Sukses

Lovely Runner Tamat, Ini 7 Perbedaan Besar Antara Versi Drama dengan Webtoonnya

Berikut 7 perbedaan mencolok dalam Lovely Runner versi drama dan webtoon.

Liputan6.com, Jakarta Lovely Runner merupakan drama Korea (drakor) terbaru tvN yang baru saja tamat, namun masih diperbincangkan oleh para penggemarnya. Lovely Runner mengangkat kisah romantis ala anak SMA yang dibumbui dengan kisah fantasi di mana tokohnya melakukan perjalanan waktu.

Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok) adalah seorang idola yang sangat sukses namun memutuskan untuk bunuh diri ketika sedang berada di puncak kariernya. 

Di sisi lain, Im Sol (Kim Hye Yoon) yang merupakan penggemar berat Sun Jae melakukan perjalanan waktu untuk mengubah masa depan idolanya. Dia kembali ke masa-masa ketika dirinya dan Sun Jae masih SMA.

Tapi, tahukah kamu kalau drama sukses ini adalah adaptasi dari webtoon? Webtoon tersebut berjudul Tomorrow’s Best karya ilustrator Doong Doong. Hanya saja, kedua karya tersebut tidak 100% sama, melainkan terdapat beberapa perbedaan besar.

Berikut 7 perbedaan mencolok dalam Lovely Runner drama vs webtoon.

1. Grup Band ‘Eclipse’ Seharusnya Bernama ‘Potato Pancake’

Penggemar mengenal Eclipse dalam Lovely Runner merupakan salah satu grup fiksi yang meraih kesuksesan di dunia nyata. Terang saja, soundtrack drama yang dibawakan Eclips berhasil memuncaki berbagai tangga lagu.

Tapi, tahukah kamu bahwa dalam versi webtoon, Eclipse seharusnya bernama “Potato Pancake” atau dalam bahasa Korea “Gamjejeon”. Selain itu terdapat perbedaan lainnya dalam jumlah anggota.

Eclipse memiliki 4 anggota, yaitu Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok), Baek In Hyuk (Lee Seung Hyub), Hyun Soo (Moon Xion), dan Jay (Yang Hyuk). Namun dalam versi webtoon, Potato Pancake terdiri dari 5 pria tampan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidak Ada Karakter Tae Sung di Versi Komik

Karakter Kim Tae Sung yang diperankan oleh Song Geon Hee merupakan second lead dari Lovely Runner yang juga berhasil menarik hati penonton. Di drama, dirinya memiliki karakter yang menawan dan dapat diandalkan.

Di akhir episode, dia bahkan menjadi pahlawan yang menangkap penjahat pengincar Im Sol. Meskipun dirinya mencintai Im Sol, Tae Sung mengubah nasib Im Sol hingga dapat hidup bahagia dengan Sun Jae.

Hal ini berbeda dengan versi webtoon, di mana karakter Tae Sung tidak ada. Oleh sebab itu, banyak penggemar mengapresiasi penulis sebab telah menciptakan karakter Tae Sung dengan sangat baik.

3. Latar Belakang Sun Jae

Dalam versi drama Korea, Ryu Sun Jae diketahui sebagai perenang andal yang telah membawa pulang banyak piala. Hanya saja kondisi fisik membuatnya berhenti dari perannya sebagai atlet, kemudian mengikuti audisi dan menjadi idol terkenal. 

Sedangkan dalam versi webcomic, Sun Jae sejak awal memang digambarkan sebagai trainee idola. Namun usahanya untuk debut pun gagal hingga dirinya mengalami depresi. Saat itulah Sun Jae bergabung dengan Potato Pancake. 

3 dari 4 halaman

4. Perbedaan Takdir Im Sol

Di dalam drakor kita menyaksikan Im Sol mengalami insiden hebat yang menyebabkan kakinya menjadi lumpuh. Dia pun sulit mendapat pekerjaan serta harus bergantung dengan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini berbeda dengan jalan cerita di komik, yaitu kaki Im Sol selalu dalam kondisi baik. Dia bekerja menjadi asisten direktur di perusahaan penyiaran. Dari sinilah dirinya sering bertemu Sun Jae.

5. Perubahan Kisah Cinta Sun Jae dan Im Sol

Dengan mengejutkan, di akhir episode penonton dapat melihat sudut pandang Sun Jae ketika pertama kali bertemu Im Sol. Saat itu Sun Jae yang berusia 19 tahun ternyata jatuh cinta terlebih dulu dengan Im Sol. Tidak hanya itu, Sun Jae pun konsisten mencintai Im Sol selamanya.

Hal ini berbeda dengan alur dalam webtoon, yaitu Sun Jae berulang kali mengungkapkan rasa sukanya pada Im Sol karena dia datang dari masa depan. Awalnya Sun Jae tidak terlalu memikirkan, namun semakin bertemu perasaannya pun semakin berkembang.

4 dari 4 halaman

6. Kematian Sun Jae

Dalam drakornya, Sun Jae beberapa kali mati di tangan Kim Young Soo yang merupakan supir taksi psikopat. Namun dalam webtoon, kematian Sun Jae adalah sebuah ketidaksengajaan. Sun Jae meninggal pada usia 23 tahun, sedangkan dalam drama dia meninggal pada usia 34 tahun.

Selain itu, Sun Jae juga menghadapi tantangan yang besar, terutama saat antis maupun solo stan Baek In Hyuk memberikan serangan kebencian terhadap dirinya. Konflik ini tidak ditonjolkan dalam dramanya.

7. Latar Waktu yang Digunakan

Saat di drama, Im Sol yang berusia 30-an kembali ke masa SMA yang baginya adalah 15 tahun lalu. Sol dapat melakukan time travel karena arloji Sun Jae. Setelahnya, dia pun dapat mengubah takdir dirinya sendiri dan Sun Jae.

Namun dalam versi komik, Im Sol melakukan perjalanan waktu saat usianya 20-an. Dia pun kembali ke tahun kedua SMAnya, yang baginya 6 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.