Sukses

Tanpa Menabur Garam, Begini Trik Efektif Usir Nyamuk dengan 2 Bahan Dapur

Bebas dari penggunaan bahan kimia, ada cara sederhana yang lebih ekonomis dan efektif untuk mengusir nyamuk dari rumah. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang harus dihindari. Sebagaimana umum diketahui, gigitan nyamuk bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti chikungunya, demam berdarah, dan malaria. Oleh karena itu, perkembangbiakan nyamuk di rumah harus dicegah. 

Tanpa menggunakan bahan-bahan kimia, seorang warganet Instagram dengan nama pengguna @kang_adhe_tea93 membagikan cara mengusir nyamuk hanya dengan memanfaatkan 2 bahan sederhana yang sering ada di dapur.

Bukan menggunakan garam, berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Senin (13/5/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Bahan-bahan

Berdasarkan penjelasan @kang_adhe_tea93, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Jeruk nipis
  • Lilin
  • Cengkih
  • Tusuk gigi atau tusuk sate
3 dari 13 halaman

Siapkan Jeruk Nipis dan Potongan Lilin

Langkah pertama, belah jeruk nipis menjadi dua bagian sama besar. Ambil satu bagian potongannya, dan sisihkan potongan yang satunya. Kemudian, potong lilin jadi pendek dan tancapkan potongan lilin tersebut di bagian tengah jeruk nipis. 

4 dari 13 halaman

Gunakan Cengkih

Langkah kedua, ambil beberapa cengkih dan tancapkan ke permukaan bagian dalam potongan jeruk nipis. Tancapkan mengelilingi potongan lilin yang sudah lebih dulu ditaruh. 

5 dari 13 halaman

Beri Tusuk Gigi atau Tusuk Sate

Langkah ketiga, ambil empat buah tusuk gigi atau tusuk sate yang sudah dipotong pendek. Lalu, tancapkan ke potongan jeruk yang sama dengan lilin dan cengkih tadi. Tancapkan dengan posisi membentuk empat sudut dengan jarak yang sama.

6 dari 13 halaman

Gunakan Sisa Potongan Jeruk

Langkah keempat, ambil potongan jeruk yang tadi disisihkan dan tancapkan ke tusuk gigi di potongan jeruk yang sudah diberi lilin dan cengkih tadi. Tancapkan dengan posisi menghadap bawah, sehingga terlihat berhadapan dengan potongan jeruk yang satunya. 

7 dari 13 halaman

Nyalakan Lilin untuk Mengusir Nyamuk

Langkah terakhir, nyalakan potongan lilin agar aroma jeruk dan cengkihnya keluar. Kemudian, taruh rangkaian jeruk tersebut di tempat-tempat yang banyak nyamuk. Minyak atsiri dan aroma cengkih yang teradiasi oleh api dari lilin akan keluar dan membuat nyamuk pergi. 

8 dari 13 halaman

Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengusir Nyamuk

9 dari 13 halaman

Apakah Parfum Bisa Mengusir Nyamuk?

Aroma rosemary, peppermint, serai, kemangi, dan cengkih juga efektif menghalau nyamuk. Ditambah minyak esensial cedarwood, vanili, geranium, geraniol, sitronelol, dan thyme yang dapat digunakan sebagai komponen dalam pembuatan parfum.

10 dari 13 halaman

Kenapa di Kamar Hotel Tidak Ada nyamuk?

Mengapa hampir tidak pernah ada keberadaan semut dan nyamuk di hotel? Hal tersebut disebabkan oleh adopsi beberapa strategi pengendalian di dalam hotel. Salah satunya adalah tindakan exusion+treatment, yang bertujuan untuk mencegah perkembangbiakan hama di dalam dengan menggunakan insektisida.

11 dari 13 halaman

Bagaimana Cara Menggunakan Bawang Putih untuk Mengusir Nyamuk?

Tempatkan irisan bawang putih di berbagai titik di ruangan dan mengombinasikannya dengan daun serai agar baunya tidak terasa terlalu mengganggu.

12 dari 13 halaman

Kenapa Nyamuk Tidak Ada di AC?

Serangga berdarah dingin, nyamuk, akan lebih aktif di suhu yang hangat daripada yang sejuk atau dingin. Angin yang dikeluarkan oleh kipas angin atau AC dapat membuat sulit bagi nyamuk untuk mendekat.

13 dari 13 halaman

Kemana Perginya Nyamuk di Siang Hari?

Bukan hanya itu, sebagian nyamuk pada malam hari menghindari waktu ketika matahari sedang bersinar terang dan udara terasa kering. Di siang hari, mereka cenderung berlindung di tempat-tempat yang sejuk atau lembap. Ketika senja menjelang, nyamuk menjadi lapar dan memulai pencarian mangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini