolet Suburban. Mobil ini termasuk dalam kategori mewah dengan harga mulai dari Rp962 juta untuk versi Luxury Standard dan Rp1 miliar untuk versi Luxury Touring, sesuai yang disampaikan dalam konten Wirda.

3 dari 11 halaman

Mereka Juga Dapat Fasilitas Hotel Mewah

Jemaah haji selanjutnya diantarkan ke penginapan mereka di The Hotel Galleria Jeddah. Tarif menginap per malam untuk King Guest Room sekitar Rp2,5 juta, sedangkan untuk King Executive Room mencapai Rp3,2 juta. Tentu saja, kesempatan ini tidak dikenai biaya apa pun.

4 dari 11 halaman

Dapat Tour Guide Gratis

Selain itu, para jemaah haji juga akan mendapatkan pendamping wisata yang akan menemani mereka sepanjang pelaksanaan ibadah haji. Biaya untuk jasa tour guide di Arab Saudi diperkirakan beragam, dengan perkiraan dari beberapa sumber mencapai kisaran antara Rp8,3 juta hingga Rp294 juta.

5 dari 11 halaman

Kunjungi Pabrik Pengemasan Air Zam-zam

Risty menceritakan pengalaman ibadah haji yang difasilitasi oleh Pemerintah Arab Saudi, termasuk kunjungannya ke pabrik pengemasan air zamzam milik Kerajaan, Al Zamazameh Corporation, di Mekkah. Pabrik ini bertanggung jawab atas produksi air zamzam yang dikemas, yang sering dibawa oleh jemaah haji dari seluruh dunia.

Untuk dapat masuk ke dalam pabrik tersebut, setiap pengunjung harus menjalani proses sterilisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setibanya di sana, Risty, bersama dengan Wirda dan jemaah lainnya, disambut dengan hangat dan diberikan segelas air zamzam dingin.

Risty mengungkapkan bahwa air tersebut sangat menyegarkan, terutama dalam cuaca yang panas mencapai suhu 45 derajat Celcius. Ia juga mengunjungi ruangan yang menjelaskan sejarah sumur zamzam di Masjidil Haram, mulai dari asal-usulnya hingga pengemasannya yang siap dikonsumsi oleh umat Islam di seluruh dunia.

6 dari 11 halaman

Sedangkan Raffi Ahmad Dapat Fasilitas Hotel yang Menghadap ke Ka’bah

Risty Tagor dan Wirda Mansur mendapat undangan langsung dari Raja Salman untuk naik haji secara gratis. Di sisi lain, Raffi Ahmad memilih membeli paket Haji Furoda Luxury dengan biaya lebih dari Rp500 juta per orang untuk dirinya sendiri, beberapa anggota keluarga, dan tiga karyawan RANS.

Salah satu fasilitas yang termasuk dalam paket tersebut adalah penginapan di hotel berbintang 5 selama berada di Tanah Suci. Informasi ini dapat dilihat dari unggahan Raffi Ahmad di Instagram Story pada Minggu, 9 Juni 2024, yang dibagikan kembali oleh akun TikTok @sobatmanfaat__. Raffi beserta rombongannya terlihat menginap di InterContinental Dar Al Tawhid Makkah.

Berdasarkan informasi di peta Traveloka, hotel bintang 5 tersebut terletak sangat dekat dengan Masjidil Haram, dengan jarak sekitar 422 meter. Keunggulan hotel ini terletak pada kedekatannya dengan Masjidil Haram, seperti yang tercantum di situs resminya.

7 dari 11 halaman

Fasilitas Kamar Hotel yang Serba Mewah

Isi kamar hotel sangat mengesankan bagi tiga staf RANS yang mengungkapkan pengalamannya. Kamar mereka dilengkapi dengan dua tempat tidur single, lemari besar di samping salah satu tempat tidur, serta televisi besar yang terletak di depan ranjang. Terdapat juga kamar mandi di dalamnya.

Sebagai hotel bintang lima, harga sewa kamarnya sangat tinggi, yakni mencapai Rp6,7 juta pada akhir Juni 2024. Harga ini dianggap sepadan dengan jarak yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki ke Ka'bah dari hotel tersebut.

8 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Artis Naik Haji

9 dari 11 halaman

Siapa Saja Artis yang Sudah Haji?

Beberapa artis Indonesia yang sudah menunaikan ibadah haji diantaranya, Nia Ramadhani,  Tasya Kamila, Rossa, Inneke Koesherawati, Imam Darto, dan Nagita Slavina.

10 dari 11 halaman

Kapan Raffi Ahmad Naik Haji?

Pada tanggal 8 Juni 2024, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, bersama dengan delapan orang lainnya, berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

11 dari 11 halaman

Apakah Nagita Sudah Naik Haji?

Pada usia 18 tahun, Nagita Slavina diketahui telah melaksanakan ibadah haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini